Home » Kecantikan » 2 Masker Komedo yang Bagus dan Disarankan Dokter

2 Masker Komedo yang Bagus dan Disarankan Dokter

masker komedo yang bagus, masker alami penghilang komedo, masker komedo peel off, review produk penghilang komedo, produk penghilang komedo paling ampuh

Image via: freshpickedbeauty.com

Siapa yang tak risih dengan eksistensi komedo?

Jerawat ringan ini memang sering menghampiri. Apalagi kalau kamu memiliki jenis kulit berminyak. Kemungkinan munculnya komedo jadi lebih besar.

Umumnya, komedo terbentuk karena sel kulit mati menyumbat pori-pori wajah. Minyak di dalamnya pun tak bisa keluar. Untuk mengatasinya, banyak orang melakukan berbagai cara. Salah-satunya yaitu dengan menggunakan masker.

Aneka merk masker khusus komedo mungkin bikin kamu bingung. Semuanya pasti menggembar-gemborkan khasiatnya yang positif. Tetapi kamu juga enggan mencoba semuanya, lantaran takut terjadi dampak yang lebih buruk.

Dilansir dari Alodokter, yang artikelnya sudah ditinjau oleh dr. Allert Noya, kamu memang wajib mempertimbangkan masker yang tepat untuk penanganan komedo. Jom!

  1. Masker Arang (Charcoal Mask)
masker arang, cara membuat masker arang untuk mengangkat komedo, harga masker arang, masker arang dan madu, cara merawat wajah dengan arang

Image via: shmalnews.com

Masker hitam ini bisa membantu mengurangi serangan komedo. Tak perlu dipakai setiap hari, cukup satu kali dalam seminggu. Selain komedo, penelitian yang terus dikembangkan juga menyatakan kalau masker ini juga bisa memperkecil pori-pori wajah, mengatasi jerawat, minyak berlebih, mencerahkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan Masker Arang

Adakah yang merasa sakit bahkan sampai iritasi ketika mengelupas masker ini? Untuk menghindarinya, kamu bisa membasahi permukaan masker dulu. Setelah terasa lembab, barulah masker bisa dilepas dengan lebih mudah dan tanpa kesakitan.

Baca :  5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit
  1. Masker Tanah Liat (Clay Mask)
masker tanah liat, produk masker tanah liat, masker tanah liat beli dimana, merk masker tanah liat, masker tanah liat komedo

Image via: stylecaster.com

Masker yang menjadi andalan kulit berminyak ini bisa menyerap minyak dan kotoran yang membandel di dalam pori-pori wajah. Clay mask dengan tambahan kandungan sulfur juga ditengarai sebagai pengangkat sel kulit mati. Sebagaimana yang kita tahu, sel kulit mati menjadi pemicu utama komedo. Seperti halnya masker arang, masker tanah liat juga cukup digunakan seminggu sekali.

Kalau dilihat dari penelitian, ada kandungan mineral khusus dalam tanah liat yang bersifat antibakteri. Hasil ini tentu menggembirakan, mengingat masker ini juga bisa menjaga kulit wajah agar terhindar dari infeksi.

Tips Mencegah Timbulnya Komedo

Biasakan diri untuk mencuci muka secara rutin dan teratur, yakni ketika sebelum tidur dan begitu bangun. Dengan demikian, penumpukan minyak yang menjejali wajah pun bisa diminimalisir.

Catatan juga bagi pemilik kulit berminyak agar tekun mencuci rambut. Kandungan minyak pada rambut bisa jadi menempel pada wajah dan membuat pori-porinya jadi jejal.

Baca :  3 Manfaat Mengejutkan Kalau Shampo Dicampur dengan Garam

Memilih Produk Kecantikan/ Make-up yang Tepat

Untuk mengatasi komedo tidak bisa mengandalkan masker wajah (saja). Kamu pun perlu memperhatikan produk lain seperti lotion, tabir surya, bedak, dll. Usahakan agar membeli produk non-comedogenic, atau yang berpotensi menyumbat pori-pori. Kamu juga tidak direkomendasikan memilih produk yang mengandung minyak. Alasannya, kandungan tersebut justru bisa mendorong kemunculan komedo.

Selain itu, jangan lupa untuk scrubbing wajah dengan baik dan benar. Proses ini bisa mengangkat sel kulit mati. Penyumbatan pada pori-pori pun bisa dihindari.

Tak semua merek masker untuk komedo akan cocok. Tetap hati-hati, dan perhatikan keterangan dalam kemasan. Barangkali kandungan di dalamnya tidak sesuai dengan jenis kulitmu.

Yang terpenting juga, segera konsultasi ke dokter apabila pengobatannya malah menimbulkan iritasi atau efek negatif lain. Demikian, 2 Masker Komedo yang Bagus dan Disarankan Dokter. #RD