5 Tanda Stres Dilihat Dari Keadaan Fisik, Mungkin Anda Tidak Menyadarinya

gejala stres bisa dilihat dari mulut, gejala stress pada wanita, gejala stres tingkat tinggi, ciri orang stres atau gila, ciri ciri stress pada remaja, penyebab stress

Image via: news.mit.edu

Stres adalah gangguan mental yang normal dirasakan manusia hidup. Stres datang karena tekanan. Entah itu dari diri sendiri, orang lain, usaha atau pekerjaan, serta lingkungan sekitar.

Meski stres itu wajar terjadi, namun anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Tidak perlu pura-pura semua baik-baik saja. Stres yang dibiarkan akan berkembang, dan bisa mengundang gangguan kejiwaan lain yang lebih parah.

Perlu kepekaan untuk mendeteksi, apakah selama ini anda memang merasa stres, namun tidak menyadari atau enggan mengakuinya.

Rupanya keadaan fisik bisa menjadi bocoran tingkat stres yang dialami. Berikut ini 5 tanda stres dilihat dari keadaan fisik anda:

Keadaan Fisik Tingkat 1

Contohnya ketika anda gemetar karena gugup hendak berbicara di depan umum, berhadapan dengan calon mertua, wawancara, dll. Stresnya tahap ini masih relatif ringan dan bisa anda atasi. Misalnya dengan menarik napas dalam-dalam, datang ke tempat lebih awal, melakukan pep talk, dll.

Lagipula, stres tingkat 1 ini tidak memengaruhi aktivitas. Anda masih bisa tidur nyenyak, nafsu makan masih normal, semangat untuk bekerja masih ada, dll.

Keadaan Fisik Tingkat 2

Rasa stres yang terasa seakan naik level. Anda merasa jantung berdebar tak keruan, badan lemah, otot menegang sampai terasa nyeri, dll. Keadaan ini bahkan bisa mengganggu aktivitas, sehingga anda tidak bisa melakukan kegiatan dengan maksimal.

Keadaan ini biasanya terjadi karena pemicu yang cenderung berat. Misalnya anda kehilangan orang tersayang, menerima penolakan, hewan peliharaan meninggal, dll. Alhasil aneka emosi akan bermunculan. Entah itu sedih, marah, frustrasi, menyesal, dll.

Keadaan Fisik Tingkat 3

Penderita stres ini biasanya akan mulai sulit tidur, asam lambung naik, pencernaan terganggu, buang besar dan kecil jadi tak teratur, dll. Intinya, fungsi tubuh jelas terusik. Keadaan ini diakibatkan ketidakmampuan anda untuk mengatasi emosi negatif yang terus bertumpuk.

Baca :  4 Ancaman Kesehatan Fisik dan Mental yang Dihadapi Generasi Milenial

Keadaan Fisik Tingkat 4

Biasanya level ini masuk kategori ‘kritis’. Betapa tidak, konsentrasi anda buyar. Fungsi kognitif pun ikut terganggu. Emosi negatif bermunculan, bahkan tanpa anda sadari.

Biasanya sang penderita akan mulai menunjukkan gejala depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, takut, panik, dll. Bahkan jika sudah sampai pada titik yang parah, penderita bisa memiliki pikiran untuk mengakhiri hidup – dengan asumsi agar stresnya juga ikut berakhir.

Keadaan Fisik Tingkat 5

Kalau sampai pada tahap ini, kondisi stres anda tidak kunjung membaik. Di level ini, anda akan mengisolasi diri dari kehidupan sosial. Anda juga mungkin akan menderita kesakitan sepanjang harinya, sehingga apa pun aktivitas anda tidak akan berjalan lancar.

Pengobatan stres yang sangat parah biasanya memakan waktu. Penderitanya akan merasa putus harapan, merasa tidak berguna untuk bertahan, bahkan yakin kalau kondisinya tidak akan pulih.

Pembiaran pada stres akan memunculkan gejala psikosomatik, yakni gejala fisik yang datang karena kejiwaan pasien terus terganggu. Misalnya ketika stres menyerang, anda akan langsung merasa sakit punggung, sakit perut, nyeri di kepala, dll. Keluhan tersebut tentu akan menjengkelkan kalau sampai mengusik aktivitas sehari-hari anda.

Di saat seperti ini, penderita jelas mesti menggandeng bantuan psikolog atau spesialis kejiwaan. Demikian, 5 Tanda Stres Dilihat Dari Keadaan Fisik, Mungkin Anda Tidak Menyadarinya. #RD