Home » Pengobatan » 8 Cara Mencegah dan Mengobati Mabuk Perjalanan dengan Mudah

8 Cara Mencegah dan Mengobati Mabuk Perjalanan dengan Mudah

Mabuk perjalanan atau motion sickness sebenarnya bukan penyakit berbahaya, melainkan gangguan umum yang biasa hadir ketika kita naik mobil, kereta api, kapal laut, atau terganggu karena gerakan yang berulang-ulang. Namun mabuk perjalanan ini tetap menjadi biang kegalauan, khususnya bagi orang-orang yang gampang mabuk. Misalnya bumil aka ibu hamil, anak-anak usia 2-12 tahun, atau mereka yang rentan migrain.

Kamu ingin sekali ke sana kemari, tapi kamu juga takut mabuk.
Bagaimana pun, mabuk itu enggak asyik. Kamu merasa mual, pusing, berkeringat, dan ingin muntah. Jangankan kamu, orang lain pun pasti tak nyaman dengan kondisi ini. Perjalanan yang semestinya fun malah jadi berantakan.

obat mabuk perjalanan, cara menghindari mabuk perjalanan, tips agar tidak mabuk perjalanan, gambar orang mabuk perjalanan, mengobati mabuk perjalanan, mabuk perjalanan adalah, mengatasi mabuk perjalanan, cara mengatasi mabuk perjalanan, obat anti mabuk perjalanan, gambar mabuk perjalanan, mabuk perjalanan, mabuk perjalanan adalah, mengatasi mabuk perjalanan, obat mabuk perjalanan, obat mabuk perjalanan selain antimo, cara mencegah mabuk perjalanan, cara menghindari mabuk perjalanan, obat mabuk kendaraan paling mujarab

via: sites.psu.edu

Dilansir dari Medicinenet dan Bobo (25/07/2017), ada beberapa tips jitu untuk menghindari mabuk perjalanan. Apa saja? Jom!

1. Niat untuk Tidak Mabuk Perjalanan

Rasa pusing dan mual-mual akan semakin kuat ketika kamu takut berlebihan, padahal apa yang kamu takutkan tidaklah terjadi. Misalnya kamu takut muntah, takut tak kuat AC, takut bau bensin, takut kebelet di jalan, takut terjadi kecelakaan, dll. Untuk itu, ada baiknya kalau kamu menguatkan tekad dan mental dalam hati agar tidak mabuk perjalanan.

2. Perhatikan Asupan Makanan/ Minuman

Tak ada larangan untuk makan atau minum selama dalam perjalanan. Tetapi jika kamu suka mabuk, lebih baik perhatikan apa dikonsumsinya. Hindari makanan atau minuman yang menimbulkan sensasi cepat kenyang, aromanya menyengat, dan hentikan konsumsi alkohol berlebih. Beberapa orang juga kurang nyaman dengan makanan pedas, makanan berat, atau makanan yang kaya akan lemak.

3. Memilih Posisi Duduk

Usahakan untuk memilih spot yang tak membuat kita terus bergerak. Jika di dalam kapal, kamu bisa memilih area kabin bawah yang dekat dengan pusat kapal. Kalau dalam pesawat, kamu bisa duduk di bagian tengah. Sementara ketika di mobil, kamu bisa menghindari dari posisi paling belakang. Posisi ini biasanya terkena efek haluan mobil, sehingga kamu serasa ikut terpental-pental kalau perjalanannya berliku atau bergelombang.

Untuk itu, kamu bisa memilih opsi untuk duduk di bagian depan. Duduknya jangan membelakangi arah perjalanan. Sebab, posisi semacam ini akan mengundang rasa pusing dan mual.

Baca :  Mencegah Dampak Buruk Menopause, Bisa Kok!

4. Aktivitas Asyik Selama Perjalanan

Kamu cukup beruntung jika melakukan traveling bersama orang-orang dekat. Setidaknya, kamu bisa melakukan banyak kegiatan fun untuk mengisi perjalanan. Misalnya mengobrol, bercanda, bernyanyi bersama, main tebak-tebakan, dll.

5. Jangan Membaca Selama Perjalanan

Kalau mudah mabuk, sebaiknya kamu tidak membaca buku, mengotak-atik gadget, atau membuat mata bekerja dari jarak dekat. Sensasi pening dan mual biasanya jadi mudah datang.

6. Melihat Pemandangan

Memandang ke luar, ke horison/ cakrawala, atau titik tertentu dipercaya bisa mengurangi keinginan untuk muntah ketika dalam perjalanan. Khususnya ketika kamu tengah dalam mobil atau kapal laut. Jika memungkinkan, kamu juga bisa membuka jendela atau sumber ventilasi yang ada. Biarkan udara segar masuk dan menghiburmu.

7. Jangan Dekati Sesama Pemabuk

Orang-orang yang mudah mabuk perjalanan sebaliknya tidak saling berdekatan. Kalau kamu melihat seseorang yang tengah menahan diri agar tak muntah, atau bahkan menyaksikan diri bagaimana seseorang itu sampai muntah, pasti kamu akan pusing dan mual sendiri. Untuk itu, sebaiknya isolasi diri dari mereka.

8. Meminum Obat Mabuk Perjalanan

Solusi berikutnya bisa jadi pilihan kalau kamu tetap mabuk perjalanan. Ada beberapa obat yang bisa jadi pilihan. Namun sebaiknya kamu memerhatikan resep atau anjuran dokter juga. Jika obatnya mengandung scopolamine, otomatis kamu akan merasa ngantuk, dan mungkin tertidur pulas selama perjalanan.

Well, semoga langkah-langkah di atas bisa membantu mencegah atau mengatasi mabuk perjalananmu, ya. Selamat sampai tujuan! 8 Cara Mencegah dan Mengobati Mabuk Perjalanan dengan Mudah. #RD