Home » Makanan » 10 Khasiat Buah Durian, Dari Anti-Aging sampai Urusan Libido

10 Khasiat Buah Durian, Dari Anti-Aging sampai Urusan Libido

khasiat durian, khasiat buah durian untuk pria, kandungan gizi buah durian, manfaat durian untuk wajah, manfaat durian untuk diet, manfaat durian untuk anti-aging

Image via: headsup.boyslife.org

Pernah melihat reaksi orang saat pertama kali makan buah durian? Lucu juga, ya?

Kebanyakan dari mereka akan menilai kalau buah ini mirip landak, dan baunya sangat menyengat. Dari luar memang terlihat super keras, namun begitu dibuka, kita bisa merasakan sendiri bagaimana tekstur dagingnya. Ada sensasi lembut dan juicy. Sebagian orang juga langsung ketagihan dengan keunikan wujud sekaligus rasanya.

Rata-rata sebuah durian memiliki berat sebesar 602 gram. Meski terbilang berat, namun buah ini tidak akan menyajikan kolestrol. Kita justru akan mendapat kandungan protein dan serat.

Nah, berikut ini beberapa manfaat durian yang kami ambil dari berbagai sumber.  Jom!

1. Durian Menjadi Sumber Energi Alternatif

Menurut Hort.purdue.edu, ukuran 100 gram dari buah ini bisa memenuhi sekitar 21% kebutuhan karbohidrat harian. Karena itu, durian bisa membantu mengisi ulang energi yang melemah. Enak dan bikin kuat!

2. Durian untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Kok bisa? Well, durian memiliki nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Edis.ifas.ufl.edu membeberkan kalau durian memberikan kalsium, vitamin B, dan potasium tinggi.

3. Durian Menjadi Antidepresan Alami

Kalau menurut studi, kadar serotonin yang rendah bisa meningkatkan ancaman depresi. Sementara itu, Naturalnews.com menyatakan kalau durian hadir dengan kekayaan vitamin B6-nya. Sebagaimana yang kita tahu, vitamin ini merupakan elemen penting untuk memproduksi serotonin. Bisa dibilang, durian bisa nge-boost serotonin, sekaligus menekan level depresi.

Baca Juga: 8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Ternyata Jadi Anti Depresi Juga!

manfaat durian, 10 manfaat durian, khasiat buah durian untuk pria, manfaat durian untuk wajah, manfaat buah durian untuk memperlambat penuaan, buah anti aging

Image via: keepfitkingdom.com

4. Durian untuk Anti-Aging

make up atau kosmetik untuk menunda penuaan selalu laku di pasaran. Tetapi ternyata durian pun mampu mengisi peran yang satu ini. Vitamin C di dalamnya menjadi antiosidan yang kuat, yang membantu menjaga stres oksidatif.

Stres ini ditimbulkan karena jumlah radikal bebas yang merepotkan sistem pertahanan atau netralisir dalam tubuh. Singkat kata, semakin rendah level stres oksidatifnya, maka proses penuaan akan semakin lambat.

5. Durian untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Karena durian menyediakan serat, otomatis buah ini juga mampu membantu melancarkan BAB. Kamu jadi terhindar dari yang namanya konstipasi, alias sembelit. Pencernaan pun cenderung lancar. Belum lagi dengan kandungan thiamin dan niasin, yang mampu meningkatkan nafsu makan, sehingga sistem pencernaan akan terjaga kesehatannya.

Baca :  3 Manfaat Mengejutkan Kalau Shampo Dicampur dengan Garam

6. Durian untuk Kadar Gula Darah yang Lebih Stabil

Dilansir dari Ncbi.nlm.nih.gov, kandungan mangan dalam durian bisa berkontribusi untuk mengatur dan memelihara kadar gula darah. Untuk itu, biasanya para penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi buah ini.

Baca Juga: 21 Ide Kudapan Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes

7. Durian untuk Tekanan Darah yang Lebih Stabil

Durian menjadi salah-satu sumber potasium yang menjanjikan. Kandungan ini sendiri bisa menjaga level sodium dalam tubuh. Konsumsi durian secara teratur bahkan bisa menjadi program untuk mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

bau durian, buah yang harum baunya, buah yang baunya menyengat, khasiat buah durian, khasiat buah durian untuk kesehatan, khasiat buah durian untuk kardiovaskular,

Image via: businessinsider.sg

8. Durian untuk Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Dalam durian terdapat senyawa bernama organosulfur, yang bertugas untuk mengatur enzim inflamasi. Masuk akan juga jika durian memiliki potensi pencegahan penyakit kardiovaskular.

9. Durian untuk Penyakit Anemia

Buah ini memberikan folat, besi, dan tembaga pada para pemakannya. Kalau tubuh kurang folat, maka biasanya produksi jumlah sel darah merah akan menurun. Kalau sudah begitu, anemia tak akan terhindarkan. Pasien anemia bisa memanfaatkan kekuatan folat dalam durian sebagai upaya memperbaiki kondisi kesehatan.

10. Durian untuk Libido yang Lebih Baik

Sudah lama buah ini dikaitkan dengan libido atau gairah. Naturalnewsblogs.com menyatakan kalau durian tidak benar-benar meningkatkan dorongan tersebut. Namun buah ini bisa meningkat temperatur tubuh. Revitalisasi kehidupan seksual juga bisa terbantu.

Pantas saja buah ini dijuluki sebagai King Fruit atau The King of Fruits. Selain memiliki duri tajam yang mirip mahkota, faedahnya juga banyak. 10 Khasiat Buah Durian, Dari Anti-Aging sampai Urusan Libido. #RD