Home » Kesehatan » 3 Nutrisi Penting Mencegah Lemas Tak Berdaya di Hari-hari Awal Puasa

3 Nutrisi Penting Mencegah Lemas Tak Berdaya di Hari-hari Awal Puasa

manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia, lemas saat puasa, penyebab badan lemas saat puasa, badan terasa dingin saat puasa, agar puasa tidak lemas, nutrisi agar puasa lancar

Image via: timesofindia.indiatimes.com

Bagi muslim, puasa Ramadan adalah kewajiban. Tak bisa ditawar-tawar. Kecuali kalau anda sedang sakit, dalam perjalanan, masih anak-anak, sudah lanjut usia, sedang hamil/ menyusui, dan gila. Meski harus menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, termasuk makan dan minum, namun aktivitas puasa justru membawa hikmah besar – termasuk dari segi kesehatan.

Puasa di Awal-awal Ramadan

Ada yang semangat ketika menjalani puasa hari-hari awal, banyak juga yang malah lemas. Mungkin tubuh belum terbiasa kehilangan gizi selama berjam-jam. Tak heran ketika paginya antuasias, maka siang sampai sore harinya berubah jadi lemas.

Tak perlu khawatir. Sebagaimana di tahun-tahun lalu, tubuh akan menyesuaikan diri dengan pola makan selama Ramadan. Tubuh bahkan bisa menyimpan gula lebih lama dan dibakar pelan-pelan. Sampai kemudian, di waktu berbuka, anda akan kembali mendapat asupan makanan. Hanya saja, bagi beberapa orang, proses adaptasi tubuh ini memerlukan waktu beberapa hari bahkan semingguan.

Ada 3 nutrisi penting yang bisa menyokong aktivitas di hari-hari awal puasa, sebagaimana yang dirilis Hello Sehat. Apa saja?

1. Karbohidrat Kompleks

buah dan sayur untuk puasa, buah dan sayur ketika puasa, pentingnya buah dan sayur untuk puasa

Image via: femina.co.id

Karbohidrat biasa atau sederhana lebih banyak mengandung gula. Kalau karbohidrat kompleks menyiapkan kandungan serat dan ragi. Disarankan anda mengonsumsi karbohidrat kompleks di saat sahur.

Pengolahan karbohidrat kompleks menjadi sumber energi bisa berlangsung lebih lama. Tak ayal, tubuh pun cenderung mampu bertahan berjam-jam. Makanan yang bisa anda konsumsi meliputi olahan gandum utuh, buah-buahan, sayur-sayuran, serta kacang-kacangan.

2. Zat Seng/ Zinc

daging ketika puasa, daging kambing ketika puasa, daging sapi ketika puasa, makan daging ketiha sahur dan buka puasa

Image via: lifestyle.okezone.com

Ahli gizi klinis dari Amerika Serikat, Dr. Josh Axe, menyatakan kalau zat ini sangat berfaedah untuk mengolah karbohidrat dalam tubuh. Kalau kekurangan zat seng, karbohidrat sebanyak apa pun yang anda makan di waktu sahur akan sulit diolah menjadi energi. Kalau sudah begitu, bukan tak mungkin anda akan merasa lunglai. Asupan zinc bisa didapat dari daging kambing, sapi, atau suplemen penambah zinc.

3. Vitamin C

vitamin ketika puasa, vitamin c ketika puasa, jambu kaya vitamin c, jambu ketika puasa, buah untuk buka puasa, buah untuk sahur

Image via: bobo.grid.id

Melemahnya daya tahan tubuh bisa menjadi dalang lain di balik letihnya puasa. Hal ini disebabkan tubuh “kaget”, sebab tidak mendapat nutrisi sebanyak biasanya. Karena itu, vitamin C bisa menjadi andalan. Disarankan untuk tidak melewatkan buah dan sayur yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin C. Anda bisa mendapatkannya pada jambu, brokoli, cabai merah, atau juga suplemen khusus.

Baca :  Wah! Ternyata Rasa Ketakutan Bisa Mendatangkan 6 Manfaat Kesehatan

Yang tak kalah penting, jangan lupa menunaikan sunah-sunah puasa. Misalnya dengan menyegerakan berbuka dan diawali dengan makanan manis seperti kurma, atau mengakhirkan sahur dan tidak berlebihan.

Selamat berpuasa, ya. Semoga lancar dan membawa keberkahan. Demikian, 3 Nutrisi Penting Mencegah Lemas Tak Berdaya di Hari-hari Awal Puasa. #RD