Home » Kecantikan » 4 Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat di Punggung

4 Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat di Punggung

mencegah dan mengobati jerawat di punggung, cara menghilangkan jerawat punggung dan bekasnya, sabun untuk menghilangkan jerawat di punggung, jerawat di punggung pertanda apa, jerawat punggung parah, obat jerawat di punggung, obat jerawat punggung di apotik, obat jerawat di punggung dan dada

Image via: medicalnewstoday.com

Jerawat tidak identik dengan wajah saja. Jerawat bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti punggung.

Kenapa bisa demikian?

Punggung juga memiliki kelenjar sebasea, sehingga bisa memproduksi minyak atau sebum. Kalau minyak ini bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati, maka pori-pori akan tersumbat, dan jerawat pun bisa tumbuh dengan lebat.

Meski penyebabnya mirip dengan jerawat di wajah, namun pencegahan dan pengobatannya sedikit berbeda. Jerawat di punggung menjadi peringatan kalau kita mesti memerhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini tips pencegahan yang sudah mendapat review medis dari dr. Kevin Adrian via Alodokter. Jom!

1. Setelah Olahraga, Jangan Lupa Mandi

Olahraga memicu timbulnya keringat dan kotoran. Kalau terus didiamkan, tentu potensi jerawat jadi semakin besar. Karenanya, jangan lupa untuk mandi agar kebersihan dan kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Sebisa Mungkin Hindari Pakaian Ketat

Pakaian jenis ini bisa membuat kotoran dan keringat menumpuk di area punggung. Apalagi kalau kita mengenakan pakaian ketat saat olahraga atau beraktivitas fisik. Hal ini sangat tidak direkomendasikan. Sebaiknya pakai saja outfit yang longgar agar kulit bisa bernapas dan kamu pun merasa nyaman.

3. Merawat Kulit dengan Baik

Menjaga agar tubuh tetap bersih memang sangat penting. Termasuk dengan membersihkan kulit pasca berkeringat atau terkena kotoran. Kamu pun mesti memerhatikan kebersihan rambut. Pastikan untuk membilasnya sampai bersih tuntas, dan tak ada bekas sampo.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Ada beberapa orang yang begitu rentan terhadap jerawat. Salah mengkonsumsi saja, jerawat bisa langsung tumbuh. Oleh karenanya, kamu mesti mencoba mengubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

jerawat di punggung, jerawat di punggung pertanda apa, sabun untuk menghilangkan jerawat di punggung, obat jerawat di punggung dan dada, jerawat punggung parah, jerawat di punggung dan lengan

Image via: acner.org

Menghilangkan Jerawat di Punggung

Untuk mengatasi jerawat punggung, ada beberapa rekomendasi yang sudah mendapat review medis dari Hello Sehat Medical Review Team. Jom!

1. Penggunaan Sabun Mandi Khusus

Baca :  Buah Mengkudu untuk Mengobati Radang Usus dan Darah Tinggi

Kalau jerawat punggungnya masih terbilang ringan, kamu bisa mulai mandi dengan sabun yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) atau benzoil peroksida. Penggunaannya setiap hari, namun jangan terlalu kencang ketika menggosoknya.

2. Obat Oles dan Obat yang Diminum

Sebagian dokter mungkin akan memberi resep antibiotik topikal, seperti benzoil peroksida. Obatnya diterapkan sesuai saran dokter, bisa 1-2 kali dalam sehari. Antibiotik ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang mengundang jerawat.

Kalau jerawat punggungnya sudah dikategorikan parah, mungkin kamu akan diberikan obat yang diminum seperti tetrasiklin, doksisiklin, minosiklin, dan eritomisin. Namun obat-obatan ini bisa menurunkan kinerja pil KB.

3. Obat yang Mengandung Accutane/ Isotretinoin

Jika antibiotik topikal belum mempan, maka isotretinoin bisa menjadi opsi lain. Tetapi hati-hati, sebab obat jenis ini memiliki efek samping serius, apalagi bagi ibu hamil. Risikonya bisa mendatangkan cacat lahir. Karena itu, kamu memerlukan pemantauan konstan dari pihak medis.

4. Membersihkan Kulit dengan Lembut

Kamu jangan mengharap bisa menyembuhkan jerawat kalau cara menggosok kulitnya begitu kasar dan keras, apalagi sampai memencetnya. Kebiasaan ini justru akan memperburuk keadaan. Untuk itu, pelan-pelan ketika menggosok atau membersihkan kulit. Meski terbilang sepele, namun upaya ini bisa mendukung penyembuhan jerawat di kulit. Minimal, kamu tidak memperburuk jerawat tersebut.

Agar semakin mantap dan mendapat pengobatan yang sesuai, kamu bisa segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Barangkali jerawat punggungnya bisa melingkupi area yang lebih luas. Bagaimana pun, banyak faktor yang bisa memengaruhi jerawat yang satu ini. Demikian, 4 Tips Mencegah dan Menghilangkan Jerawat di Punggung. #RD