Home » Kesehatan » 7 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Ketika Sedang Stres Berat

7 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Ketika Sedang Stres Berat

kesehatan ketika stres, hubungan stress dengan kesehatan, akibat stres pada wanita, dampak psikologis stress, dampak stress berlebihan, akibat stress dan banyak pikiran, efek stress

Image via: canlitvizleseyret.net

Apakah kamu percaya kalau stres bisa mengundang serangan penyakit?

Bicara tentang stres memang rumit, ya. Stres bisa timbul karena tegang, banyak tugas, belum gajian, termasuk karena perubahan lingkungan. Akibatnya mental dan emosional jadi kacau. Gangguan ini bahkan bisa memengaruhi fisik kamu. Aktivitas terganggu karena kamu mudah capek, sering gagal fokus, susah tidur, dan terus marah-marah.

Sebuah studi menyatakan kalau stres bisa mengganggu produksi hormon serotonin (mengelola mood positif) dan adrenalin (memicu reaksi terhadap gerak tubuh atau tekanan). Bisa jadi, kamu malah merasa mual. Rasa ini menjadi respons tubuh kalau kamu takut atau tidak nyaman.

Stres juga mengundang kecemasan. Organ tubuhmu, seperti perut dan usus, terasa tertekan. Dampaknya, kamu seringkali menderita asam lambung atau gangguan pencernaan.

Selain itu, stres sangat berpengaruh terhadap melemahnya imunitas tubuh. Kalau sedang stres, kamu cenderung mudah terserang penyakit. Tak heran kalau kamu akan sering flu, batuk, sakit kepala, lidahnya terasa kering, bahkan bisa jadi menderita kelenjar getah bening bengkak.

Namun bagaimana kalau stres melanda, tetapi kamu ingin terus menjaga performa tubuh? Berikut ini tips yang sempat diulas via Hellosehat, dan sudah mendapat review medis dari  dr. Damar Upahita. Jom!

1. Olahraga

Dalam setiap tips kesehatan, olahraga pasti selalu eksis. Aktivitas fisik ini memang mampu melepas hormon serotonin. Suasana hatimu dijamin akan lebih baikan.

2. Makanan Sehat

Sebagian orang merasa ingin makan banyak ketika stres melanda. Tetapi hati-hati, jangan sampai asal lahap. Lebih baik pilih makanan yang sehat dan bernutrisi seperti alpukat, jeruk, buah berry, yogurt, kacang mede, dll. Makanan yang sehat bisa menjadi sumber energi yang baik, meningkatkan hormon serotonin, dan menurunkan hormon kortisol (stres).

3. Belajar Santai

Relaks ketika stres kedengarannya sangat sulit. Namun kamu bisa mengupayakannya dengan cara meditasi, yoga, tai chi, mandi air hangat, mendengarkan musik, dll. Relaksasi ini membuat perasaanmu lebih hangat, ringan, dan mentalnya tenang.

rileks ketika stres, rileks pikiran, cara menghilangkan stres, hidup rileks, cara menurunkan stress, cara membuat pikiran tenang dari masalah, relaksasi, cara membuat pikiran tenang dan fokus

Image via: geekcrunch.reviews

4. Kontak Teman

Baca :  10 cara wajah Memberikan Kode Kondisi Kesehatan, Kamu Peka Enggak?

Stres ditambah kesepian akan menghasilkan perasaan yang berantakan. Karenanya, kamu bisa memperluas pertemanan atau menghubungi sahabat terdekat yang dipercaya. Setidaknya, mereka akan menemani atau mendengarkan apa yang kamu rasakan.

5. Istirahat

Rasanya tak perlu mengutip jurnal. Kamu bisa merasakan sendiri, bagaimana hancurnya mood dan konsentrasi gara-gara kurang tidur. Hal ini membuat kinerja otak dan energimu jadi melempem. Tubuh yang memang rutin menghalau serangan penyakit pun akan semakin kewalahan. Karenanya, beri hak tubuh dengan mencukupkan istirahat. Jangan begadang, ya!

6. Menghubungi Terapis Profesional

Kalau sekiranya stres yang kamu alami sudah dalam level berlebihan, tak perlu ragu untuk melakukan konseling psikologis. Langkah ini menjadi keputusan berani. Berarti kamu sudah dekat dengan penanganan stres yang tepat.

Terapis tentu akan membantu kamu untuk mengenal keyakinan atau pikiran seperti apa yang memicu stres. Terapis juga tentu akan menyarankan cara-cara jitu agar kamu terbebas dari siksaan stres. Tetapi prosesnya juga sangat terbantu oleh kerelaan/ kemauan kamu sendiri.

7. Konsultasi dengan Dokter

Kalau penyakit fisik terus berdatangan kala stres, padahal kamu sudah mencoba tips-tips di atas, tak ada salahnya untuk konsultasi pada dokter. Pihak medis akan memeriksa keadaan fisik secara keseluruhan, memastikan agar tak ada problem kesehatan lain yang datang akibat stres. Bisa jadi, dokter juga akan membuat resep obat-obatan antidepresan untuk meredakan stres yang berlebihan. Namun harus sesuai resep dokter, ya. Demikian, 7 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Ketika Sedang Stres Berat. #RD