Home » Kesehatan » 10 Manfaat Mengejutkan Daun Mangga Bagi Kesehatan

10 Manfaat Mengejutkan Daun Mangga Bagi Kesehatan

Siapa yang suka mangga?

Kebanyakan dari kamu pasti akan langsung mengacungkan tangan. Well, mangga memang salah-satu buah favorit. Rasanya enak, segar, dan juicy. Buah ini pun menjadi superfood yang kaya nutrisi. Entah itu vitamin A, vitamin C, pottasium, magnessium, dsb.

daun mangga, 10 Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan, cara mengkonsumsi daun mangga, cara membuat teh daun mangga, efek samping daun mangga, manfaat daun mangga untuk wajah, resep manfaat daun mangga, kandungan kimia daun mangga, olahan daun mangga

Via: sbs.com.au

Namun kalau pertanyaannya diubah menjadi, ‘siapa yang suka daun mangga?’, tentu kamu jadi ragu-ragu. Pasalnya, daun buah mangga seringkali dibuang bahkan diabaikan. Padahal daunnya juga kaya akan manfaat.

Dirilis dari food.ndtv.com (31/08/2017), daun mangga (khususnya yang muda) bisa menjadi obat herbal yang super keren. Tak heran kalau orang-orang di kawasan Asia Tenggara biasa memasak dan memakan daun tersebut. Bagaimana pun daunnya mengandung vitamin A, B, dan C, bersifat antioksidan, antimikrobial, dll. Lalu apa saja manfaat atau khasiatnya? Jom!

1. Mengatasi Gejala Diabetes

Masih dilansir dari situs yang sama, daun mangga diketahui bisa mengurangi ancaman diabetes. Daunnya mengandung tanin yang dinamakan anthocyanidins, yang diketahui bisa mengatasi diabetes dini.

Kamu mesti mengeringkan daun, menumbuknya sampai bubuk, dan gunakan sebagai infus. Kalau tidak, kamu bisa merendam daun selama sehari semalam dengan secangkir air. Saring air tersebut, dan minumlah. Upaya ini juga bisa menjadi penanganan yang baik bagi diabetic angiopathy, diabetic retinopathy, serta hyperglycemia.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Daun ini memiliki sifat hypotensive, yang membuatnya mampu menurunkan tekanan darah. Untuk itu, daunnya bisa membantu memperkuat pembuluh darah, bahkan bisa mengatasi masalah varises.

3. Melawan Rasa Gelisah

Merasa risau karena penyakit mental berupa kecemasan memang sangat mengganggu. Namun daun mangga menawarkan alternatif solusinya. Cukup dengan menambahkan beberapa daun mangga saja pada air mandi. Sensasinya bikin rileks sekaligus segar.

Baca :  8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Ternyata Jadi Anti Depresi Juga!

4. Membantu Menyembuhkan Batu Ginjal dan Empedu

Daun mangga dibikin bubuk, beri air, dan diamkan semalaman. Ramun ini bisa memecahkan batu dan menyiramnya bersamaan dengan kotoran. Apalagi kalau kamu meminumnya secara rutin setiap hari.

5. Mengatasi Masalah Pernafasan

Manfaat daun mangga bisa sangat terasa oleh para penderita gangguan pernafasan. Entah itu asma, bronkitis, atau pun flu. Cara membuatnya ramuannya cukup mudah. Kamu tinggal merebus daunnya dan menambahkan sedikit madu untuk menambah rasa. Ramuan itu mampu menyembuhkan batuk, sekaligus mengatasi suara yang sempat hilang.

olahan daun mangga, daun mangga untuk kesehatan, resep sirup daun mangga, cara mengkonsumsi daun mangga, daun mangga untuk masalah pernapasan, daun mangga untuk batu ginjal

Via: chronicle.ng

6. Obat Disentri

Cara pengolahannya mirip dengan yang sebelumnya. Daun mangga dikeringkan, ditumbuk sampai bubuk, lalu diseduh air. Minum dua sampai tiga kali agar disentrinya reda. Upaya ini diyakini bisa membantu mengatasi disentri berdarah atau berlendir.

7. Obat Sakit Telinga

Sakit yang satu ini memang sangat mengganggu dan bikin frustrasi. Namun kamu bisa menggunakan daun mangga sebagai obat natural. Ambil satu sendok teh ekstrak atau perasan daun mangga, panaskan sebentar, lalu jadikan obat tetes telinga. Cara ini juga mampu meredakan sakit yang ditimbulkan.

Baca :  Wah! Buah Ciplukan Bisa Mengatasi 14 Penyakit Ini

8. Menyembuhkan Luka Bakar

Salah-satu cara paling simpel dan efektif untuk menyembuhkan luka bakar adalah menerapkan abu daun mangga pada kulit. Nyeri pada bagian kulit yang akan terbakar biasanya akan cepat reda.

9. Membantu Menghentikan Cegukan

Cegukan dan masalah tenggorokan lain bisa disiasati dengan daun mangga. Kamu bisa membakar beberapa daun, lalu menghirup asapnya agar masalah tenggorokan dan cegukan bisa teratasi.

10. Bagus untuk Usus

Cukup ambil beberapa helai daun mangga, simpan di dalam air hangat, tutup rapat, dan biarkan semalaman. Begitu pagi tiba, kamu bisa meminumnya langsung ketika perut masih kosong. Asupan ini menjadi tonik perut yang alami. Perut jadi lebih bersih dari toksin atau aneka racun tubuh.

Jika kamu lebih peka, trnyata sesuatu yang sering diabaikan itu bisa mendatangkan faedah tersendiri, ya? 10 Manfaat Mengejutkan Daun Mangga Bagi Kesehatan. #RD