Home » Makanan » 3 Zat Makanan yang Bisa Meningkatkan Selera Makan

3 Zat Makanan yang Bisa Meningkatkan Selera Makan

selera makan berkurang, lapar tapi tidak selera makan, cara mengembalikan nafsu makan, perut lapar tapi tidak nafsu makan, badan kurus nafsu makan berkurang, makanan penambah nafsu makan, zat penambah selera makan

Image via: healthtap.com

Pernah enggak, sih, kamu merasa enggak bernafsu untuk memakan apa pun?

Kalau sedang sakit tampaknya wajar. Makanan seenak dan sewangi apa pun biasanya akan diabaikan, sekali pun makanan itu menjadi favoritnya ketika sehat. Namun keadaan sakit, perawatan, atau pengobatan tertentu bisa mengurangi nafsu makan.

Kamu juga cenderung ogah melahap apa pun kalau merasa “ilfil”. Misalnya sehabis melihat sesuatu yang bikin jijik, mendengar sendawa, membaui kentut, dsb. Kondisi ini juga lumrah.

Namun apa jadinya kalau nafsu makan terus-terusan terganggu? Tentu saja asupan nutrisi yang dibutuhkan jadi hilang. Daya tahan tubuhmu pun cenderung rentan diserang. Karena itu, jangan larut dalam keadaan tidak mau menyentuh makanan. Tampaknya kamu mesti mempertimbangkan ketiga zat berikut, yang sempat diulas dalam Sains Bobo Id. Jom!

1. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang mesti eksis dalam tubuh. Fungsinya banyak, termasuk berperan dalam indera penciuman serta perasa. Kalau tubuh kekurang zinc, bisa jadi selera makan akan merosot tajam. Kandungan ini bisa didapat dari makanan mau pun suplemen khusus. Makanan yang dimaksud meliputi tiram, daging sapi, brokoli, jagung, kentang, dan gandum.

2. Vitamin B1

Vitamin ini bisa mengubah karbohidrat menjadi energi tubuh, khususnya di bagian sistem saraf dan otak. Kalau kekurangan vitamin ini, nafsu makan bisa berkurang, bahkan bobot badan pun bisa menukik drastis. Agar stabil, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin B1 dari daging sapi, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, sereal, dll.

3. Omega 3

Sudah familier ‘kan dengan salah-satu asam lemak yang tak jenuh dan baik untuk tubuh ini? Bahan super ini kerap disandingkan dengan kualitas otak agar bisa berpikir dan mengingat dengan baik. Namun rupanya, omega 3 juga berpengaruh terhadap selera makan. Ketika merasa malas makan, kamu bisa melahap udang, tiram, seafood lain, telur, biji-bijian, kangkung, bayam, kacang-kacangan serta olahannya, atau produk susu. Demikian, 3 Zat Makanan yang Bisa Meningkatkan Selera Makan. #RD

Baca :  8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Ternyata Jadi Anti Depresi Juga!