Home » Parenting » 6 Dampak Perceraian Pada Kesehatan Tubuh Keluarga

6 Dampak Perceraian Pada Kesehatan Tubuh Keluarga

dampak perceraian, artikel dampak perceraian, dampak perceraian terhadap kesehatan, dampak perceraian bagi anak perempuan, dampak perceraian bagi pria, dampak buruk perceraian

Image via: sconews.co.uk

Siapa yang memasukan ‘perceraian’ ke dalam daftar rencana masa depan?

Keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak tentu tidak menginginkan fase bernama perceraian. Namun karena situasi tak memungkinkan, seringkali perceraian terpaksa harus dilakukan. Itu pasti karena pertimbangan matang. Sebab, perceraian pasti meninggalkan jejak pahit bagi semua pihak.

Sudah banyak yang membahas dan merasakan bagaimana perceraian bisa memengaruhi kepribadian, mental, atau cara berpikir seseorang. Namun perceraian juga erat kaitannya dengan kondisi kesehatan keluarga. Hal ini didukung oleh artikel kesehatan Hello Sehat yang direview oleh dr. Damar Upahita. Apa saja?

1. Berat Badan Berubah Drastis

Meski perceraian sudah menjadi kesepakatan bersama, bukan berarti tak ada yang memikirkannya sampai stres, bahkan depresi. Keadaan ini sering memicu perubahan drastis pada berat badan. Namun respons setiap orang berbeda-beda.

Ada yang melampiaskan stres atau emosi pada makan berlebihan. Sehingga bobot badannya pun langsung melonjak. Sebaliknya ada juga yang kehilangan nafsu makan, sehingga tubuhnya jadi kurus kerontang.

2. Terancam Sindrom Metabolik

Selain memengaruhi gairah dan mood, stres karena perceraian juga bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik. Melimpahnya hormon stres bisa mengundang banyak masalah. Entah itu meningkatnya gula darah, tekanan darah, kolestrol, dll.

Semua masalah itu akan memudahkan akses masuk bagi para penyakit. Sebut saja stroke, gangguan jantung, diabetes melitus, dsb. Hasil penelitian Archives of Internal Medicines menyebutkan kalau perempuan bercerai lebih berisiko akan sindrom ini.

3. Anxiety/ Gelisah

Perceraian memang melelahkan. Anda dibikin repot oleh urusan administrasi dan proses lainnya. Anda juga mesti menghadapi interogasi keluarga, tatapan sendu anak-anak, kegalauan diri sendiri, termasuk beban karena mesti melepas pasangan hidup.

Ketika mulai membina biduk rumah tangga, bayangan anda dan pasangan pasti serba indah. Tak pernah terbayangkan kalau perceraian akan datang dan mengacaukan segalanya. Kalau sudah begini, rasanya hidup jadi serba tak pasti.

Baca :  6 Manfaat atau Hikmah Berbuat Baik Bagi Kesehatan

Beberapa dari anda mesti berjuang untuk beradaptasi dengan keadaan yang serba baru. Misalnya mencari tempat tinggal, pekerjaan, menyandang status baru, dan perubahan lainnya. Semua itu tentu ikut memberi dampak psikologis yang besar.

4. Depresi

Sebagian orang masih menganggap kalau perceraian adalah aib dan simbol dari kegagalan. Mereka pun terus digelayuti oleh emosi dan pikiran negatif. Jika hal-hal buruk itu terus bertahan dan mengembang, bukan tak mungkin anda akan depresi. Hari-hari anda hanya terisi kesedihan, keputus-asaan, merasa tak ada gunanya, dan seakan lupa bagaimana mensyukuri harta, tahta, anak, keluarga, hobi, makanan kesukaan, dsb.

5. Insomnia/ Sulit Tidur

Selain karena penyakit, penyebab utama insomnia adalah permasalahan psikologis. Sekali pun mampu tidur sebentar, anda seakan terus diganggu oleh mimpi buruk. Keadaan ini bisa membuat efek stres jadi lebih parah. Mesti segera ditangani/ dikonsultkasikan.

6. Risiko Penyakit Kardiovaskular

Hasil penelitian dalam Journal of Marriage and Family membeberkan kalau pria dan wanita paruh baya yang mengalami perceraian berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Gangguan ini erat kaitannya dengan jantung dan pembuluh darah. Dalam banyak kasus, pihak wanita yang memiliki risiko lebih tinggi.

Kita memang tak pernah tahu apa yang terjadi dalam rumah tangga siapa pun, namun sebisa mungkin jadikan perceraian sebagai jalan akhir karena semua cara sudah terasa buntu. Boleh jadi, perceraian justru menjadi solusi terbaik ke depannya. Hanya saja, jangan sampai memutuskan untuk bercerai karena mengedepankan ego semata. Demikian, 6 Dampak Perceraian Pada Kesehatan Tubuh Keluarga. #RD