Home » Kesehatan » 3 Alasan Dari Segi Kesehatan Kenapa Suka Tiba-tiba Menangis

3 Alasan Dari Segi Kesehatan Kenapa Suka Tiba-tiba Menangis

menangis tiba tiba, menangis tiba tiba tanpa alasan, menangis tiba tiba tanpsa sebab, menangis tiba tiba dari segi kesehatan, kenapa saya tiba tiba menangis

Image via: wallpaperclicker.com

Pernahkah anda mendadak menangis?

Menangis memang bukan fenomena aneh. Namun kalau terjadinya seakan tanpa sebab, anda mungkin bertanya-tanya sendiri. Kenapa bisa menangis tiba-tiba? Adakah kaitannya dengan masalah kesehatan?

Ternyata ada momen, di mana seseorang bisa menangis dengan sendirinya. Dirilis dari Shape, menurut psikolog Los Angeles bernama Yvonne Thomas, Ph.D, kondisi itu bisa menjadi petunjuk ada yang salah dengan keadaan kesehatan seseorang. Nah berikut ini penjelasan lebih lanjut via HelloSehat yang sudah direview secara medis oleh  dr. Yusra Firdaus.

1. Stres dan Depresi

Stres termasuk keadaan yang wajar. Seseorang bisa menderita stres karena pekerjaan, media sosial, hubungan, dlsb. Ketika sudah ada di puncak stres, tak menutup kemungkinan kalau tubuh merespons dengan cara menangis. Kalau menurut Lauren Bylsma via Huffington Post, menangis ini bisa mengundang dukungan dan pertolongan dari orang lain.

Sementara itu, kalau stresnya sudah lama dan terus-terusan diderita, anda berpeluang besar untuk depresi. Anda jadi sering menangis, bahkan tanpda disadari. Kondisi ini bahkan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Badan jadi loyo, nafsu berkurang, susah tidur, cepat letih, mood buruk, bahkan imunitas tubuh juga lemah.

Kalau stres ringan masih bisa diatasi dengan cara menarik napas dalam dan pelan-pelan. Biarkan tubuh jadi rilek. Tetapi alangkah baiknya anda juga konsultasi pada ahlinya, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Gangguan Kecemasan

Perasaan tidak tentram karena takut dan khawatir tentu lumrah anda rasakan. Namun perasaan ini bisa menjadi ancaman serius ketika hadir secara berlebihan. Bahkan aktivitas orang yang memiliki anxiety disorder ini bisa terganggu.

Penderita gangguan kecemasan biasanya memang akan menangis sebelum, selama, dan setelah serangan rasa itu terjadi. Anda mungkin akan sering menangis secara tiba-tiba. Bahkan air mata bisa keluar tanpa rasa panik dan cemas sama-sekali. Hal ini sebagai respons tubuh karena rasa cemasnya sudah mencapai puncak. Untuk memastikan apakah anda memiliki isu kecemasan, pihak medis bisa menjadi tempat konsultasi.

Baca :  10 Alasan Kenapa Tidur Tanpa Busana Alias Telanjang itu Bisa Menyehatkan

3. Gejala PMS

PMS alias Pre-Menstrual Syndrome alias Sindrom Pra-Haid bukanlah mitos. Mayoritas perempuan mengalaminya. Di saat seperti ini, keadaan fisik, emosi, dan psikologis mereka terusik. Kadar progesteron dan esterogennya tidak seimbang. Tak heran kalau ada diantara mereka yang merasakan nyeri pada payudara, moody, cepat tersinggung, enggak fokus, cepat lelah, dsb.

Kondisi “di luar normal” itu tak jarang bikin wanita jadi mudah stres. Bahkan hal sepele pun bisa membuat mereka menangis. Apalagi kalau masalahnya terjadi ketika si wanita sedang jengkel, banyak pekerjaan, suasana hectic, dll.

Keadaan hormon yang terguncang juga bisa terjadi pada ibu hamil. Karena itu, mereka pun cenderung emosional dan mudah menangis. Jadi, siapa pun mesti paham serta peka pada para perempuan yang sedang PMS dan mengandung.

Kalau merasa terganggu dengan dampak buruk keadaan ini, anda bisa konsultasi ke dokter. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Demikian, 3 Alasan Dari Segi Kesehatan Kenapa Suka Tiba-tiba Menangis. #RD