Home » Kecantikan » 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah dan Bisa Dikerjakan di Rumah

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah dan Bisa Dikerjakan di Rumah

memutihkan gigi, memutihkan gigi dengan baking soda, memutihkan gigi secara alami, memutihkan gigi dengan stroberi, memutihkan gigi oil pulling, oil pulling adalah

via: now.uiowa.edu

Siapa yang tak ingin memiliki gigi putih bersih?

Kamu akan lebih percaya diri ketika berbicara atau tersenyum. Kamu juga akan menyempurnakan penampilanmu. Tetapi untuk memeroleh atau mempertahankan gigi putih memang susah-susah gampang. Meski sudah sikat gigi secara teratur, warna gigi tetap saja menguning.

Bicara tentang memutihkan gigi, kamu dihadapkan pada beberapa cara. Entah itu menggunakan pemutih gigi, melakukan teeth bleaching treatment, serta memanfaatkan bahan dan cara alami yang bisa dikerjakan di rumah sendiri. Nah, jalan terakhir memang sangat menggiurkan. Selain natural, ongkosnya pun tak begitu mahal.

Bahan alami apa saja yang bisa memutihkan gigi dan bagaimana kinerjanya? Jom!

1. Baking Soda

baking soda, memutihkan gigi, memutihkan gigi dengan baking soda, memutihkan gigi secara alami, cara memutihkan gigi dengan soda

Via: myilifestyle.com

Dirilis Healthline, baking soda memiliki sifat pemutihan yang alami, membantu membersihkan noda, dan mencegah tumbuhnya bakteri. Beberapa studi merilis efek signifikan dari pasta gigi yang disertai baking soda. Plak dan noda kuning jadi mudah dibersihkan.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok makan air. Gunakan campurkan tersebut untuk menyikat gigi selama beberapa kali dalam seminggu, tak perlu berlebihan.

2. Cuka Sari Apel

cuka sari apel, apple cider vinegar, memutihkan gigi, memutihkan gigi dengan cuka sari apel, cara memutihkan gigi secara alami dengan cuka sari apel

Via: womendailymagazine.com

Bahan yang satu ini kerap digunakan sebagai produk pembersih dan disinfektan alami. salah-satu kandungan andalannya, asam asetat, sangat ampuh membasmi bakteri. Selain itu, studi juga sudah berani mengklaim kalau cuka apel ini berpengaruh positif terhadap proses pemutihan gigi.

Kamu tinggal mengencerkannya dengan air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Namun jika terlalu sering melakukannya, asam asetat pada cuka apel ini bisa mengikis enamel gigi. Atur saja waktu atau durasi penggunaannya.

3. Stroberi

stroberi, memutihkan gigi, memutihkan gigi dengan stroberi, cara memutihkan gigi secara alami dengan stroberi, pasta gigi stroberi

Via: enews.sg

Bahan dan cara alami lain untuk memutihkan gigi yakni dengan mengkolaborasikan baking soda dan buah stroberi. Orang-orang yang melakukan teknik ini mengklaim, baking soda akan berperan untuk menghilangkan noda. Sedangkan kandungan asam malat pada stroberi bisa menghilangkan perubahan warna pada gigi.

Baca :  9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dari Mencegah Kanker Sampai Anti-Aging

Caranya cukup mudah. Campurkan stroberi segar dengan baking soda, lalu gunakan untuk menyikat gigi. Namun sama seperti cuka apel, penggunaan yang terlalu sering bisa mengancam enamel gigi.

4. Nanas

nanas, memutihkan gigi, memutihkan gigi dengan nanas, cara memutihkan gigi secara alami dengan nanas, pasta gigi nanas

Via: mnn.com

Pada buah ini terdapat enzim yang dinamakan bromelain. Ada sebuah studi yang menyebutkan kalau enzim tersebut lebih manjur menghilangkan noda gigi dari pasta gigi standard. Hal ini menjadi landasan penggunaan nanas untuk memutihkan gigi. Namun belum ada uji klinis yang menyatakan kalau buah kuning ini mampu menghasilkan efek yang sama pada gigi. Tapi apa salahnya mencoba?

5. Coba Teknik Oil Pulling

oil pulling, oil pulling adalah, memutihkan gigi, memutihkan gigi dengan teknik oil pulling, cara memutihkan gigi secara alami dengan oil pulling, berkumur dengan minyak nabati, berkumur dengan minyak kelapa, manfaat oil pulling

via: onegoodthingbyjillee.com

Bagi yang belum familiar, oil pulling adalah proses berkumur selama 15-20 menitan dengan minyak nabati, entah itu zaitun atau pun minyak kelapa. Orang-orang Indian memanfaatkan teknik alami ini untuk membuang racun tubuh dan membersihkan  mulut dari bakteri.

Memang, belum ada studi ilmiah mengenai gigi putih dan oil pulling. Hanya saja, karena caranya alami dan relatif aman, trik ini patut dicoba juga. Kandungannya juga tidak berisiko mengikis email, jadinya cara ini bisa dilakukan setiap hari. Lebih lagi banyak yang sudah mencoba membuktikannya.

Sudah naluri kita untuk menginginkan hasil terbaik dengan jalan tercepat dan biaya termurah, atau bahkan gratisan. Tetapi bagi yang memiliki masalah pada gigi, misalnya sensitif, silakan pertimbangkan dan konsultasikan dulu ke dokter. Demikian, 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah dan Bisa Dikerjakan di Rumah. #RD