Home » Penyakit » 3 Macam Penyakit Mata yang Patut Diwaspadai

3 Macam Penyakit Mata yang Patut Diwaspadai

penyakit mata, sakit mata, sakit mata yang harus diwaspadai, sakit mata menular, penyakit mata menular

Image via: allaboutvision.com

Beberapa penyakit mata mesti diwaspadai, sebab mudah menular lewat kontak fisik. Karena itu penderitanya tidak disarankan untuk berinteraksi dulu. Entah di tempat kerja, sekolah, atau lingkungan sekitar. Sebab, nanti penyakitnya bisa tersebar.

Sakit mata apa saja? Kita ulas via Alodokter, ya. Jom!

1. Sakit Mata Herpetik/ Herpes Zoster Oftalmikus

penyakit mata Herpes Zoster Oftalmikus, herpes zoster oftalmikus, herpes zoster oftalmikus adalah, herpes zoster pada mata, bahaya herpes di mata, herpes mata berbahaya, herpes di kelopak mata

Image via: medium.com/@optica_stella

Sakit mata ini terjadi karena serangan virus varicella-zoster. Ciri-cirinya yaitu rasa sakit pada area di dekat salah-satu mata atau keduanya, rasa sakit pada kelopak mata, serta adanya ruam kemerahan. Bahkan ada yang sampai ke ujung hidung.

2. Keratitis Herpes Simpleks

penyakit mata Keratitis Herpes Simpleks, obat tetes mata untuk herpes, bahaya herpes di mata, herpes mata bengkak, herpes di kelopak mata, keratitis herpes simpleks adalah, obat keratitis mata

Image via: EyeRounds.org

Virus yang menjadi dalang di balik sakit mata ini sama seperti virus yang menyebabkan luka di bibir dan mulut. Akibatnya berupa infeksi pada kornea. Sehingga kornea jadi berkabut, terasa seperti kotor, dan bengkak. Mata penderita terasa sakit, merah, air matanya terus keluar, kalau melihat cahaya jadi semakin perih.

Sebenarnya mayoritas virus herpes itu sudah eksis dalam saraf manusia dewasa. Namun serangannya akan sangat hebat apabila daya tahan tubuh sedang lemah. Mayoritas kasusnya menunjukkan kalau orang yang sudah mengalami penyakit ini bisa diserang lagi dengan mudah.

Penularannya bisa dengan cara kontak langsung atau ada kontak fisik. Kalau sampai bayi yang baru lahir terserang, ancamannya tak main-main, yakni menimbulkan kematian.

Obatnya sendiri bisa dengan obat antivirus oral, obat oles yang diaplikasikan pada area kelopak mata, serta tetesan steroid yang bisa mengatasi perdangan. Pengobatannya harus disegerakan agar kualitas penglihatan tidak langsung menurun.

3. Konjungtivitis/ Pink Eye/ Mata Merah

penyakit mata Konjungtivitis Pink Eye, obat tetes mata konjungtivitis, jenis konjungtivitis, konjungtivitis pada bayi, diagnosis konjungtivitis, bahaya konjungtivitis, pencegahan konjungtivitis

Image via: esthetichungary.reblog.hu

Sakit mata ini terjadi karena adanya peradangan konjungtiva, atau jaringan tipis pada bagian mata warna putih. Sehingga bagian di bawah kelopak matanya jadi terbatasi. Penyebab penyakit ini bisa jadi karena iritasi sampo, debu, dan asap.

Sementara itu, konjungtivitis yang menular itu disebabkan oleh bakteri (contohnya gonore), virus (contohnya herpes), serta klamidia. Kalau bayi yang baru lahir terkena, organ penglihatannya bisa terganggu.

Gejala penderitanya yaitu mata yang berair tidak normal, mata terasa terbakar sekaligus gatal, merah, sensitif terhadap cahaya, dan pandangan jadi buram.

Agar keadaan tidak lebih buruk, penderita mesti menghindari pemakaian lensa kontak dan make up. Selain itu, gunakan kacamata agar terlindung dari debu. Tak lupa, kunjungi dokter juga agar memeroleh obat yang terbaik sesuai dengan penyebab penyakitnya.

Penderita konjungtivis juga bisa meminimalisir penularan ke orang lain dengan cara mencuci tangan pakai sabun dan air hangat, jangan sentuh mata dalam keadaan infeksi, basuh mata yang terus mengeluarkan air dengan kapas atau tisu halus dan segera buang, jangan berbagi kosmetik dengan orang lain. Penyakit ini biasanya akan membaik dalam waktu 3 sampai 7 hari, tergantung penanganannya. Demikian, 3 Macam Penyakit Mata yang Patut Diwaspadai. #RD