Home » Kesehatan » 5 Tips Sederhana Mencegah Stres Ketika Jagoan Piala Dunia Kalah

5 Tips Sederhana Mencegah Stres Ketika Jagoan Piala Dunia Kalah

mencegah stres para fans sepak bola, latihan mental sepak bola, stres bola kalah, stres piala dunia kalah, mental pemain sepak bola, cara meningkatkan mental bertanding

Image via: istockphoto.com

Meski Indonesia bukan peserta World Cup, namun para pencinta sepak bola tanah air pasti memiliki satu atau beberapa negara yang dijagokan menang. Anda sendiri mendukung negara apa? Argentina? Belgia? Brazil? Jerman? Atau para kambing hitam yang siap menciptakan kejutan?

Bukan hal aneh ketika tim favorit kalah, anda akan merasa bad mood bahkan sampai stres. Apalagi kalau kekalahan itu datang dari arah tak tertuga. Anda bisa tertekan dan tersiksa sendiri.

Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan

stres bagi kesehatan, akibat stres pada wanita, dampak psikologis stress, stres dan kesehatan, akibat stress dan banyak pikiran, dampak stres, stress mempengaruhi kesehatan, dampak stress berlebihan

Image via: careeradvisor.asia

Dari penjelasan dr. Theresia Rina Yunita (Klikdokter), stres dinyatakan sebagai reaksi fisik dan mental dari sebuah pengalaman, entah itu baik atau pun buruk. Ada sejumlah hormon yang lepas dari tubuh. Laju pernapasan dan detak jantung pun jadi lebih kencang. Jika stres terjadi berulang-ulang, efek buruknya bagi kesehatan bisa berdatangan, diantaranya:

  • Diabetes Melitus

Ketika stres, hati meningkatkan energi dengan cara menghasilkan sejumlah gula darah. Jika energinya tak dihabiskan, tubuh akan menyerap gula darahnya kembali. Kalau terus-terusan begini, risiko diabetes mellitus tipe 2 bisa meninggi.

  • Gangguan saluran cerna

Stres memicu laju napas, degup jantung, dan kadar hormon. Sistem pencernaan bisa kewalahan. Anda pun berisiko merasakan refluks asam lambung. Akibatnya anda bisa merasa sakit perut, mual, dan muntah.

  • Masalah otot

Jika stres terjadi, otot akan terus kontraksi. Kalau keseringan, otot bisa kelelahan karena tak ada waktu untuk rehat. Bukan tak mungkin anda pun akan mengeluhkan nyeri di punggung atau bahu, sakit kepala, dan sensasi pegal-pegal.

  • Penurunan fungsi seksualitas

Sering kedatangan stres bisa memengaruhi gairah seksual. Kalau pada perempuan, stres juga bisa mengusik siklus haid.

  • Sistem kekebalan tubuh melemah

Stres mampu melemahkan imunitas tubuh. Momen itu tentu tak disia-siakan oleh virus, bakteri, dan mikroorganisme lain untuk beraksi.

Tips Praktis Mencegah Stres Ketika Tim Favorit Kalah di Piala Dunia

mencegah stres, cara mengobati stres pikiran, cara menghilangkan stress dengan cepat, cara menghilangkan stres bola, cara mengatasi stres dan depresi

Image via: yourtango.com

Anda sebenarnya sadar, tak semua hal bisa dikontrol, termasuk menang-kalahnya tim yang didukung. Karena itu, tak perlu merasa terbebani ketika negara favorit anda mesti hengkang duluan karena tidak lolos. Namun ketika baper karena kekalahan, ada beberapa hal sederhana yang bisa anda upayakan.

Baca :  9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dari Mencegah Kanker Sampai Anti-Aging

1. Dengarkan musik

Pastikan anda tidak memainkan playlist yang mengundang kegalauan. Pilih lagu-lagu kesukaan. Dengar dan simak secara seksama agar anda bisa menikmatinya. Pastikan suasana hati anda jadi lebih baikan.

2. Lakukan hobi

Mood mudah terusik. Ketika mood berantakan, anda bisa menyibukkan diri dengan kegiatan kesukaan atau menekuni hobi. Biasanya waktu berjam-jam pun jadi tak terasa.

3. Meditasi

Kalangan bukan pencinta bola mungkin akan menganggap anda lebay atau berlebihan. Namun kondisi stres pasca tim kesayangan kalah itu memang nyata adanya. Ketika berbagai upaya sudah dilakukan, anda bisa menepi ke tempat tenang nan sunyi. Silakan tutup mata dan tarik napas dalam-dalam, lalu lepaskan sepuas mungkin.

Pastikan anda mengeluarkan semua aura negatif yang bercokol dalam hati dan pikiran. Pastikan untuk mengalihkan rasa negatif pada hal-hal positif. Teruslah belajar beradaptasi untuk menerima kenyataan pahit yang tak sesuai harapan.

4. Olahraga

Aktivitas fisik ini tak hanya disarankan demi kesehatan fisik, melainkan mental juga. Ketika olahraga, hormon endorphin yang memicu rasa puas dan bahagia jadi menguar. Anda pasti akan merasa baikan.

5. Konsumsi makanan-makanan Tertentu

Makanan baik dan halal bisa mencegah sensasi stres. Beberapa sajian yang bisa anda santap meliputi pepaya, alpukat, ikan salmon, labu beserta biji, kacang almond, dan teh peppermint. Namun anda mesti bijaksana dengan memerhatikan porsinya, jangan sampai berlebihan.

Pada dasarnya, kalah dan menang dalam kompetisi itu wajar, bukan? Lumrah juga bagi anda untuk melakukan euphoria karena kemenangan atau justru sedih karena kekalahan. Yang terpenting kendalikan reaksi dan jangan sampai berlarut-larut, ya.  5 Tips Sederhana Mencegah Stres Ketika Jagoan Piala Dunia Kalah. #RD