Home » Parenting » 5 Syarat dan Ketentuan Berlaku Jika Orang Tua Ingin Memberikan Camilan Pada Balita

5 Syarat dan Ketentuan Berlaku Jika Orang Tua Ingin Memberikan Camilan Pada Balita

camilan sehat untuk anak, cemilan sehat untuk anak 1 tahun, resep cemilan sehat untuk anak sekolah, resep cemilan sehat untuk anak 2 tahun, resep camilan sehat dan praktis, cemilan sehat murah, camilan sehat untuk anak 3 tahun

Image via: coiffure-beauty.com

Kehadiran junk food atau fast food yang lezat memang jadi godaan tersendiri. Tak hanya bagi orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Apalagi ditambah dengan penampilannya yang menggoda, harganya murah, dan bisa ditemukan dengan mudah.

Namun sebagai orang tua, hendaknya anda memerhatikan asupan makanan anak. Tak terkecuali camilannya. Boleh saja mereka ngemil, namun pastikan anda tahu aturan mainnya, sebagaimana yang sudah diulas oleh Hello Sehat. Nah berikut ini 5 hal yang patut anda ingat ketika memberikan camilan bagi si kecil. Jom!

1. Prioritaskan Camilan Segar, Bukan yang Kemasan

Camilan kemasan tak jauh dari zat pengawet, pewarna, pemanis, MSG, dan lemak jahat. Sebaliknya, camilan segar biasanya kaya akan nutrisi seperti vitamin, serat, mineral, dan protein. Ada baiknya anda memerhatikan tempat jajan, kantin, atau snack yang disediakan tempat penitipan anak. Kalau kurang setuju dengan sajian mereka, sebaiknya bekali camilan dari rumah.

2. Camilan Buatan Sendiri

Tak ada maksud untuk negative thinking, namun agar lebih yakin, anda bisa membuat camilan sendiri yang lebih sehat. Tak perlu kompleks. Anda bisa memilih camilan sederhana seperti potongan buah segar, parutan keju, crackers gandum utuh, atau pun mufffin mini.

Baca Juga: 21 Ide Kudapan Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes

syarat camilan sehat untuk anak, snack sehat untuk anak, resep cemilan sehat untuk anak 2 tahun, merk snack sehat untuk anak, resep cemilan sehat untuk anak sekolah, snack sehat di supermarket, resep camilan sehat dan praktis

Image via: herfamily.ie

3. Camilan Pilihan Si Kecil

Terkadang ada orang tua yang kerap mendikte anaknya, termasuk soal camilannya sendiri. Padahal kita mesti mengajar kemampuan pengendalian diri bagi sang anak. Salah-satu trik yang bisa dipakai yaitu memilih dan memutuskan snack-nya sendiri. Kalau pilihannya jatuh pada makanan yang kurang tepat, barulah anda beri opsi menu yang lebih baik.

Baca :  8 Alergi Makanan Paling Biasa dan Paling Tak Biasa, Kapan Harus Dibawa Ke Dokter?

4. Jangan Memaksa

Ketika anda hendak menyuapkan wortel, namun sang anak enggan, jangan memaksanya untuk melahap sayur itu. Kadang-kadang anak memerlukan waktu untuk beradaptasi mengonsumsi suatu makanan. Anda bisa kenalkan sedikit demi sedikit, menggabungkannya dengan makanan kesukaan anak, atau mengkreasikan bentuknya agar lebih menarik.

5. Awas Terlalu Manis

Seringkali makanan manis dijadikan ‘sogokan’ atau mendapat posisi yang istimewa. Misalnya anak berhasil mengerjakan PR, maka hadiahnya permen. Atau anak dibuatkan kue khusus ketika ulang tahun. Bisa jadi, kebiasaan ini akan membuat kecintaan anak pada makanan manis semakin menjadi. Mereka juga bisa berpikir kalau makanan manis itu memang spesial dan lebih baik. Sesekali tak apa. Tetapi kalau tak terkontrol, ancaman obesitas akan terus mengintai. Demikian, 5 Syarat dan Ketentuan Berlaku Jika Orang Tua Ingin Memberikan Camilan Pada Balita. #RD