Home » Pengobatan » 6 Manfaat Bawang Merah Tanpa Harus Mengonsumsi  atau Menelannya

6 Manfaat Bawang Merah Tanpa Harus Mengonsumsi  atau Menelannya

manfaat bawang merah, manfaat bawang merah tanpa memakannya, manfaat bawang merah tanpa mengonsumsinya, manfaat bawang merah untuk rambut, manfaat bawang merah mentah, manfaat bawang merah untuk kulit

via: stylecraze.com

Suka dengan bawang merah?

Sebagian dari kamu pasti akan mengernyit dan menggeleng-gelengkan kepala. Banyak yang tak tahan akan efek baunya pada mulut, dan efek pedasnya pada mata. Banyak juga yang kurang suka akan cita-rasanya.

Namun faktanya, bawang merah ini menjadi salah-satu superfood yang sering diremehkan kontribusinya. Padahal bahan makanan ini juga kerap memberikan peranan besar terhadap aneka sajian yang biasa dilahap. Vegan atau bukan, kamu pasti sudah akrab dengan bawang merah.

Dilansir dari Thealternativedaily.com, bawang merah mengandung vitamin C, senyawa sulfur atau belerang, antioxidant flavonoids seperti kuersetin, menjadi koagulan atau zat pengental alami, dll. Lalu bagaimana kalau kita ingin merasakan manfaat bawang merah tanpa harus menelan atau mengonsumsinya? Apa saja khasiatnya? Jom!

1. Mengobati Flu dan Demam Biasa

Boldsky menyatakan kalau bawang merah memiliki kandung quercetin yang cukup tinggi. Zat memang anti inflamasi, anti jamur, dan merupakan antioksidan ampuh. Ketika flu atau demam melanda, kamu bisa menggosokkan bawang merah mentah ke area punggung tangan.

2. Menyerap Bakteri

Sudah disebutkan sebelumnya, kalau bawang merah kaya akan senyawa sulfur. Menurut laman kesehatan Rakyatku, selain mendatangkan rasa dan aroma pedas, senyawa ini juga bisa menangkal bakteri yang tersebar di udara. Caranya cukup sederhana. Kamu hanya menyediakan bawang merah, membelahnya menjadi empat bagian, lalu menempatkannya di sudut ruangan. Tips ini juga bisa dipraktikkan jika kamu ingin mengusir bakteri pada kaus kaki.

3. Aneka Manfaat Dalam Satu Praktik

Selain menempatkan irisan atau potongan bawang di ruangan, kamu juga bisa menyelipkannya di bawah kaki. Kalau bisa, ikat atau gunakan kaus kaki, dan biarkan semalaman. Tindakan ini dipercaya bisa mengatasi sakit telinga, mengatasi pilek, mengatasi kelenjar bengkak, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

4. Mimisan

Sifat koagulan natural  memungkinkan bawang merah untuk menghadapi salah-satu masalah kesehatan yang satu ini. Dilansir dari Stylecraze, kamu bisa menempatkan irisan bawang merah di depan hidung atau sekedar menghirup irisannya untuk memperlambat pendarahan di hidung. Bahkan upaya ini juga bisa menghentikan darah yang terus mengucur.

Baca :  8 Cara Mencegah dan Mengobati Mabuk Perjalanan dengan Mudah

5. Manfaat untuk Rambut

Sebelum mengandalkan sampo, kamu bisa memercayakan masalah rambut pada bawang merah. Masalah tersebut meliputi ketombe, kerontokan, dan sensasi gatal pada kulit kepala. Kamu bisa menumbuk bawang dan mendapatkan ekstraknya, lalu campurkan dengan minyak kelapa atau zaitun. Setelah itu, oleskan secara merata pada kulit kepala.

Tutup dengan shower cap, dan diamkan dulu kurang-lebih selama 2 jam. Kamu bisa membilasnya menggunakan sampo juga agar tidak terlalu bau dan lengket. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mempraktikannya selama dua kali dalam sebulan.

6. Menghilangkan Bercak atau Pigmen Gelap di Wajah

Salah-satu khasiat yang paling dikenal dari bawang merah memang berkaitan dengan kulit. Kamu bisa mengoleskan bawang putih ke area yang dituju. Untuk mendapatkan hasil lebih bagus, kamu bisa mencampurkan ekstrak kunyit juga.

Kalau ditelusuri lagi, bawang merah ini masih memiliki faedah lain yang tak kalah keren. Jika mengalami luka bakar ringan, bawang merah juga kerap direkomendasikan. Awalnya memang serasa terbakar, tetapi cara ini dipandang sangat mujarab. Begitu juga ketika kamu digigit nyamuk atau serangga. Rasa gatalnya bisa teratasi oleh si merah ini. Demikian, 6 Manfaat Bawang Merah Tanpa Harus Mengonsumsi  atau Menelannya. #RD