Home » Penyakit » 11 Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat Sepele Padahal Tidak Boleh Diabaikan

11 Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat Sepele Padahal Tidak Boleh Diabaikan

gejala penyakit jantung, gejala penyakit jantung pada wanita, ciri penyakit jantung di usia muda, gejala penyakit lemah jantung, gejala penyakit jantung yang terlihat sepele padahal jangan diabaikan, tanda jantung bermasalah, ciri jantung bermasalah

Via: empowher.com

Tak semua orang berprofesi sebagai dokter, sehingga diagnosis suatu penyakit tak bisa sembarangan. Tetapi kita bisa lebih peka dengan keadaan diri sendiri, ‘kan? Kita sendiri yang bisa merasakan, apakah jantung dalam keadaan baik-baik saja atau justru terasa ada yang tidak beres.

Di film, sinetron, atau drama TV, penyakit jantung biasanya ditunjukkan oleh erangan kesakitan penderitanya, lengkap dengan pose mencengkram dada sebelah kiri, lalu ambruk begitu saja. Apakah selalu begitu? Tentu saja tidak. Bahkan terkadang masalah jantung tidak diserta dengan gejala atau peringatan yang jelas pada tubuh. Untuk itu Direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, Charles Chambers, MD, menyarankan agar kita memeriksakan diri sebelum menarik kesimpulan.

Tetapi sang direktur menegaskan, kalau orang-orang yang sudah berusia 60 tahun lebih, punya kolestrol tinggi, terkena diabetes, bobot tubuhnya berlebih, dan memiliki tekanan darah tinggi, maka risiko datangnya penyakit jantung memang besar. Sangat disarankan kalau perhatian pada jantung lebih ditingkatkan. Lebih lagi kalau disertai ciri atau gejala yang sering terabaikan seperti yang dilansir oleh Webmd. Jom!

1. Dada Merasa Tidak Nyaman

sakit dada, sakit dada sebelah kiri, tanda penyakit jantung

Via: abc.net.au

Menurut Pak Charles Chambers, pasien biasanya mengungkapkan rasa yang berbeda-beda terkait ketidaknyamanan pada dadanya. Ada yang bilang seperti diduduki seekor gajah, terasa membakar, terasa dicubit-cubit, sesak, sakit, dan sangat tertekan. Keadaan ini biasanya berlangsung cukup lama, baik ketika kita melakukan aktivitas fisik atau pun sedang istirahat saja.

Beliau memperingatkan, khususnya bagi para wnita, kalau serangan jantung bisa saja terjadi tanpa disertai nyeri dada lebih dahulu.

2. Perut Merasa Tidak Nyaman

sakit perut, perempuan sakit perut, sakit perut gejala penyakit jantung

via: Livestrong.com

Pak Chambers mengklaim kalau para wanita yang menderita masalah jantung biasanya melaporkan gejala-gejala seperti mual, mulas, sakit perut, terjadi gangguan pencernaan, bahkan sampai muntah. Ciri-ciri sepertinya memang tak berhubungan dengan jantung, namun sebagai langkah pencegahan, sebaiknya kita tidak menyepelekannya begitu saja. Apalagi kalau kita juga merasakan gejala lain di list ini. Segara pergi ke dokter untuk memastikan.

3. Rasa Sakit Sampai Menyebar ke Area Tangan

sakit dada, sakit lengan, gejala jantung bermasalah, gejala gagal jantung usia muda

via: secondscount.org

Kita patut waspada ketika merasa sakit sampai menjalar ke sisi tubuh sebelah kiri. Pak Chambers menjelaskan kalau sakit tersebut biasanya bermula dari area dada, namun ada juga yang hanya mengeluhkan nyeri lengan. Tetapi setelah pemeriksaan lebih lanjut, rupanya jantungnya yang bermasalah.

4. Pusing atau Pening

pusing, pening, gejala jantung

via: rd.com

Ada beberapa momen di mana kita merasa sangat pusing, limbung, sampai tak bisa menyeimbangkan diri. Tanda-tanda ini bisa hadir karena berbagai alasan. Mungkin saja karena kita buru-buru berdiri, atau pun kurang makan dan minum. Namun pertajam kepekaan apabila gejalanya diserta dengan sesak napas atau rasa tidak nyaman pada dada. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kinerja jantung yang menurun, sehingga ia tidak bisa memompa darah secara normal dan tekanan darah pun langsung anjlok.

