Home » Kesehatan » 10 Alasan Kenapa Tidur Tanpa Busana Alias Telanjang itu Bisa Menyehatkan

10 Alasan Kenapa Tidur Tanpa Busana Alias Telanjang itu Bisa Menyehatkan

“Ternyata 8% orang Amerika tidur tanpa busana…”

Prnewswire.com yang merilis hasil survey di atas. Bagi kita yang tidak terbiasa, bayangan untuk tidur telanjang pasti bikin tak nyaman. Rasanya pasti aneh, dingin, enggak sopan, atau takut dilihat orang lain.

tidur telanjang, manfaat tidur tanpa busana untuk wanita, manfaat tidur tanpa busana bagi laki-laki, manfaat tidur tanpa busana untuk pasangan suami istri

Image via: Askmen.com

Kebiasaan ini tentu menjadi sesuatu yang tabu. Namun di beberapa negara, orang-orang memang sudah menerapkannya. Mereka juga tentu terpengaruh dengan berbagai hasil studi yang membeberkan, termasuk via Lifehack, kalau tidur tanpa busana itu menyehatkan. Kenapa? Jom!

1. Karena Bisa Mencegah Insomnia

Sebuah studi di Australia mengklaim kalau tidur bisa dimulai secara normal, jika terjadi penurunan suhu tubuh. Namun tubuh tak bisa melepas panas dengan maksimal, sebab kerap terhalang oleh pakaian, piyama, atau kaus kaki. Keadaan ini biasanya menjadi pemicu insomnia.

Kalau tidurnya telanjang, panas tubuh kemungkinan akan cepat terlepas. Kamu pun jadi terbantu untuk tidur lebih cepat.

2. Karena Organ Kelamin Bisa Lebih Sehat

Naturalnya, vagina memang menjadi organ yang hangat dan lembab. Keadaan ini memungkinkan bakteria jadi tumbuh subur. Namun ketika telanjang, alat kelamin ini serasa diberi ruang untuk ‘bernapas’. Pertumbuhan jamur dan bakteri pun jadi bisa dicegah.

Sedangkan bagi pria, menjaga testis agar tetap dingin bisa memberi manfaat tersendiri. Sperma jadi lebih sehat, dan sistem produksi bisa tetap lancar. Ketika mengenakan celana, apalagi yang ketat, testis bisa memanas. Sementara itu, jumlah sperma malah bisa anjlok.

3. Karena Tidurnya Bisa Lebih Nyenyak dan Lama

Studi lainnya menyatakan kalau suhu tubuh yang teratur di atas kasus bisa membuat tidurmu lebih nyenyak dan lama. Para ilmuwan di Belanda mencoba memakaikan setelah thermo agar suhu tubuh partisipan mereka bisa berkurang. Ternyata mereka bisa tidur tanpa gangguan, sehingga bisa begitu lelap.

tidur tanpa busana, manfaat tidur tanpa busana bagi pria, tidur tanpa busana dengan suami, manfaat tidur tanpa cd bagi wanita, manfaat tidur tanpa bra

Image via: abrighterwild.com

4. Karena Bisa Mencegah Penuaan

“Sleep” menerbitkan sebuah jurnal yang menunjukkan, bahwa tidur bisa melepas hormon anti-aging paling vital, yakni melatonin dan hormon pertumbuhan. Semakin lama tidurnya, semakin besar hormon yang diproduksinya.

Baca :  7 Prinsip Utama Ketika Orang Tua Mendidik Anak Laki-laki atau Perempuannya

Jika tidur telanjang bisa membuat suhu jadi lebih rendah, maka waktu tidur pun jadi lebih lelap dan lama. Hal ini tentu memicu hormon anti penuaan dini bisa diproduksi lebih banyak.

5. Aliran Darah Jadi Lebih Baik dan Lancar

Tanpa disadari, pakaian kadang menjadi dalang di balik sirkulasi darah yang tak lancar. Apalagi kalau ketat, ada karetnya, ada pita elastisnya, dsb. Jika semua itu tak ada, maka kemungkinan ebsar darah bisa mengalir lancar di tubuh. Sirkulasi yang baik tentu membawa manfaat bagi jantung, otak, otot, dsb.

6. Karena Bisa Mencegah Kelebihan Lemak Perut

Suhu tubuh yang berubah dingin secara alami di malam hari bisa membantu menurunkan kadar kortisol. Fenomena ini biasa terhadi pada jam 10 malam sampai jam 2 pagi. Di waktu itu, tubuh sedang ada di puncak lelap. Pasca jam 2 ke atas, kelenjar produsen kortisol kembali bekerja dan dipersiapkan untuk aktif esok harinya.

Kalau waktu tidurmu tidak cukup, maka kamu akan terbangun dalam keadaan kortisol yang lebih tinggi dari level normal. Hal ini membuat nafsu makanmu jadi tinggi, dan perut seakan rewel meminta rasa nyaman.

manfaat tidur tanpa busana bagi pria, pria tidur telanjang, pria tidur tanpa busana, manfaat tidur tanpa busana bagi pria dan wanita, manfaat tidur tidak pakai baju, laki laki tidak memakai celana dalam

Via: fitlife.tv

7. Karena Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau tidur dengan suhu yang lebih rendah memiliki keterkaitan dengan penurunan kadar gula darah, peningkatan metabolisme tubuh, dan serta pencegahan diabetes tipe 2. Studi tersebut meminta partisipan untuk tidur tanpa busana. Setelah diteliti lebih dalam, tampak dalam beberapa minggu, lemak jahat dalam tubuh berkurang. Kesehatan mereka, khususnya yang terkait aspek metabolik, terlihat lebih meningkat.

8. Karena Bisa Memperbaiki Kebutuhan S*ks

Poin ini khusus berlaku bagi yang sudah memiliki pasangan sah secara agama dan negara. Jika kamu tidur dengan partner, maka kontak kulit dengan kulit bisa melepas hormon oksitosin. Hormon ini sendiri memberikan rasa senang dan bahagia.

Baca :  5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Gairah Seksual Pada Wanita

Hormon biasa keluar seiring respons s*ksual dan orgasme. Stres, depresi, dan tekanan darah bisa berkurang. Bahkan risiko radang usus pun bisa ditekan.

9. Karena Bisa Mencegah Penyakit Kulit

Risiko penyakit kulit, seperti intertrigo, bisa berkurang. Apalagi di area khusus seperti ketiak, organ kelamin, serta kaki. Pasalnya, area tersebut ‘terpencil’, terlipat, dan lembab/ basah.

10. Karena Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

salah-satu faktor keengganan untuk telanjang karena tidak percaya diri dengan keadaan diri sendiri. Namun jika sudah biasa, sikap pede itu bisa ‘menular’ ke kehidupan sehari-hari. Kamu jadi lebih ceria dan menarik. Tetapi jangan salah paham, kami tidak membimbing untuk menjadi pro-nudity di depan publik, ya.

Kalau berdasarkan science memang demikian, ya. Tidur dalam keadaan tanpa busana memberi memberi dampak positif bagi kesehatan. Tetapi kamu tidak wajib melakukannya, kok. Demikian, 10 Alasan Kenapa Tidur Tanpa Busana Alias Telanjang itu Bisa Menyehatkan. #RD