4 Kode Dari Tubuh Ketika Anda Kurang Olahraga

4 Kode Dari Tubuh Ketika Anda Kurang Olahraga, akibat kekurangan aktivitas gerak (fisik), akibat kekurangan gerak dapat menimbulkan penyakit, manfaat olahraga, dampak negatif tidak olahraga, akibat kurang aktivitas fisik

Image via: hindustantimes.com

Tubuh bisa melakukan protes karena berbagai alasan. Contoh kecilnya ketika menguap dan merasa lelah, maka tubuh sedang memberi kode ‘butuh istirahat’. Perut keroncongan dan badan bergetar juga menjadi pertanda kalau anda lapar atau butuh energi.

Bisa jadi tubuh juga ingin memberitahukan bahwa anda memiliki pola hidup tidak sehat, menghirup udara kotor, memakan makanan yang kurang bergizi, istirahatnya kurang berkualitas, dll. Selain itu, dirilis dari Bobo Grid, tubuh bisa protes karena anda kurang olahraga. Apa saja tanda tersebut?

1. Mudah merasa lemah, letih, lesu, dan lunglai

Universitas Georgia merilis hasil penelitian, yang menyebutkan kalau latihan aerobik seminggu 3x dan berjalan 20 menitan secara rutin, bisa membuat energi jadi meningkat. Jadi meski olahraga itu memberi efek capek, namun energi tak akan mudah anjlok ketika anda melakukan kegiatan.

Olahraga teratur juga bisa meningkatkan mitokondria. Organel sel ini bertugas memproduksi energi dalam sel. Dengan demikian, olahraga membuat tubuh lebih bertenaga. Dampaknya, kinerja sistem peredaran darah juga meningkat. Sehingga daya tahan anda jadi lebih baik.

2. Mudah merasa pegal

Mungkin anda pernah merasakan momen ini. Berdiri sebentar, langsung merasa pegal. Membaca sebentar, pegal. Bahkan ketika anda bangun tidur pun, bukannya merasa bugar, malah menderita pegal-pegal.

Kondisi ini juga bisa menjadi bocoran betapa tubuh anda kurang olahraga. Meski godaan malas datang melanda, jangan ragu untuk menggerak-gerakkan badan. Persendian dan otot justru akan lebih rileks. Akibatnya peredaran darah kembali lancar, dan rasa sakit akibat pegalnya jadi berkurang.

3. Merasa cemas

Singkatnya, cemas adalah perasaan yang tidak tentram. Rasa cemas wajar terjadi jika ada penyebabnya. Namun ada kalanya anda begitu mudah was-was. Segala sesuatunya seakan jadi sumber stres.

Baca :  5 Tanda Stres Dilihat Dari Keadaan Fisik, Mungkin Anda Tidak Menyadarinya

Barangkali tubuh memang sedang ‘teriak’ ingin berolahraga. Rupanya olahraga mampu meningkatkan endorfin. Sebagaimana kita tahu, senyawa kimia ini mampu membuat seseorang jadi lebih senang dan tenang. Apalagi kalau dibarengi dengan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas.

4. Lapar terus

Baru juga makan, namun perut anda seperti cepat lapar lagi. Anda bahkan tak yakin bisa merasa kenyang dan puas. Rupanya fenomena ini bisa jadi masih berhubungan dengan rasa lelah.

Ketika energi menurun, tubuh memproduksi hormon ghrelin lebih banyak. Hormon ini mampu mengirim sinyal ke otak, bahwa tubuh sedang lapar dan nafsu makan sedang meningkat. Karena itu anda selalu merasa butuh makanan. Namun ketika energinya bagus, produktivitas hormon ini bisa terkendali.

Kode-kode tubuh lain, seperti sembelit atau konstipasi, juga bisa jadi datang karena kurangnya olahraga. Rupanya aktivitas yang memunculkan keringat ini bisa melancarkan proses pencernaan. Nah, demikian, 4 Kode Dari Tubuh Ketika Anda Kurang Olahraga. #RD