Home » Pengobatan » 3 Manfaat Mengejutkan Kalau Shampo Dicampur dengan Garam

3 Manfaat Mengejutkan Kalau Shampo Dicampur dengan Garam

keramas, garam untuk rambut, garam dicampur sampo, cara keramas dengan air garam, manfaat garam untuk rambut rontok, manfaat garam untuk rambut berketombe, cara menggunakan garam untuk menghilangkan ketombe, manfaat garam untuk ketombe

via: mirror.co.uk

Akhir-akhir ini, garam menjadi salah-satu senyawa yang tengah ngehits karena kelangkaan dan harganya yang melambung.

Kita begitu akrab dengan garam, khususnya yang dikonsumsi atau dijadikan salah-satu bumbu dapur. Garam berfungsi untuk menambah cita-rasa, menghilangkan bau amis, mencegah pertumbuhan bakteri, dll. Tetapi tahukah kamu, ternyata garam juga memiliki faedah lain yang belum banyak diketahui. Satu dari sekian manfaat itu bisa dirasakan oleh mahkota kita, yakni rambut.

Dilansir dari Stylecraze.com (07/08/2017), manfaat garam bisa dirasakan dengan cara mancampurkannya pada shampo yang biasa kita pakai sehari-hari. Memang apa fungsinya, dan bagaimana caranya? Jom!

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Jika rambutmu rontok, kamu pasti mencari sekaligus mendapatkan aneka rekomendasi pengobatan. salah-satu diantaranya, yakni dengan menggunakan garam laut. Bagaimana pun, bahan yang satu ini alami dan efektif.

Caranya cukup mudah. Kamu tinggal mencuci rambut seperti biasa. Setelah itu, ambillah satu sendok makan garam. Sebarkan di kulit kepala dan pijat selama kurang-lebih 10 menit. Kamu tak perlu mengulanginya setiap hari, cukup dua kali dalam seminggu. Empat minggu kemudian, kamu bisa memerhatikan perubahannya.

2. Ampuh Mengatasi Ketombe

Meski ukurannya kecil dan ringan, namun ketombe tetap saja bikin kamu tak nyaman. Ketombe sendiri tak lain adalah serpihan sel kulit mati, yang biasanya eksis karena kurangnya sirkulasi darah. Sementara itu, garam laut bermanfaat untuk merangsang sirkulasi tersebut.

Kamu bisa membagi rambut, kemudian mengoleskan garam ke seluruh permukaan kulit kepala. Bersihkan dan basahi jari-jemari, lalu pijat sampai meresap selama 10-15 menit. Kalau sudah, kamu bisa mencuci rambut sebagaimana biasanya. Selain mampu melindungi kulit kepala, treatment ini juga cukup mujarab untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Baca :  7 Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan, Apa Anda Merasakannya?

Baca Juga: Menghilangkan Ketombe dengan Garam, Bagaimana Caranya?

3. Mengatasi Kulit Kepala dan Rambut Berminyak

Proses sekresi berlebihan dari kelenjar sebaceous memicu dua gangguan ini. Benar-benar bikin tak nyaman. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa memercayakan penangannya pada garam.

Langkahnya tidaklah njelimet, cukup dengan mencampurkan sampo dan dua sendok makan garam. Gunakan kombinasi bahan ini untuk mencuci rambut. Pada penggunaan pertama saja, kamu bisa merasakan bedanya. Kadar minyak berlebih akan berkurang, dan rambut akan tampak lebih sehat.

Nah, semoga artikel ini bermanfaat, ya. Demikian, 3 Manfaat Mengejutkan Kalau Sampo Sehari-hari Dicampur dengan Garam. #RD