4 Bahaya Makan Telur Asin Kebanyakan

bahaya telur asin, bahaya makan telur asin kebanyakan, bolehkah asam lambung makan telur asin, telur asin bagi asam lambung

Image via: chinahao.com

Anda suka dengan telur asin?

Mungkin postingan ini sedikit membuat mood jadi terganggu. Tetapi tenang saja, anda masih bisa menikmati telur asin. Kunci utamanya, jangan berlebihan.

Telur asin sendiri biasanya menggunakan telur bebek/itik yang diasinkan. Ada citarasa unik dari telur ini. Anda akan mencecap rasa asin dan gurih. Lalu teksturnya begitu menggoda, sebab kuning telurnya akan berpasir. Telur ini pun kerap dijadikan camilan atau lauk pauk.

Telur ini tentu bernutrisi. Ada kandungan protein, lemak, karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin A. Namun semua keunggulan itu bisa sia-sia jika anda makan telur asin kebanyakan.

Pasalnya, telur asin memiliki kadar kolesterol dan natrium (sodium) yang tinggi.

Garam dalam Tubuh Manusia

Makanan yang mengandung garam (natrium klorida/NaCl) berarti akan membawa natrium yang banyak. Kandungan ini biasanya terdapat pada makanan kemasan, makanan olahan, atau makanan siap saji.

Telur asin menjadi salah-satu pembawa natrium terbanyak.

Sebagaimana kita tahu, natrium adalah zat sejenis mineral atau elektrolit. Sebenarnya natrium pun dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar air pada sel, menjaga keseimbangan elektrolit, serta menunjang kinerja saraf dan otot. Natrium paling banyak, sekitar 85%, terdapat pada cairan getah bening dan darah.

Dampak memakan telur asin terlalu banyak

Berdasarkan saran dari WHO (World Health Organization), sebaiknya kita mengonsumsi garam sebesar 5 gram (natrium 2.000 mg) per harinya. Jumlah ini biasanya mudah terpenuhi. Jarang ada orang yang kekurangan natrium, keculi jika orang tersebut menderita gagal jantung, kurang gizi, atau diare.

Namun kelebihan natrium bukanlah berita bagus. Justru kesehatan anda menjadi taruhannya. Berikut ini beberapa dampak jika anda mengonsumsi telur asin berlebihan:

  1. Timbulnya hipertensi, sehingga mengundang risiko penyakit ginjal, jantung, dan stroke.
  2. Adanya penimbunan cairan dalam tubuh, sehingga meningkatkan beban kerja jantung dan menimbulkan pembengkakan kaki.
  3. Bisa merusak lapisan lambung
  4. Meningkatkan risiko kanker lambung, sebab pertumbuhan bakteri Helicobacter pylory jadi terangsang, sehingga lambung mengalami radang dan ulkus (luka).
Baca :  Serba-Serbi Belimbing Wuluh, Rasanya Asam Tapi Manfaatnya Manis

Dengan demikian, sebaiknya anda bersikap bijak dalam mengonsumsi makanan-makanan asin, termasuk telur asin. 4 Bahaya Makan Telur Asin Kebanyakan. #RD

 

Sumber: Alodokter