Home » Parenting » 6 Metode Parenting Jaman Now, Siapa Tahu Harus Ditiru

6 Metode Parenting Jaman Now, Siapa Tahu Harus Ditiru

metode parenting, metode parenting islami, metode parenting jaman now, metode parenting masa kini, metode parenting kekinian

Image via: ccapulse.com

Orang tua mau pun anak-anak kekinian tentu tahu, fenomena apa yang tengah menyerbu kita. Salah-satunya yaitu peningkatan gadget atau smartphone. Di satu sisi, banyak yang mengklaim kalau keberadaan perangkat canggih itu bisa menguntungkan.

Tetapi faktanya, kita jadi dibikin bertanya-tanya. Apakah anak jadi malas bergerak? Apakah kreativitas mereka tetap terjaga? Apakah nilai akademis mereka jadi naik? Apakah mereka lebih sering menonton video hewan ketimbang dengan melihat dan menyentuhnya langsung?

Dirilis dari Psychologytoday.com (26//09/2017), penulis “There’s No Such Thing as Bad Weather” bernama Linda McGurk menyarankan 6 metode pengasuhan masa kini dari Skandinavia. Seperti apa? Jom!

  1. Utamakan Permainan Outdoor Sejak Dini
anak bermain outdoor, permainan outdoor anak usia dini, macam-macam permainan anak tk, lingkungan dan alat bermain, permainan paud di luar kelas

Image via: bgtrk.ru

Ketika masih bayi pun, orang tua disarankan untuk mengakrabkan anak dengan lingkungan di luar. Udara segar serta cahaya matahari bisa berpengaruh baik padanya. Mereka juga akan mendapatkan pengalaman berharga, walau di mata kita sepele belaka.

Tak perlu jauh-jauh. Cukup bermain di luar rumah, halaman, taman, dll. Mereka akan mudah tertarik ketika melihat kepompong, interaksi hewan dengan induknya, bentuk-bentuk awan, warna-warni bunga, dsb. Semua itu sudah menjadi pengamatan dan petualangan tersendiri yang sangat asyik.

  1. Masa Kecil Sangat Bahagia dan Penuh Makna
hak anak untuk bermain, 10 contoh hak bermain, menjelaskan hak anak untuk bermain, contoh hak anak adalah, hak anak untuk bermain dan belajar

Image via: fitalityfitness.ie

Bisa anda rasakan sendiri, bagaimana pengaruh dari masa kecil kurang bahagia dengan masa kecil yang bermakna – walau pun sederhana. Sebaiknya orang tua tak langsung membebankan banyak hal pada anak. Misalnya dengan jadwal les yang ketat.

Penuhi hak mereka untuk bermain dan menikmati masanya. Tak usah yang mewah-mewah. Biar pun simpel, tetapi pastikan mereka bahagia.

Baca Juga: 4 Pengaruh Orang Tua Tunggal (Single Parent) Terhadap Psikologis Anak

  1. Sadar Lingkungan
anak daur ulang sampah, contoh daur ulang sederhana, contoh daur ulang sampah, daur ulang sampah plastik menjadi produk siap pakai, cara daur ulang sampah, cara mendaur ulang sampah plastik

Image via: Momjunction.com

Kita tak bisa serta-merta mengajak anak untuk cinta lingkungan, apabila diri sendiri pun tidak menjadi teladan. Anda bisa menerapkan prinsip 3R; reduce, reuse, dan recycle. Misalnya anda mengajak serta anak untuk buang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah organik dan non organik, mendaur ulang, dsb. Kebiasaan yang sudah tertanam sejak dini akan terbawa sampai mereka dewasa.

  1. Mencintai Semua Musim
anak hujan hujanan, akibat hujan-hujanan, anak kecil mandi hujan, mandi hujan lucu, manfaat hujan hujanan bagi anak kecil, main hujan hujanan

Image via: highclouds.org

Tanpa disadari, level cerewet anda jadi naik di musim penghujan. Anda selalu melarang anak bermain di luar rumah dengan alasan basah, kotor, atau takut sakit. Meski tujuan anda mulia, namun sesekali biarkan anak ‘mengakrabkan diri’ dengan semua musim.

Baca :  Menelepon dan Menemani Orang Tua Bisa Memperpanjang Usia Mereka, Benarkah?

Anak akan belajar have fun dengan cara yang natural dan berkesan. Kekebalan tubuh mereka juga akan terlatih dan tetap kuat. Kalau pun anda khawatir akan kondisi kesehatannya, pastikan anak untuk segera mandi pasca bermain. Kalau tidak, berikan multivitamin sebagai penyokong sistem imunnya.

  1. Tidak Terlalu Patuh Pada Budaya
pamali adalah, apakah pamali itu benar, singkatan pamali, pengertian pamali dan contohnya, contoh pamali

Image via: themuslimvibe.com

Pola parenting jaman dulu kerap terpengaruh oleh adat, budaya, tradisi, atau kepercayaan dari nenek moyang. Ada yang baik dan harus terus diikuti, namun ada juga yang tidak perlu terlalu ditaati. Misalnya dongeng takhyul atau pengekangan anak yang dipengaruhi oleh sesuatu yang biasa disebut pamali. Percaya pada naluri orang tua, dan kasih kepercayaan juga pada anak untuk menyaring apa yang terbaik.

  1. Buat Zona “Screen Time”
anak dan smartphone, orang tua dan gadget, bahaya gadget bagi balita, pengaruh gadget pada anak usia dini, makalah pengaruh gadget terhadap anak, bahaya gadget bagi anak

Image via: govtech.com

Seperti yang disinggung di awal, orang tua dan kids jaman now tidak lepas dari peralatan canggih. Kita sudah biasa dengan layar televisi, laptop, tablet, ponsel, dsb. Semuanya disenangi karena menarik dan menghibur.

Namun, tetap saja harus ada pembatasan waktu. Jangan sampai anak dan orang tua kehilangan bonding, ikatan, atau chemistry karena kurangnya waktu yang dinikmati bersama. Luangkan masa untuk berinteraksi tanpa disekat oleh gadget.

Nah, bagaimana dengan 6 metode di atas? Sepakat, bukan? Demikian, 6 Metode Parenting Jaman Now, Siapa Tahu Harus Ditiru. #RD