Home » Makanan » 3 Makanan dan Minuman Tak Boleh Langsung Konsumsi Ketika Buka Puasa

3 Makanan dan Minuman Tak Boleh Langsung Konsumsi Ketika Buka Puasa

makanan buka puasa, makanan buka puasa sederhana, minuman berkarbonasi ketika buka puasa, makanan gorengan ketika buka puasa, makanan manis gula ketika buka puasa

Image via: sputniknews.com

Siapa yang tak antusias mendengar adzan maghrib?

Khusus di momen Ramadan, adzan yang satu ini selalu ditunggu, sebab menjadi tanda untuk buka puasa. Namun hati-hati, jangan sampai keliru memilih makanan dan minuman pembuka. Sebab risikonya bisa membuat tubuh tidak nyaman, bahkan mengganggu kesehatan.

Sayangnya, daftar makanan dan minuman di bawah ini justru menjadi favorit orang Indonesia. Kita simak pemaparan The National via Detik Health, ya.

1. Minuman Berkarbonisasi

Jika tampilan iklan menunjukkan kesegaran tiada tara, maka realitanya tidaklah demikian. Minuman berkarbonasi atau minuman olahan lain cenderung tinggi gula. Kurang cocok bagi yang enggan obesitas. Selain itu, perut juga bisa kembung dan kebanyakan gas. Kalau sudah begitu, kamu akan merasa begah. Bahkan pencernaan pun berpotensi terganggu.

Sebaiknya minum air putih atau air kelapa. Untuk makanannya, Nabi Muhammad Saw pun menganjurkan beberapa biji kurma. Dijamin perut akan nyaman-nyaman saja.

2. Goreng-gorengan

Begitu tiba waktu berbuka dan langsung menyambar gorengan bukan tindakan bijak. Pasalnya gorengan mengandung lemak. Sehingga tubuh pun akan kaget langsung menyimpannya sebagai jaringan lemak. Tingkat keasaman dalam tubuh bisa meningkat dan sistem pencernaan bisa berubah buruk.

3. Kaya akan Gula

Makanan yang mengandung banyak gula sangat beragam, misalnya cokelat dan permen. Mereka mengandung kalori tinggi, namun gizinya tak begitu banyak. Tak disarankan untuk langsung dilahap begitu maghrib tiba. Asupan jenis ini juga jelas tak ramah bagi kamu yang punya niat menjaga tubuh proporsional.

Dokter di RS Surya Husada Denpasar Bali, dr Laksmi Duarsa, SpKK, memberikan masukan sehat pada orang-orang yang sedang berbuka puasa. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang lembut dulu. Contohnya kolak. Kalau tidak, kamu juga bisa memilih sayur dan buah. Air juga sangat penting. Selain itu, makannya santai saja. Biarkan perut beradaptasi dengan semuanya. Demikian,  3 Makanan dan Minuman Tak Boleh Langsung Konsumsi Ketika Buka Puasa. #RD

Baca :  3 Zat Makanan yang Bisa Meningkatkan Selera Makan