Home » Kesehatan » 7 Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Apa Anda Sudah Tahu?

7 Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Apa Anda Sudah Tahu?

7 Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, urutan menggosok gigi yang benar, cara menggosok gigi yang benar pada anak, cara menggosok gigi yang benar untuk anak sd, cara menyikat gigi yang benar

Image via: southeastfamilydental.com

Menyikat gigi mestinya selalu menguntungkan. Kerusakan gigi, sakit gusi, dan bau mulut jadi menjauh. Kebanyakan dari kita sudah melakukannya sesuai anjuran, 2 kali sehari, namun kenapa gigi sakit, gusi bermasalah, dan bau mulut masih saja menghampiri?

Mungkinkah cara menyikat gigi kita selama ini salah kaprah?

Dirilis dari Hellosehat, yang sudah direview dr. Damar Upahita, menyikat gigi akan memberikan faedah apabila anda menyikat lidah dan melakukan flossing gigi dulu.

Sikat lidah bermanfaat untuk membasmi bakteri anaerob yang mendatangkan bau mulut. Sementara flossing gigi merupakan cara efektif untuk mengangkat sisa makanan yang terselip, yang tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi. Untuk sikatnya sendiri, pilih yang berbulu halus dan pegangannya nyaman. Sementara untuk pasta giginya, pastikan anda memilih yang mengandung fluoride.

Nah, berikut ini cara menyikat gigi yang baik dan benar:

  1. Letakkan bulu sikat lembut pada permukaan gigi yang dekat dengan tepi gusi. Posisinya membentuk sudut 45 derajat.
  2. Sikat dengan lembut, gerakannya melingkar dari atas ke bawah
  3. Sikat seluruh bagian gigi, mulai dari geraham atas sampai bagian belakang, pastikan tidak ada plak yang masih menempel.
  4. Pegang sikat gigi secara vertikal atau gunakan ujung kepala sikat untuk membersihkan gigi depan, sementara bagian tepi gusi dan gigi atas disikat dengan gerakan melingkar.
  5. Ubah pola menyikat gigi, sebab kalau bertahan pada gerakan sama, selalu ada gigi yang tidak tersikat.
  6. Lamanya menyikat gigi sekitar 2-3 menit
  7. Bilas mulut dengan air sampai bersih, demikian juga dengan sikat gigi anda.

Usahakan agar menyikat gigi dengan lembut. Gerakan keras justru memberi tekanan kuat, sehingga hanya akan menyakiti gigi dan gusi. Selain itu, terlalu keras menyikat gigi tidak menjamin kebersihan. Malah enamel atau permukaan luar gigi akan terkikis. Pengikisan ini yang menjadi awal mula gigi sensitif.

Baca :  3 Alasan Dari Segi Kesehatan Kenapa Suka Tiba-tiba Menangis

Jika anda menyikat gigi dengan sikat elektrik, miringkan sikat tersebut pada sudut 45 derajat ke bagian garis gusi. Bergeraklah secara perlahan. Lakukan sekitar 5 detik untuk setiap permukaan gigi. Demikian, 7 Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Apa Anda Sudah Tahu? #RD