Home » Kesehatan » 10 Pertanyaan Tentang Kesehatan yang Paling Banyak Dicari Di Google Tahun 2017

10 Pertanyaan Tentang Kesehatan yang Paling Banyak Dicari Di Google Tahun 2017

pertanyaan tentang kesehatan, pertanyaan tentang kesehatan di indonesia, pertanyaan tentang kesehatan paling banyak dicari di google, pertanyaan tentang kesehatan masyarakat, pertanyaan tentang masalah kesehatan di indonesia

Image via: shibaniontech.com

Kapan terakhir kali kamu menanyakan topik kesehatan pada Sang Dokter Google? Masalah kesehatan apa yang kamu kepoin?

Well, Google memang bukan dokter. Kamu tak bisa asal mengetik, mendapatkan info, lalu menelan semuanya tanpa saringan. Ketika hendak meminta tolong soal kesehatan, ada pihak dokter atau medis yan lebih mumpuni dan dipercayai.

Namun banyak sekali pengguna internet yang menanyakan gejala penyakit, penyebab penyakit, pencegahan penyakit, pengobatan alami, dsb. Ya, tak ada salahnya untuk memeroleh informasi. Hanya saja, kembali konsultasikan pada dokter jika ingin tindakan lebih lanjut.

Google Trends sempat membocorkan kata kunci kesehatan yang paling banyak dicari. Topik ini juga sempat disinggung dalam Dailymail dan CNN. Nah, apa saja? Jom!

#1. Keto diet adalah

Singkatnya, diet yang disebtu ketogenik ini menerapkan pola makan dengan mengurangi kandungan karbohidrat serta lemak.

#2. Apa itu CTE?

Chronic Traumatic Encephalopathy (CTE) atau ensefalopati traumatik kronis, keadaan di mana kepala/ otak mengalami cidera secara berulang-ulang sampai terjadi degenerasi terhadap fungsinya.

#3. Apa itu opioid addiction?

Kecanduan opioid, atau semacam obat yang dikonsumsi untuk meringankan rasa sakit.

#4. Apa itu lupus?

Penyakit yang diderita Selena Gomez ini adalah inflamasi atau peradangan kronis karena kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh, jaringan, serta sel tubuh sendiri. Targetnya bisa kulit, sel darah, sendi, paru-paru, ginjal, sumsum tulang belakang, jantung, dan otak.

#5. Apa yang menyebabkan cegukan?

Penyebabnya karena ada kontraksi tanpa sadar (involunter) pada diafragma. Pita suara tertutup secara mendadak, sehingga timbul suara ketika seseorang cegukan.

#6. Pencarian yang yang berkaitan dengan 13 alasan, kenapa sih seri Netflix itu kok fokus sama bunuh diri?

Entah apa rincian penyebabnya, namun artikel dalam Cnnindonesia.com (24/08/2017) sempat menyebutkan kalau seri bunuh diri dalam Netflix itu memang laris manis. Sebut saja 13 Reasons Why, Daredevil season 2, Luke Cage, Jessica Jones, Iron Fist, dll.

#7. Kenapa penyakit saluran pernapasan/ batuk parau atau menggonggong (croup) memburuk  di malam hari?

Baca :  Wah! Ternyata Rasa Ketakutan Bisa Mendatangkan 6 Manfaat Kesehatan

Batuk jenis ini bisa datang karena berbagai pemicu. Entah itu virus flu, pilek, campak, menghirup zat kimia tertentu, RSV (penyebab pneumonia pada bayi), dan enterovirus (penyebab penyakit pada mulut, kaki, dan tangan). Gejala croup memang adanya peningkatan kondisi dari siang sampai malam. Segera hubungi dokter.

#8. Kenapa minyak kelapa itu buruk?

Dirilis dari Nationalgeographic.co.id (10/03/2015), minyak kelapa pada dasarnya tidak berdampak buruk pada kesehatan. Adapun penelitian terdahulu yang memberi kesan negatif pada minyak kelapa, justru menggunakan minyak yang berhidrogen dan ujicobanya dilakukan pada kelinci. Kolestrol hewan itu meningkat. Namun jika minyak kelapanya masih murni, maka tak ada ancaman apa pun bagi kesehatan manusia.

#9. Kenapa cuka sari apel itu baik?

Artikel Lifestyle.kompas.com (20/09/2017) menyebutkan kalau cuka ini sudah memiliki banyak penggemar lantaran manfaat supernya. Entah itu untuk sakit maag, jerawat, bau mulut, sakit tenggorokan, menjadi anti-bakteri ketika perawatan luka, dan obat cegukan. Namun cara konsumsi terbaiknya bukan dengan meminumnya langsung, melainkan dicampurkan pada salad.

#10. Kenapa saya enggak bisa orgasme ketika bercinta? (kalau yang ini khusus pencarian tentang s*ks via Google)

Ah, silakan cari lebih lanjut. Namun Bintang (05/11/2015) pernah membeberkan 5 alasan utamanya. Kamu tidak bisa orgasme karea grasa-grusu ketika foreplay, gagal fokus, klitorisnya terlupakan, tidak pipis dulu, sering mengubah posisi.

Tahun kemarin, pencarian untuk virus Zika, cupping, dan cidera kepala atau traumatic brain injuries sempat mencuat. Namun jumlah searching-nya mulai menurun. Nah, demikian 10 Pertanyaan Tentang Kesehatan yang Paling Banyak Dicari Di Google Tahun 2017. #RD