Home » Penyakit » 6 Penyakit dan Gangguan Kesehatan yang Mengintai Wanita Penyuka Sepak Bola

6 Penyakit dan Gangguan Kesehatan yang Mengintai Wanita Penyuka Sepak Bola

wanita penyuka sepak bola, wanita penggemar sepak bola, alasan wanita menyukai sepak bola, kata kata sepak bola wanita, kata kata wanita pecinta bola

Image via: mirror.co.uk

Pertandingan sepak bola dalam bentuk piala dunia, piala champions, atau liga domestik sekali pun memang tak mengenal gender. Pria dan wanita bisa menikmatinya. Sudah bukan hal aneh kalau kaum hawa ikut nobar, begadang, mendukung sebuah tim, menjerit histeris, menjadi komentator, memosting seputar pertandingan bola, dsb.

Demam piala dunia 2018 juga dirasakan para wanita. Ada yang memang jadi fans sejak lama, banyak juga yang musiman dan sekadar meramainkan. Masalahnya, mayoritas perempuan itu dulunya tidak terbiasa melek. Berbeda dengan para laki-laki yang sudah terbiasa begadang karena pekerjaan, nge-game, nongkrong, ngeronda, dll.

Karena sedang menggandrungi sepak bola, para perempuan itu pun sengaja mengatur waktu agar tak ketinggalan pertandingan, yang rata-rata berlangsung dini hari. Tak heran kalau mereka sedikit kelimpungan di pagi harinya. Lebih lagi yang harus masuk kerja atau sekolah.

Bukannya wanita itu terlarang merasakan euforia piala dunia 2018, namun ada beberapa ancaman kesehatan yang mengintai. Hal tersebut sempat disampaikan oleh dr. Theresia Rina Yunita via KlikDokter. Sebaiknya anda waspada.

1. Obesitas

Melihat puluhan pria ganteng bertubuh bagus bermain bola memang menyenangkan. Namun usahakan anda jangan sampai lupa waktu dan sering kekurangan tidur. Sebab, hormone grelin akan sangat aktif dan membuat nafsu makan anda jadi naik. Kalau sudah demikian, peluang kenaikan berat anda jadi semakin tinggi.

2. Diabetes mellitus

Produksi insulin bisa meningkat kalau anda terus-terusan kurang tidur. Peningkatan produksi insulin itu sendiri erat kaitannya dengan kenaikan berat badan. Jika tak segera dievalusi, bukan tak mungkin diabetes mellitus akan terus membuntuti.

3. Gangguan kesuburan

Rugi besar kalau anda sampai kurang tidur, padahal jatah untuk beristirahat sudah tersedia. Kualitas sel telur atau ovum juga bisa terkena dampaknya. Ketika kelak menginginkan anak, kondisi ini tentu akan menjadi penghambat. Selain itu, siklus haid juga bisa terganggu atau tidak teratur.

Baca :  8 Cara Utama Mencegah Risiko Kanker Payudara Jika Ada Keturunan dari Keluarga

4. Imunitas tubuh menurun

Tak sedikit orang yang kekurangan tidur mengeluh ini-itu, termasuknya mudahnya mereka terserang penyakit. Hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan yang melemah ketika melawan berbagai penyakit. Salah-satu gangguan yang sering menyerang yaitu infeksi pernapasan seperti common cold.

5. Keriput dan kantong mata

Bisa dibilang, poin ini selalu berhasil menakut-nakuti para wanita yang kurang tidur. Ketika begadang, hormon kortisol cenderung meningkat. Kolagen pada kulit pun jadi pecah. Padahal salah-satu protein tersebut bertugas untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga wajah jadi tetap kenyal dan kencang. Kalau sudah pecah, kulit pun akan tampak berkeriput dan kendur. Selain itu, kantong mata bisa datang dan mengusik penampilan. Kabar buruknya, perubahan penampilan ini tak mudah diobati dalam jangka pendek.

6. Depresi

Orang yang kurang tidur biasanya mudah lelah, suntuk, dan mengalami gangguan mood. Anda jadi gampang tersulut. Bisa-bisa anda juga jadi mudah stres dan depresi. Fisik dan mental sama-sama dalam keadaan kurang baik.

Jadi, inti dari postingan ini bukanlah melarang para wanita untuk merasakan euphoria pertandingan sepak bola. Hanya saja, perlu dicamkan untuk tidak memaksakan diri. Kalau sudah letih dan mengantuk, sebaiknya tidur. Anda juga bisa membuat jadwal untuk mengganti jatah tidur yang hilang. Sayangi dan penuhi hak tubuh, sebab manfaatnya akan anda rasakan sendiri. Demikian, 6 Penyakit dan Gangguan Kesehatan yang Mengintai Wanita Penyuka Sepak Bola. #RD