3 Manfaat Kesehatan Dari Hobi Nyanyi di Kamar Mandi

manfaat bernyanyi di kamar mandi, nyanyi di kamar mandi, manfaat nyanyi di kamar bagi kesehatan

Image via: afv.com

Apa anda pernah mengadakan ‘konser tunggal’ tanpa penonton di kamar mandi?

Tak perlu malu. Rupanya hobi tersebut bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Apalagi anda pasti tidak sendirian. Banyak orang lain yang memiliki kebiasaan serupa.

Umumnya kita suka bersenandung ketika suasananya santai. Oleh karena itu, kita sering melakukannya di kamar mandi. Selain itu, efek suara di kamar mandi juga seakan mendukung.

Selain itu, waktu di kamar mandi itu sangat privat. Anda hanya sendirian dan tidak dulu berurusan dengan pekerjaan, chatting, transaksi, dll. Jadi selama beberapa menit di kamar mandi itu benar-benar hanya tentang anda. Tak heran kalau rasanya begitu nyaman dan aman, apalagi kalau tidak ada orang lain yang antre untuk mandi.

Kalau sudah rileks begitu, hormon dopamin pun datang. Anda memerlukan sesuatu untuk mengekspresikan diri dan kreativitas. Menyanyi pun dipilih sebagai media ekspresi diri.

Tak hanya itu, aliran air juga membantu meregangkan tubuh. Anda seperti sedang dipijit dengan enak, apalagi kalau pakai air hangat. Tentu sirkulasi oksigen dan aliran darah dalam tubuh juga jadi lebih lancar. Anda merasa tenteram sekaligus bersemangat. Lebih lagi kalau anda membawakan lagu kesukaan yang lirik dan nadanya ceria.

Dirilis dari Hello Sehat (Irene Anindyaputri), yang sudah direview oleh dr. Yusra Firdaus, berikut ini 3 manfaat nyanyi di kamar mandi untuk kesehatan:

1. Mood jadi lebih baikan dan stres berkurang

Ketika bisa bersantai sambil melakukan hobi dengan bebas, otomatis anda pasti terhibur sendiri. Menurut para ahli, tanpa sadar kebiasaan menyanyi di kamar mandi akan membuat anda melatih pernafasan. Latihan tersebut berdampak baik, apalagi jika kadar oksigen dalam tubuh sedang optimal. Anda seperti sedang melakukan yoga atau relaksasi. Sehingga suasana hati jadi baikan dan stres pun terusir.

Baca :  3 Manfaat Mengejutkan Kalau Shampo Dicampur dengan Garam

2. Kekebalan tubuh jadi meningkat

Menurut hasil studi dalam Journal of Behavioral Medicine, aktivitas menyanyi bisa membantu menekan kadar hormon kortisol. Hormon ini, jika jumlahnya berlebihan, bisa mengusik sistem imunitas (kekebalan) tubuh. Semakin tipis hormon kortisol, maka kekebalan tubuh anda bisa semakin kuat.

3. Membantu meningkatkan daya ingat

Berdasarkan hasil penelitian yang tertuang dalam Journal of Alzheimer’s Disease, rutin menyanyi pada pagi hari berpotensi meningkatkan daya ingat. Penemuan ini didukung oleh fakta, bahwa seni musik bisa merangsang aktivitas dan fungsi kognitif otak. Bisa dibilang, otak anda jadi semakin terasah. Bukan tidak mungkin kalau kebiasaan ini bisa mencegah ancaman Alzheimer dan dementia.

Lagu apa nih selanjutnya? 3 Manfaat Kesehatan Dari Hobi Menyanyi di Kamar Mandi. #RD