Home » Kesehatan » 5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Berdampak Besar Bagi Kesehatan Fisik Seseorang

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Berdampak Besar Bagi Kesehatan Fisik Seseorang

kebiasaan kecil yang berdampak besar, kebiasaan kecil yang menyehatkan, hal kecil yang sangat bermanfaat, kebiasaan kecil yang bikin sehat, kebiasaan sepele yang menyehatkan

via: scmp.com

Langkah kecil dan pelan yang dilakukan secara kontinyu bisa mengantarkan kamu ke tempat yang jauh. Syaratnya, kamu harus konsisten untuk melangkah dan tak mengubah arah. Dengan demikian, waktu pasti akan membawamu ke spot yang dituju.

Berubah drastis atau mulai menjalani suatu kebiasaan itu mudah saja untuk jangka pendek. Namun kita pasti menghadapi kesulitan besar ketika berusaha konsisten. Dilansir dari Lifehack, Director of the Persuasive Tech Lab Standford bernama BJ Fogg menyatakan kalau habit atau kebiasaan kecil yang berpengaruh besar itu bisa dilakukan dan dilanggengkan. Perlu niat, kemauan, dan motivasi yang cukup kuat.

Berikut ini 5 kebiasaan, yang mungkin dirasa sepele, tetapi ternyata mendatangkan pengaruh yang besar bagi kesehatan fisik. Apa saja kebiasaan tersebut? Jom!

1. Bangun Tidur, Langsung Meminum Air Mineral

Karena sibuk dengan aktivitas sehari-hari, kamu kadang lalai dan tidak memenuhi kebutuhan air untuk menyokong sistem rumit yang berjalan dalam tubuh. Kamu mengabaikan air mineral biasa, dan lebih memprioritaskan minuman yang lebih menggoda seperti kopi, soda, teh, dll. Untuk membantu kinerja badan, upayakan agar kamu menyiapkan segelas besar air putih di atas meja, dipan, atau area dekat tempat tidur.

Biarkan airnya mendingin secara alami. Begitu bangun tidur, kamu bisa segera berdoa dan meneguknya. Bagi pemula, kebiasaan ini mungkin bikin mual. Tetapi lama-lama kamu akan merasakan sensasi segar. Air yang mengalir akan siap menyemangati sistem tubuh, menyiram racun, dan tentu saja membuat kamu ‘benar-benar bangun’.

2. Parkirkan Kendaraan di Area yang Jauh Dari Pintu

Gaya hidup zaman sekarang memang mengkhawatirkan. Orang jadi malas bergerak dan berjalan kaki. Jarak dekat saja sudah ingin menggunakan motor, mobil, atau angkutan umum. Meskipun kamu jadi tak capek dan perjalanan yang ditempuh jadi cepat, rupanya kebiasaan tersebut menjadi investasi yang buruk bagi kesehatan.

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, pilih spot parkir yang jauh dari pintu menuju tempat kerja, beraktivitas, atau sekolah. Beri waktu untuk berolahraga murah-meriah, yakni jalan kaki. Jika kamu pengguna transportasi umum pun demikian. Siasati jarak agar ada peluang untuk berolahraga. Menyehatkan, bukan?

3. Setiap Makan, Lahap Sayur atau Buah Mentah

Baca :  8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Ternyata Jadi Anti Depresi Juga!

Sebaiknya kamu tidak terlalu jatuh hati pada buah atau sayur olahan. Usahakan untuk lebih melahap yang mentahnya juga, khususnya tiap kali kamu makan. Misalnya irisan mentimun, tomat, wortel, potongan nanas, mangga, melon, dll. Selain lebih bernutrisi, makanan alami ini juga lebih berserat, menunda lapar, mempertahankan energi, dll.

4. Luangkan Waktu untuk Berdiri dan Melakukan Peregangan

Poin ini ditujukan khusus bagi kamu yang lebih banyak duduk. Sebut saja pelajar, blogger, penulis, software developer, manager, dll. Terlalu banyak duduk memang kurang baik, khususnya bagi otak dan tubuh itu sendiri.

Seyogyanya kamu meluangkan waktu demi mengistirahatkan fisik dan mental. Segera berdiri, tarik napas panjang, dan lakukan peregangan. Misalnya dengan menggerakkan kepala, memutar bahu, atau menyentuh ujung-ujung kaki.

5. Siap Sedia Snack Sehat

Kalau tidak makan apapun di waktu yang cukup lama, otomatis perutmu akan lapar sampai melilit dan keroncongan. Begitu melihat makanan, kamu kadang lupa diri dan melahap apa saja. Tak peduli dengan prediksi kandungan lemak atau kalorinya. Yang penting kenyang!

Kondisi tersebut memang bikin acara makanmu jadi lezat dan penuh nafsu. Namun tentu saja hal tersebut kurang baik, mengingat kamu jadi tak bijak mengira-ngira asupan makanan yang ada. Untuk mensiasatinya, kamu bisa menyediakan snack sehat di tas atau saku. Pilih saja buah-buahan, kacang, biskuit gandum, crackers, dll. Aneka snack ini bisa menjadi sumber protein yang meredam rasa lapar, membentuk otot, dan meningkatkan metabolisme tubuhmu. Kamu juga akan terhindar dari nafsu besar begitu menyantap makanan berat.

Nah, ke-lima kebiasaan di atas terkesan ringan, ya. Bisa dijalankan secara konsisten, ‘kan? Demi kebaikan kamu juga, lho! 5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Berdampak Besar Bagi Kesehatan Fisik Seseorang. #RD