Home » Parenting » 5 Tips Orang Tua Mendidik Anak Agar Suka Olahraga

5 Tips Orang Tua Mendidik Anak Agar Suka Olahraga

5 Tips Orang Tua Mendidik Anak Agar Suka Olahraga, cara mengajari anak belajar usia 4 tahun, cara mendidik anak yang malas belajar, cara mengatasi anak susah belajar, metode belajar anak

Image via: cheatsheet.com

Di zaman now, anak mulai malas melakukan aktivitas fisik, termasuk olahraga. Bahkan kegiatan bermain mereka sudah tersaingi dengan gadget. Tak heran kalau anda lebih sering melihat anak-anak yang tiduran sambil memijit atau sekadar menonton layar smartphone.

Di satu sisi, mereka memang jadi betah di rumah atau ruangan yang nyaman. Namun di sisi lain, mereka justru miskin gerak. Padahal membiasakan anak untuk bermain di luar atau berolahraga bisa mendatangkan faedah besar. Mereka tak hanya sehat, melainkan berkembang secara sosial. Kalau sudah malas sejak dini, kemungkinan setelah besar, mereka akan tetap ogah-ogahan.

Nah, berikuti ini upaya yang bisa dilakukan orang tua agar buah hati mereka senang olahraga. Jom!

1. Biasakan Anak Aktif

Energi anak memang besar, sehingga wajar jika disalurkan pada aktivitas menyenangkan ala mereka. Misalnya berjalan atau berlarian ke sana-kemari, baik di dalam maupun luar rumah. Biarkan saja. Jangan sampai terlalu sering menggendong mereka.

2. Menjadi Model Olahraga

Orang bilang, anak adalah peniru yang baik. Karena itu, anda pun mesti menjadi teladan bagi mereka. Orang tua bisa melakukan olahraga bersama sebagai rutinitas. Lebih baik dilakukan setiap hari, misalnya pagi atau sore hari. Entah itu sekadar joging, bermain bola, bersepeda, renang, nge-gym ringan, bermain di lapangan, dsb. Agar lebih bervariasi dan fun, anda bisa mengatur jadwal untuk melakukan perjalanan ke alam bebas.

3. Aneka Olahraga

Hanya karena anda penyuka voli, bukan berarti anak anda mesti bermain voli saja. Berikan kesempatan seluas mungkin pada mereka untuk mencoba aneka olahraga. Dengan demikian, mereka bisa mengembangkan keterampilan fisik mereka. Selain itu, mereka juga mulai bisa menyeleksi cabang olahraga mana yang disenangi. Lagipula, olahraga akan jadi kegiatan menyebalkan jika dilakukan karena paksaan. Sebaliknya, olahraga bisa menjadi obat dan hiburan apabila dikerjakan penuh semangat.

Baca :  Alasan Kenapa Pisang Jadi Pilihan Lebih Baik Ketimbang Sport Drink

4. Memilih Tempat Pas

Cerita akan sedikit berbeda jika anda dan pasangan tak bisa terus-menerus menemani anak berolahraga. Anda mungkin tak memiliki pilihan lain selain menitipkan mereka ke tempat penitipan anak atau saudara sendiri. Namun pastikan tempat tersebut menyajikan serangkaian kegiatan fisik. Anda juga bisa ikut memilih ekstrakurikuler apa yang tepat untuk tumbuh-kembangnya. Itu pun dengan catatan, kalau anak juga menyukai pilihan orang tua. Jangan pernah memaksakan kehendak.

5. Memberikan Apresiasi

Semangat pada anak bisa hadir karena berbagai hal. Sebut saja pujian, dukungan, dan  apresiasi. Biarkan mereka merasakan kalau anda memang memberikan dukungan penuh. Namun usahakan untuk tidak mematok target tertentu, misalnya harus pandai memanah agar bisa memenangkan kompetisinya. Jangan sampai anak tertekan dan stres. Sebaliknya, bikin anak menikmati apa pun kegiatannya.

Pastikan anda juga terus menanamkan pemahaman kalau olahraga itu memang baik untuk diri anak sendiri. Bukan bermaksud membuat anak jadi capek, berkeringat, panas, dan merasa resek. Demikian, 5 Tips Orang Tua Mendidik Anak Agar Suka Olahraga. #RD