4 Cara Mengatasi Stres dan Depresi Ketika Berada di Bawah Tekanan

4 Cara Mengatasi Stres dan Depresi Ketika Berada di Bawah Tekanan, cara menghilangkan stres berat, cara mengobati stres pikiran, cara menghilangkan stress, cara mengatasi stress psikologi, cara menghilangkan depresi

Image via: livemint.com

Posisi di bawah tekanan pasti memberatkan. Bukan hal mustahil kalau anda merasa stres dan depresi, sehingga kondisi fisik dan mental jadi buruk.

Tekanan tersebut bisa muncul dari berbagai arah. Bisa jadi anda tertekan karena pekerjaan, tugas sekolah, hubungan asmara, urusan keluarga, dll. Semua itu membuat anda tidak nyaman. Anda merasa stres, pusing, cemas, murung, tidak fokus, sulit tidur, dan loyo berkepanjangan.

Jika terus merasa baik-baik saja, padahal ada yang tidak beres dalam tubuh dan jiwa anda, depresi bisa mengintai dan memicu gangguan mental yang lebih parah. Lebih-lebih kalau sudah ada pikiran atau kehendak untuk bunuh diri.

Untuk itu, sebaiknya anda tidak abai terhadap gejala yang muncul dari stres akibat hidup di bawah tekanan. Kepekaan anda terhadap diri sendiri menjadi kunci utamanya. Setidaknya ada 4 cara mengatasi stres dan depresi ketika berada di bawah tekanan:

1. Mencari tahu sumber stres

sumber stres, akibat stress, penyebab stres berat, faktor penyebab stress kerja, penyebab stres pada remaja, tentang stress

Image via: ilgiornale.it

Penyebab stres dan hidup penuh tekanan tentu sangat banyak. Namun apapun itu, biasanya orang yang stres selalu digelayuti pikiran negatif. Mereka bahkan sudah berprasangka kalau hal terburuk akan terjadi. Mereka sudah membayangkan kematian, pemecatan, perpisahan, dll.

Ya, mereka sudah takut dan gelisah pada hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi dan tidak nyata. Semua itu jadi imajinasi negatif yang lambat-laun meneror.

Sebagian orang mungkin akan memandangnya sebagai pikiran yang lebay atau berlebihan. Namun kondisi tersebut riil adanya. Tentu tidak mudah untuk selalu berpikiran positif. Anda mesti berupaya lebih keras, kalau sesuatu yang buruk yang bercokol dalam pikiran itu tidak pernah ada. Anda mesti terus belajar untuk tetap rasional dan waras menghadapi berbagai hal.

2. Lebih peka terhadap keadaan lingkungan sekitar

mengatasi stres, cara mengatasi stress psikologi, cara mengatasi stres dan depresi, cara mengatasi stress menurut psikologi, cara mengatasi stress kerja, cara mengobati stres pikiran

Image via: herworld.com

Orang yang dilanda stres biasanya akan fokus terhadap masalah dirinya sendiri. Anda merasa menjadi manusia satu-satunya yang memikul beban dan problem hidup. Namun ketika anda memerhatikan sekitar, membuka mata dan telinga, berinteraksi dengan orang lain, dll, seketika itu anda sadar bahwa hidup tidaklah terpaku pada satu titik. Semua itu membantu anda mengalihkan perhatian dari segala beban kehidupan.

Baca :  3 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah

Dengan menyadari kalau orang lain pun memiliki konflik, bahkan mungkin lebih berat, setidaknya bisa memotivasi anda untuk tetap bersyukur. Ada sensasi tenang ketika anda kembali pada trek, bahwa tak ada beban yang diberikan melainkan karena sudah sesuai kemampuan. Anda bisa lebih fokus. Beban pikiran berkurang. Tekad untuk bersabar lebih kuat. Cara pandang juga akan kembali positif.

3. Hidup di masa kini, tidak dulu ke masa depan

enjoy the moment artinya, arti enjoy yourself, arti enjoy dalam bahasa indonesia, arti enjoy my life, arti enjoy your life, joy artinya

Image via: lifestyleupdated.com

Tanpa terasa, anda sering tidak fokus untuk menjalani dan menikmati momen di masa sekarang. Pikiran anda sudah melanglang buana ke masa depan yang memang masih misterius dan belum pasti. Parahnya, anda sudah menyimpulkan sendiri kalau masa depan itu mengerikan dan tidak menyenangkan.

Misalnya ketika anda merencanakan pernikahan, anda sudah memikirkan kalau kehidupan rumah tangga itu akan melelahkan, penuh pertengkaran, dan akhirnya bercerai juga. Padahal menikah saja belum, namun sudah ada prediksi tidak logis di masa mendatang.

Kebiasaan ini sering menimpa orang-orang visioner, yang memang berorientasi pada hasil di masa depan dan berpikiran maju. Namun mereka kerap terperangkap pada gambaran masa depan sendiri. Mereka seakan lupa ada tangan Tuhan yang ikut campur mengatur kehidupan di masa nanti. Mereka juga seperti lupa, bahwa ikhtiar dan doa bisa mengubah segalanya.

Sebenarnya anda memang mesti berpikiran jauh ke depan, namun pastikan untuk tetap realistis dan taktis. Jangan sampai termakan prasangka buruk, yang lama-lama menjadi sugesti dan mengganggu ketenangan hidup sendiri.

4. Gaya hidup tetap sehat

gaya hidup sehat, gaya hidup sehat alami, pengertian gaya hidup sehat, gaya hidup sehat adalah, cara hidup sehat sederhana, cara hidup sehat dan bersih

Image via: img.purch.com

Stres ketika ditekan keadaan bisa membuat anda jadi lalai terhadap diri sendiri. Anda jadi tidak peduli asupan makan, waktu makan, waktu tidur, dll. Bahkan anda tergoda untuk bermalas-malasan, mengurung diri di dalam kamar.

Padahal semestinya anda tidak larut dalam keadaan down. Ingatkan diri sendiri, bahwa tubuh dan jiwa memiliki hak yang mesti dipenuhi. Anda harus tetap berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, minum yang cukup, serta istirahat.

Mengelola keadaan stres di bawah tekanan memang bukan perkara gampang. Namun bukan berarti upaya tersebut mustahil. Take your time.  4 Cara Mengatasi Stres dan Depresi Ketika Berada di Bawah Tekanan. #RD