Home » Pengobatan » 10 Cara dan Obat Alami Agar Bisa Bersin, Lega Rasanya!

10 Cara dan Obat Alami Agar Bisa Bersin, Lega Rasanya!

agar dapat bersin, obat agar bisa bersin, memicu bersin, cara bersin yang baik, cara agar bersin bisa keluar, setiap mau bersin tidak jadi

Image via: sharp.com

Pernah punya pengalaman susah bersin? Ugh! Pasti rasanya enggak enak, ya?

Sebaliknya, kalau berhasil bersin itu rasanya sangat puas dan lega. Kalau menurut para ahli, bersin itu bisa bikin mood kamu baikan. Soalnya bersin itu memicu tubuh untuk mengeluarkan endorfin, alias hormon yang mendatangkan sensasi senang dan tenang.

Tetapi ada kalanya kamu sudah merasa gatal dan terganggu ingin bersin, namun momen itu justru tak pernah datang. Nah berikut ini alternatif dari Stylecraze, yang bisa kamu terapkan ketika susah bersin. Jom!

1. Mengendus Aroma Lada/ Merica

Mau lada putih atau hitam, bumbu pedas ini bisa membuat lapisan hidung jadi risih, sehingga bersin pun tak terhindarkan. Cara ini berpotensi sukses, sebab lada mengandung piperine, atau senyawa yang mampu memicu ujung saraf dalam selaput lendir. Hidungmu juga jadi ‘terpanggil’ untuk mengembuskan zat asing yang tiba-tiba masuk.

2. Manfaatkan Tisu

Ambil tisu, gulung, masukkan ke hidung, dan goyang-goyang sebentar. Tips ini menjadi cara jitu agar hidung merasa geli dan langsung terpicu untuk bersin saat itu juga. Kenapa cara ini berhasil? Sebab gulungan tisu yang bergerak-gerak di dalam hidung bisa merangsang saraf trigeminal. Rangsangan ini ditransferkan ke otak, lalu otak seperti menyuruh tubuh untuk membersinkannya ke luar.

3. Terkena Paparan Sinar Matahari

1 dari 3 orang merasa cocok dengan siasat yang satu ini. Jadi ketika kamu merasa hampir bersin, namun enggak jadi-jadi, segera cari sumber cahaya matahari. Biasanya efek yang ditimbulkan tidaklah lama. Kalau dari segi ilmu pengetahuan, belum ada penyebab pasti kenapa trik ini bisa berhasil, tetapi patut dicoba juga, ya.

4. Gosok Langit-Langit Mulut

Kamu bisa menggosok langit-langit mulut dengan ujung lidahmu. Geser sejauh mungkin. Ternyata saraf trigeminal juga membentang di sepanjang atap mulut. Jadi ketika mengusapkan lidah, saraf ini jadi bereaksi.

5. Makan Cokelat

Selain enak, konsumsi cokelat juga efektif mendorong hasrat untuk bersin. Kamu bisa memakan cokelat hitam atau cokelat jenis lainnya, namun usahakan dengan kadar kakao yang lebih ekstra. Alasan spesifik kenapa cara ini efektif masih belum jelas. Kemungkinan respons tubuh terhadap cokelat, yang membuatnya jadi rileks, juga memberi pengaruh.

setiap mau bersin tidak jadi, kenapa mau bersin tidak jadi, bahaya bersin tidak jadi, memicu bersin, obat agar bisa bersin, cara agar bersin saat flu, hidung gatal mau bersin

Image via: hot1005fm.com

6. Mengunyah Permen Karet

Baca :  3 Masker Bibir Alami Agar Tidak Kering dan Kembali Lembab Merah Menggoda

Cara lain yang bisa kamu gunakan yakni dengan mengunyah satu atau dua permen karet, khususnya yang bercita rasa mint. Cara ini bisa merangsang bersin, apalagi jika aroma mint-nya begitu kuat.

7. Cabut Bulu Hidung/ Alis

Bisa dibayangkan, betapa gatalnya hidung ketika bulunya tercabut. Nah, upaya ini bisa mengusik “ketenangan” saraf trigeminal. Kamu juga bisa mencabut bulu alis dan mendapat pengaruh yang sama.

8. Mengendus Parfum Beraroma Strong/ Tajam

Kadang ketika tidak sengaja menghirup aroma tajam dari parfum, kamu bersin saat itu juga. Caranya cukup dengan menyemprotkan parfum ke sekitar, lalu lapisan hidung yang menghirup akan langsung merespons. Bagaimana pun, saraf trigeminal di dalamnya juga langsung terangsang. Tetapi hati-hati, jangan sampai menyemprotkan parfum langsung ke lubang hidung.

9. Hirup Udara Dingin

Ketika cuacanya dingin, kamu cenderung sering bersin. Karenanya, ketika ingin memicu bersin, kamu bisa menyalakan AC atau menghirup udara dingin langsung. Seperti yang lainnya, trik ini juga menstimulasi saraf trigeminal dan menggelitik lapisan hidung.

10. Meminum Minuman Berkarbonasi

Begitu membuka kemasan soft drink, biasanya hidung kamu akan langsung bereaksi. Menghirupnya saja bisa bikin bersin, demikian juga ketika meminumnya. Hal itu terjadi, sebab zat karbondioksida di dalamnya langsung masuk ke lubang hidung dan memicu keluarnya bersin.

Para orang tua juga seringkali dibuat bingung, bagaimana caranya agar bayi bisa bersin. Anda bisa menyemprotkan sedikit saline solution atau larutan garam. Begitu terhirup, hidung mereka pasti langsung bereaksi. Kalau tidak, anda juga bisa menggelitik hidungnya dengan sapu tangan atau tisu.

Cara-cara di atas bisa kamu pilih ketika kesulitan bersin. Namun hati-hati, jangan sampai ke luar batas. Perhatikan juga keadaan tubuhmu, siapa tahu ada isu sensitivitas tertentu.

Demikian, 10 Obat dan Cara Alami Agar Bisa Bersin, Lega Rasanya! #RD