Home » Penyakit » 5 Buah yang Baik untuk Pereda Sakit Maag

5 Buah yang Baik untuk Pereda Sakit Maag

buah maag, jus buah untuk penderita maag, buah untuk lambung perih, buah untuk sakit maag, pantangan makanan sakit maag, buah yang baik untuk lambung luka, sayuran untuk penderita maag, buah pereda maag

Image via: health.com

Gaya hidup jelek dan asupan makanan yang kurang sehat sering menjadi dalang di balik maag. Karenanya, gangguan lambung ini bisa dirasakan oleh semua kalangan. Tak peduli tua atau muda, kaya atau miskin.

Beberapa diantara kita ada yang cocok hanya dengan sekadar mengonsumsi obat maag sederhana. Ada juga yang mesti bolak-balik ke dokter. Namun ternyata, masih ada cara alami yang bisa diandalkan, yakni makan buah-buahan. Tetapi jangan buah sembarangan, ya. Kita coba simak apa saja buah yang direkomendasikan dan sudah mendapat tinjauan medis dari dr. Yusra Firdaus via Hello Sehat.  Jom!

1. Pepaya

Buah yang  termasuk super food ini memang kaya akan serat dan bernutrisi tinggi. Pepaya mengandung vitamin A, B1, B2, serta C. Buah ini juga kaya akan zat besi, magnesium, kalium, sulfur, dan mineral. Semuanya bisa memberi efek nyaman pada lambung. Pencernaan lancar, gejolak maag pun jadi lebih reda. Kamu bisa melahapnya sebelum makan siang dan malam. Selain memakannya langsung, pepaya ini juga bisa dihaluskan dan diberi tambahan berupa yoghurt.

Baca Juga: Abaikan Pahitnya, Daun Pepaya Bisa Menghalau 6 Penyakit Berbahaya!

2. Apel

Buah ini memiliki kombinasi keren berupa pektin dan glisin. Keduanya disinyalir menjadi paduan yang pas untuk meredakan maag. Gangguan-gangguan seperti mulas, mual, dan asam lambung berlebih bisa ditangani dengan buah ini. Caranya juga sangat mudah. Kamu hanya mesti memastikan kalau buah bersih, dan menyantapnya sebelum makan 3 kali sehari.

3. Kelapa

Selain daging, buah ini juga memiliki air yang kaya akan mineral serta senyawa khusus yang memberi sensasi tenang pada sistem cerna. Kelebihan ini memungkinkan kelapa untuk menghilangkan radikal beracun. Airnya juga mencegah terjadi peradangan dalam lambung. Suhu tubuh pun cenderung jadi lebih terjaga. untuk membuktikan khasiatnya, para penderita maag bisa mencoba mengonsumsi satu buah air kelapa setiap hari. Lakukan selama 2 pekan berturut-turut.

4. Buah pisang

Ini dia buah murah meriah yang kaya akan manfaat. Pisang menjadi salah-satu buah dengan kadar serat yang sangat tinggi. Sebaliknya, protein dan lemaknya justru rendah. Buah ini juga bisa menjadi sumber energi yang baik, dan mengandung efek pencahar yang cukup.

Khusus untuk penderita maag, kamu bisa memilih pisang yang berwarna kuning terang atau yang benar-benar matang. Segera masukkan buah ini dalam daftar menu sarapan sehari-hari.

5. Buah Peach atau Persik

Selain pepaya, buah lain yang baik untuk pencernaan yaitu persik. Buah rasa manis ini juga memiliki efek diuretik dan pencahar. Di dalamnya terkandung vitamin A, C, dan E. Lalu ada mineral seperti kalium, magnesium, dan fosfor. Semua kandungan itu bisa mencegah kanker pada sistem pencernaan sekaligus menjadi pelindung bagi imunitas tubuh.

Tak hanya mudah dicerna, buah persik juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga ramah di perut. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau meracik obat sendiri. Rebus daging dan daun buah ini, lalu minum sebanyak 2-3 cangkir setiap harinya. Demikian, 5 Buah yang Baik untuk Pereda Sakit Maag. #RD