Home » Penyakit » 23 Ciri atau Gejala Umum Kanker Pada Laki-laki dan Perempuan

23 Ciri atau Gejala Umum Kanker Pada Laki-laki dan Perempuan

gejala kanker, gejala umum kanker, ciri ciri terkena kanker, tanda tanda penyakit kanker, artikel kanker, gejala penyakit kanker, tanda umum kanker

Via: Favim.com

Siapa yang tidak ngeri pada penyakit kanker?

Setelah penyakit jantung, kanker diklaim sebagai penyebab kematian terbesar di dunia.

Penyakit mengerikan ini identik dengan orang-orang yang memiliki risiko kanker tinggi. Sebut saja para perokok, yang sering terkena paparan sinar matahari intens, pecandu alkohol, keturunan penderita kanker, dsb. Sebisa mungkin kita menjauh dari faktor-faktor pemicu kanker.

Namun kanker (dan tumor) memiliki kemungkinan sembuh apabila segera terdeteksi, lalu ditangani dengan baik dan benar. Kitanya saja yang harus peka menangkap kode-kode tubuh yang tak biasa.

Pada dasarnya, gejala-gejala kanker itu tidak begitu spesifik. Bahkan ada yang tidak memberikan tanda terlebih dahulu. Namun tetap saja, ada beberapa ciri atau keadaan tubuh yang sebaiknya tidak diabaikan. Apa saja? Kita coba membahas uraian dari Cancerresearchuk dan Emedicinehealth, ya. Jom!

periksa gejala kanker, penyakit kanker, gejala umum kanker, tanda terkena kanker, memeriksa penyakit kanker, konsultasi kanker dengan dokter, deteksi dini kanker

Via: shutterstock.com

1. Sering Sesak Napas

Banyak hal yang bisa menyebabkan kita sesak napas. Terlalu intens menjalani aktivitas fisik pun bisa menyebabkan ngos-ngosan atau kesulitan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Namun kalau durasinya cukup lama dan sering, sebaiknya segera kunjungi dokter.

2. Pendarahan Pada Vagina

Masa menstruasi atau efek dari pil kontrasepsi memang bisa mengundang darah. Tetapi kalau vagina berdarah di saat tidak sedang haidh, sudah dalam masa menopause, atau baru melakukan hubungan intim, maka perempuan tersebut disarankan untuk segera memeriksakan diri.

3. Perut Mulas atau Tidak Nyaman

Ketidaknyamanan pada perut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya karena makan terlalu banyak, terlalu pedas, atau terlalu berlemak. Tetapi kalau sakitnya dinilai begitu sering dan terasa amat menyiksa, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

4. Suara Serak atau Parau

Perubahan suara yang tidak biasa juga bisa disebabkan karena banyak hal. Namun kalau terus-terusan, sampai berminggu-minggu, sebaiknya langsung waspada.

Baca :  Wah! Buah Ciplukan Bisa Mengatasi 14 Penyakit Ini

5. Sering BAB

Gejala ini sering terjadi apabila perut keracunan makanan, atau hadirnya pengganggu yang menyebabkan kinerja perut jadi berantakan. Tetapi kita patut siaga apabila kejadian ini berlangsung selama 4-6 minggu lebih.

6. Perut Kembung

Masuk angin sering dituding sebagai penyebab perut kembung. Gejala ini juga tak begitu aneh. Namun ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter jika kembungnya sampai 3 minggu lebih.

7. Sulit Menelan

Banyak kondisi medis yang menyebabkan seseorang jadi sulit menelan. Tetapi kalau gejala ini berlangsung sangat lama, sampai berminggu-minggu, sebaiknya jangan diabaikan begitu saja.

8. Sakit, Luka, atau Ngilu yang Tak Kunjung Sembuh

Kulit mampu memperbaiki dirinya sendiri. Kalau ada kerusakan, kulit bisa mengatasinya selama semingguan, dan kita pun sembuh dengan sendirinya. Namun apabila ada luka yang terlihat tidak berubah, meskipun sudah tidak terasa sakit, sebaiknya segera periksakan.

9. Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Penyakit ini biasa terjadi pada mulut dan lidah. Kalau diobati biasanya akan segera sembuh. Namun kita patut waspada ketika penyakit ini tak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan sampai 3 pekan lamanya.

10. Berkeringat di Malam Hari

Penyebab dari kondisi ini beragam. Bisa jadi ada infeksi, terkena efek samping obat, atau pun menjadi dampak dari masa menopause pada perempuan. Tetapi kalau keringatnya begitu banyak dan basah kuyup, kita harus segera mengeceknya ke dokter.

Selanjutnya: 11. Ada Perubahan Pada Payudara