5. Sakit Rahang atau Tenggorokan

sakit tenggorokan dan rahang, gejala awal penyakit jantung

Photo by Garo/Phanie/REX (1896004iw) via homeremedyshop.com

Lagi-lagi, tanda yang satu ini tampaknya tidak berkorelasi dengan jantung. Mungkin saja sakit ini terjadi karena masalah sinus, demam, problem pada otot, dll. Tetapi jika rasa sakitnya disertai dengan adanya tekanan di dada tengah, jelas sekali tubuh sedang memberi kode kalau jantung memang sedang bermasalah.

Baca :  3 Macam Penyakit Mata yang Patut Diwaspadai

6. Mudah Lelah

cepat lelah, lelah parah, amat sangat capek

via: theodysseyonline.com

Dulu atau kemarin-kemarin kita tidak memiliki keluhan apa pun ketika bersih-bersih rumah, menaiki tangga, mengangkat seember kecil baju kotor, dll. Tetapi kalau kini kita langsung lelah, sampai tertatih-tatih ketika melakukannya, maka disarankan untuk siap siaga. Perubahan yang signifikan ini seharusnya menjadi alarm, apalagi bagi para penderita perempuan.

7. Mendengkur

lelaki mendengkur, mendengkur keras, mendengkur gejala penyakit jantung

via: metro.co.uk

Bersuara ketika tidur, atau ngorok, memang bukan sesuatu yang aneh. Namun kita tetap saja patut mempertajam kepekaan ketika suara dengkurnya begitu keras, seperti tersedak, dan napasnya sampai terengah-engah. Bahkan ada yang sampai mempause napasnya, lalu melanjutkan tidur. Kejadian ini bisa membuat jantung jadi tertekan. Kita pun perlu berkonsultasi pada dokter terkait penyebab dan pengobatannya.

8. Berkeringat

keringat dingin, keringat dingin ciri penyakit jantung, hati hati keringat dingin

Via: doctorshealthpress.com

Kita bisa mengeluarkan keringat setiap saat, apalagi kalau sedang melakukan aktivitas fisik. Namun rasa curiga patut timbul ketika keringat dingin menyembul begitu saja tanpa alasan yang jelas. Segera ajak orang lain untuk menemani ke dokter. Kalau punya kendaraan pribadi, dianjurkan untuk tidak menyetir sendiri.

9. Batuk Tanpa Henti

lelaki batuk, batuk terus terusan, batuk lama

Via: adamed.expert

Batuk terus-terusan jarang sekali dikaitkan dengan penyakit jantung. Kemungkinan dan faktor penyebabnya memang banyak. Namun kita tak bisa diam saja ketika lendirnya berwarna pink atau putih. Kemungkinan buruknya, kita terkena gagal jantung, sehingga darah bisa bocor dan kembali mengalir ke area paru-paru.

10. Bengkak di Area-Area Tertentu

bengkak, bengkak di area kaki, gejala penyakit jantung

Via: healthyfoodsolution.com

Ciri-ciri kalau jantung tidak mampu memompa darah sebagaimana mestinya yaitu terjadinya pembengkakan pada area kaki dan ankle. Ketika fungsi jantung terganggu, darah akan menggumpal dan sensasi kembung pun tak terhindarkan. Lebih lagi, ginjal jadi kesulitan untuk mengeluarkan sodium dan cairan ekstra di dalam tubuh.

11. Detak Jantung Tak Beraturan

memeriksa detak jantung, degup jantung cepat, detak jantung tak beraturan

Via: ews.psu.edu

Sebenarnya kita tak perlu khawatir ketika detak jantung serasa balapan ketika gugup, sudah beraktivitas cukup berat, ketika merasa excited, jatuh cinta, dsb. Namun kita harus menghujankan perhatian ketika tiba-tiba jantung berdegup kencang selama beberapa detik. Apalagi kalau kejadiannya cukup sering terjadi. Mungkin saja kinerja jantung kita sedang terpengaruh oleh asupan kafein yang terlalu banyak, atau oleh jadwal tidur yang berantakan. Tetapi bisa juga, terjadi atrial fibrillation (AFib/ AF), yang otomatis memerlukan penanganan dokter.

Tentu saja postingan ini tidak bertujuan untuk menakut-nakuti, melainkan menjadi upaya untuk saling meningkatkan kesadaran akan kode-kode tubuh yang terlihat sepele, padahal bisa jadi begitu berpengaruh. 11 Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat Sepele Padahal Tidak Boleh Diabaikan. #RD