Home » Kesehatan » 7 Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan, Apa Anda Merasakannya?

7 Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan, Apa Anda Merasakannya?

7 Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan, manfaat jatuh cinta menurut islam, dampak negatif jatuh cinta, manfaat jatuh cinta untuk kecantikan

Image via: lifecoachcode.com

Apa anda termasuk orang yang takut jatuh cinta?

Pasalnya, jatuh cinta kerap dikaitkan dengan peristiwa aneh nan misterius. Anda mudah bahagia, antusias, termotivasi, bersemangat, lalu juga mudah merasakan sedih, sakit, galau, moody, dan emosional. Namun jatuh cinta merupakan pengalaman seru. Tak perlu takut.

Beruntunglah kalau anda mengalami jatuh cinta. Disamping kegelisahan yang ditimbulkan, pada dasarnya jatuh cinta memberi efek positif, termasuk dari segi kesehatan. Hal ini dijelaskan dr. Dyah Novita Anggraini via KlikDokter ke dalam 7 poin.

1. Jatuh Cinta Mengurangi Risiko Stres dan Depresi

Hasil penelitian Journal of Health dan Social Behaviour mengungkapkan, kalau orang yang baru menikah cenderung merasakan depresi lebih rendah dibandingkan yang belum akad. Hal ini dikarenakan hormon serotonin yang keluar ketika orang jatuh cinta. Dia akan lebih tenang, bahagia, dan good mood.

2. Jatuh Cinta Mengurangi Kegalauan dan Rasa Cemas

Ketika jatuh cinta, tubuh akan melepas hormon dopamine. Hormon ini memberikan sensasi optimis dan positif. Keresahan dan kegelisahan pun akan reda, bahkan hilang, dengan sendirinya.

3. Jatuh Cinta Membuat Tubuh Lebih Prima

Jatuh cinta mengundang reaksi bagus dari tubuh. Anda jadi terhindar dari stres, merasa lebih baikan, dan tenang. Sistem kekebalan tubuh jadi lebih prima. Kalau sudah begini, penyakit atau mikroorganisme jahat tak mempan mengganggu anda.

4. Jatuh Cinta Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terdapat penelitian yang mengklaim kalau reaksi bahagia ketika jatuh cinta bisa menurunkan frekuensi denyut nadi serta tekanan darah. Perasaan positif itu juga mampu meningkatkan kualitas kinerja jantung.

5. Jatuh Cinta Bisa Bikin Panjang umur

Penelitian lain mengungkapkan kalau jatuh cinta bisa memperpanjang usia pasangan. Hal ini dikarenakan mereka akan saling melakukan yang terbaik untuk partner-nya. Lalu mereka juga akan saling  mengingatkan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Baca :  11 Gejala dan Ciri Kalau Kamu Sudah Stres Tingkat Tinggi

6. Jatuh Cinta Meredakan Rasa Nyeri

Terdapat studi menarik, yang membeberkan hasil penelitian menggelitik. Para peserta research yang memegang tangan pasangannya merasakan nyeri yang lebih rendah. Berbeda dengan mereka yang tidak memegang tangan pasangannya.

7. Jatuh Cinta Membuat Kulit Lebih Terjaga

Momen jatuh cinta membuat suasana hati anda enak. Anda bahkan lebih mudah tersenyum dan tertawa. Keadaan ini bisa mengurangi kadar hormon kortisol. Selain itu, ancaman berupa jerawat juga jadi berkurang.

Kemudahan untuk tersenyum juga melancarkan aliran darah di kulit. Bagian tubuh paling luar ini pun banyak memeroleh nutrisi dan oksigen. Tampilannya kemungkinan besar jadi lebih segar, cerah, dan glowing.

Ketika jatuh cinta, anda hanya jatuh begitu saja. Tak ada rencana, tak ada paksa-memaksa. Anda patut bersyukur, apalagi kalau cinta anda berbalas.

Meski tak sempurna, namun jatuh cinta itu tetap indah. Kecuali kalau anda jatuh cinta pada orang yang salah :’). Demikian, 7 Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan, Apa Anda Merasakannya? #RD