10 Jenis Pisang Unggulan dan Favorit Orang-orang Indonesia

6. Pisang Mas Kirana

pisang emas, jenis pisang mistis, jenis pisang untuk bayi

Kalau pisang mas biasa berukuran kecil, maka pisang mas yang satu ini agak lain. Ukurannya cukup besar. Daya tahannya juga cukup bandel, kontras dengan pisang mas biasa yang kurang tahan lama. Tak heran kalau pisang yang satu ini juga sering jadi bahan ekspor favorit.

7. Pisang Nangka

jenis pisang yang paling besar, jenis pisang unggulan, jenis pisang yg paling banyak kandungan vitamin, macam-macam jenis pisang, pisang emas, jenis pisang mistis, jenis pisang untuk bayi

Biasanya orang tidak langsung melahap pisang ini, melainkan mengolahnya terlebih dahulu. Jika diperhatikan, daging buahnya memang terlalu kenyal. Disebut pisang nangka sendiri karena harumnya memang tajam dan mirip buah nangka. Warna buahnya tetap hijau, sekalipun pisang ini sudah siap konsumsi atau matang. Tampilan warna kuning kecokelatan baru muncul kalau memang pisangnya terlampau matang. Dalam satu sisir, biasanya kita bisa mendapatkan sekitar 14-24 buah pisang nangka.

8. Pisang Tanduk

jenis pisang paling besar

Jenis pisang ini juga kerap diolah dulu, tak bisa langsung disantap. Ukurannya sangat besar, dan panjangnya bisa menyentuh angka 28 sentimeter. Sesuai namanya, bentuk pisang ini memang melengkung seumpama tanduk. Kulit buahnya juga cukup tebal. Ketika memanennya, kita bisa membawa 10-15 buah per satu tandan.

9. Pisang Kepok

pisang kepok kuning, pisang kepok putih, pisang kepok merah, pisang kepok lampung, pisang kepok goreng

Lagi-lagi, pisang yang satu ini juga umumnya dilahap setelah diolah. Orang-orang sangat suka untuk menggoreng atau merebusnya. Lebih lagi warna daging buahnya memang kekuningan, sehingga tampilannya saja sudah sukses menggugah selera. Persisirnya, kita bisa membawa pulang sekitar 20 buah lebih.

10. Pisang Cavendish

gambar pisang unggulan, pisang unggulan, pisang unggulan indonesia, bibit pisang unggulan, budidaya pisang unggulan, pohon pisang unggulan, buah pisang unggulan, tanaman pisang unggulan, jual bibit pisang unggulan, pisang kepok unggulan, jenis pisang unggulan di indonesia, varietas pisang terbaik di indonesia,

Selain mas kirana, pisang yang satu ini juga jadi primadona ekspor. Apalagi di kawasan Tiongkok dan Timur Tengah. Kalau membeli satu sisir, kita bisa mengantongi sekitar 6-9 buah. Rasanya memang sedikit asam, namun tampilannya begitu menggoda, apalagi ketika buahnya sudah matang. Warna kuningnya begitu mulus, dan tekstur dagingnya begitu padat serta lembut. Hanya saja, pisang ini juga rentan akan serangan penyakit atau hama tanaman.

Baca :  9 Manfaat dan Khasiat Mentimun, Bikin Kagum!

Indonesia kaya pisang, dan pisang kaya akan faedah. Murah dan sangat bermanfaat. Jadi, mari lanjutkan konsumsi pisang tanah air! 10 Jenis Pisang Unggulan dan Favorit Orang-orang Indonesia. #RD