Home » Kesehatan » 6 Cara Sederhana agar Di Rumah Tidak Ada Nyamuk

6 Cara Sederhana agar Di Rumah Tidak Ada Nyamuk

Nyamuk memiliki kurang-lebih 3.500 spesies. Tidak semua spesies menggigit dan menghisap. Hanya nyamuk betina saja yang menjadi ‘vampir kecil’ demi kebutuhan reproduksinya. Demikian info yang sempat dibagikan oleh Scjohnson.com.

Hewan ini memiliki kemungkinan untuk tinggal di berbagai tempat atau spot. Salah-satunya yaitu rumah kita sendiri. Kalau mereka sudah hadir, tentu kenyamanan penghuni rumah jadi terusik. Dampaknya sendiri tak hanya bentol atau gatal-gatal. Kita tak pernah tahu kalau nyamuk tersebut bisa menularkan penyakit berbahaya.

Dilansir dari Rumah.com, berikut ini cara agar tak ada nyamuk di antara kita. Jom!

Menanam Tanaman Anti Nyamuk

tanaman anti nyamuk, tanaman anti nyamuk dalam ruangan, tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, tanaman citronella

Via: fast-growing-trees.com

Nyamuk cenderung benci akan tanaman-tanaman tertentu, khususnya yang mengeluarkan aroma kuat. Well, nyamuk memang tidak suka wewangian. Tetapi kita bisa menggunakan alternatif pengharum yang lebih aman, yakni berupa tanaman. Sebut saja citronella, marigolds, horsemint, catnip, dan ageratum. Kalau tak ada, barulah kita bisa memanfaatkan pengharum ruangan.

Baca :  8 Manfaat dan Cara Mengolah Daun Kelor

Pakai Pakaian yang Tertutup dan Melindungi

Mau di dalam atau di luar rumah, sebaiknya kita mengenakan pakaian yang nyaman dan melindungi tubuh. Kalau pun cuacanya panas, kita bisa memilih bahan yang nyaman dan menyerap keringat, misalnya saja kaus. Demikian juga dengan warnanya, jangan sampai memilih yang gelap seperti hitam.

Gunakan Produk Anti Nyamuk

cara agar rumah tidak ada nyamuk, cara agar rumah tidak ada nyamuk, cara agar rumah bebas dari nyamuk, cara mengatasi nyamuk dalam kamar, cara agar tidak digigit nyamuk saat tidur, penyebab banyak nyamuk dalam rumah

Via: betterhealth.vic.gov.au

Zaman sekarang sudah banyak produk spray atau lotion penangkal nyamuk. Produk tersebut bisa manjur lantaran memiliki bahan aktif seperti picardin, DEET (N, N-Diethyl-meta-toluamide), OLE alias minyak esensial yang dihasilkan dari eukaliptus lemon. Namun pastikan kalau produk yang digunakan itu aman bagi kulit sensitif, atau pun kulit anak.

Ada juga yang memilih sticker atau gelang anti nyamuk. Produk ini menjadi opsi bagus bagi bayi dan anak-anak. Namun lagi-lagi kita harus jeli, memastikan kalau bahannya itu aman dan alami.

Baca :  5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah dan Bisa Dikerjakan di Rumah

Kipas Angin

American Mosquito Control Association (AMCA) melakukan riset dan mengumumkan hasilnya. Mereka mengklaim kalau nyamuk dan serangga lain bisa menjauh karena ‘terusir’ oleh kipas angin.

Lilin Aromaterapi

Sudah disebutkan sebelumnya kalau nyamuk tidak suka segala jenis aroma harum. Termasuk juga bau yang ditimbulkan oleh lilin aromaterapi. Jadi kita pun bisa merasakan khasiat dobel dari lilin ini. Tak hanya untuk mengharumkan ruangan, melainkan juga menghalangi pergerakan nyamuk.

Waspada Genangan Air di Rumah

Nyamuk cukup produktif. Mereka bisa meletakkan sebanyak 300-an telur tiap kali berkembang-biak. Adapun tempat favorit untuk meletakkan telur-telur itu yakni pada air yang menggenang, bahkan ketika air itu hanya setinggi 1 inci. Karenanya, lebih baik kita peka pada air yang menggenang. Kalau ada wadah-wadah tak terpakai dan berisi air, sebaiknya segera buang.

Demikian, 6 Cara Sederhana agar Di Rumah Tidak Ada Nyamuk. #RD