Home » Makanan » 5 Rekomendasi Makanan Setelah Sakit Perut Akibat Keracunan

5 Rekomendasi Makanan Setelah Sakit Perut Akibat Keracunan

makanan setelah sakit perut karena keracunan, perawatan keracunan makanan, air kelapa untuk keracunan makanan, pertolongan pada keracunan makanan, penanganan keracunan makanan, penyebab keracunan makanan

Image via: bbc.com

Sakit perut akibat keracunan datang dari makanan yang sudah tercemar parasit atau bakteri. Penyebab, kenapa makanan tersebut tidak sehat memang beragam. Bisa jadi karena tidak higienis, bahan makannya tidak sehat, atau makanan tersebut sudah rusak/ kedaluwarsa.

Tanda sakit perut akibat keracunan adalah diare, muntah-muntah, lesu, demam, dan sakit kepala. Jika sudah begini, anda perlu perawatan terbaik. Selain itu, hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Pilih yang dinilai sehat dan baik untuk tubuh.

Berikut ini rekomendasi makanan setelah sakit perut akibat keracunan:

1. Sayur Rebus

sayur rebus, sayur rebus sehat, sayur rebus untuk diet, sayur rebus untuk keracunan, sayur rebus sederhana

Image via: TheHealthSite.com

Sayuran adalah makanan sehat. Cara pengolahan yang baik bisa mempertahankan kandungan gizinya. Konsumsilah sayuran rebus yang sudah dibumbui sedikit. Trik ini bisa menggantikan nutrisi yang sempat terbuang.

2. Minuman Pilihan

air kelapa, air kelapa untuk keracunan makanan, obat keracunan makanan, apakah air kelapa bisa menetralkan obat

Image via: Healthline.com

Gejala keracunan membuat anda dehidrasi. Tubuh jadi kekurangan cairan. Untuk mensiasatinya, anda bisa meminum minuman sehat seperti air mineral, air kelapa hijau, jus buah segar, jus lemon yang diberi sedikit gula, dan air garam. Selain mengurangi sensasi busuk pada mulut akibat muntah-muntah, minuman ini juga meredakan dehidrasi.

3. Buah-buahan

Buah selalu menjadi rekomendasi terbaik. Selain rasanya enak, efeknya juga sehat. Namun makan saja dalam porsi kecil. Adapun buah yang bisa anda pilih yaitu pepaya, pisang, pir, dan apel.

4. Sup Ayam

Beruntunglah kalau anda memfavoritkan sup ayam. Tak hanya kaya gizi, sup ini juga memiliki sifat obat. Tubuh yang melemah karena keracunan bisa pulih secara perlahan.

5. Yogurt

Susu yang terbuat dari fermentasi bakteri ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Sebagian besar menyukainya. Selain lezat, yogurt juga bermanfaat. Apalagi ketika mengalami gangguan perut, yogurt bisa sangat membantu.

Baca :  Makanan Pantangan dan Anjuran Untuk Penderita Ambeien atau Wasir

Sebagai sumber nutrisi dan tenaga, kita memang membutuhkan makanan. Namun bahan tersebut bukan tak mungkin justru menjadi racun. Karena itu, jaga makanan kita. Jaga juga pola makannya.

Aktivitas makan bukan tentang mengisi perut dan kenyang, melainkan memeroleh faedahnya juga. Demikian, 5 Rekomendasi Makanan Setelah Sakit Perut Akibat Keracunan. #RD