Home » Kesehatan » 1 Batang Seledri Bisa Mendatangkan 10 Manfaat Kesehatan Ini

1 Batang Seledri Bisa Mendatangkan 10 Manfaat Kesehatan Ini

seledri, daun seledri in english, khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan, efek samping daun seledri, kandungan seledri, manfaat daun seledri, manfaat seledri untuk diet

Poto: Vanessa Greaves via dish.allrecipes.com

Siapa yang asing dengan seledri?

Sayuran daun yang disebut celery dalam Bahasa Inggris ini biasa digunakan sebagai bumbu, pewangi, dan penambah aroma pada masakan. Bentuk dan baunya begitu khas. Sangat disayangkan kalau kamu termasuk golongan yang kurang suka seledri.

Care2 bahkan menyebutkan kalau sayuran daun hijau ini sangat bernutrisi. Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, potassium, dan folic acid atau asam folat. Sebatang saja bisa memberikan ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Jom!

1. Seledri untuk Diet

Jika dihitung, setangkai seledri besar mengandung kurang-lebih 10 kalori saja. Sayuran ini pun bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang suka memerhatikan berat badan. Kamu bisa mencampurkannya dengan sup, salad, atau masakan tumis.

2. Seledri untuk Inflamasi

Seledri bisa mengurangi sakit akibat inflamasi. Misalnya seperti sakit sendi, asma, jerawat, infeksi paru-paru, dll. Kalau ada bahan atau cara alami, kenapa tidak?

3. Seledri Bikin Rileks

Siapa sangka, ternyata seledri juga bisa bikin kita kalem. Daun ini memang mengandung magnesium dan minyak esensial. Dua kandungan ini saja dipercaya bisa menenangkan sistem saraf kita. Kalau ingin tidur lebih nyenyak, pada waktu petangnya, kita disarankan untuk mengonsumsi seledri dulu.

4. Seledri Melancarkan Pencernaan

Sayur yang satu ini memang mengandung banyak air dan serat. Dua bahan tentu bagus untuk melancarkan pencernaan. Namun sekadar catatan saja, seledri bersifat diuretic, sehingga para penderita diare sebaiknya tidak mengonsumsi sayuran daun ini.

5. Seledri Memiliki Kandungan “Garam Baik”

Kandungan sodiumnya memang tak perlu diragukan. Demikian juga dengan kandungan garamnya. Namun garam yang terdapat dalam seledri agak istimewa. Selain organik, garamnya pun natural dan bisa berpengaruh positif bagi tubuh.

seledri, batang seledri, potongan seledri, daun seledri in english, khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan, efek samping daun seledri, kandungan seledri, manfaat daun seledri, manfaat seledri untuk diet

Via: thealternativedaily.com

6. Seledri Baik untuk Mata

Baca :  9 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Kamu Lelah

5% persen kebutuhan vitamin A pada tubuh bisa diberikan oleh setangkai seledri berukuran cukup besar. Sebagaimana yang kita tahu, vitamin tersebut tentu mujarab menjadi pelindung mata. Degenerasi penglihatan pun bisa dicegah dengan baik.

7. Seledri Menangkal Kolestrol Buruk

Daun istimewa ini memiliki komponen keren berupa butylphthalide, yang memberi efek rasa dan aroma. Selain itu, komponen tersebut juga bisa mengurangi kadar kolestrol jahat. Universitas Chicago pernah melakukan studi yang menyatakan kalau kolestrol jahat (LDL) bisa berkurang sebanyak 7% oleh empat batang seledri.

8. Seledri Menurunkan Tekanan Darah

Phthalide menjadi salah-satu senyawa aktif yang terdapat dalam seledri. Senyawa ini sendiri sudah terbukti mampu meningkatkan dan melancarkan peredaran darah.

9. Seledri Meningkatkan Gairah Seks

Direktur dari Smell and Taste Treatment and Research Foundation, Dr. Alan R. Hirsch, mengemukakan kalau tangkai seledri mengandung dua feromon yang disebut androstenon dan androstenol. Kandungan ini rupanya mampu meningkatkan gairah seksualitas.

10. Seledri Melawan Kanker

Universitas Illinois sempat merilis dua studi terkat seledri. Mereka mengklaim kalau seledri mengandung luteolin, semacam flavonoid kuat yang mampu menangkal pertumbuhan sel kanker, khususnya di area pankreas. Studi lain menunjukkan hasil yang hampir sama. Asupan seledri secara kontinyu bisa menunda atau mengusik pembentukan sel kanker payudara.

Nah, tunggu apa lagi? Mari konsumsi seledri yang segar,  wangi dan, krispi! 1 Batang Seledri Bisa Mendatangkan 10 Manfaat Kesehatan Ini. #RD