Home » Penyakit » 8 Cara Utama Mencegah Risiko Kanker Payudara Jika Ada Keturunan dari Keluarga

8 Cara Utama Mencegah Risiko Kanker Payudara Jika Ada Keturunan dari Keluarga

Cara Mencegah Risiko Kanker Payudara Jika Ada, keturunan dari Keluarga, kelompok beresiko terkena kanker payudara, ciriciri terkena kanker payudara, ciri ciri kanker payudara dan cara pencegahannya, kanker penyakit keturunan atau bukan, kanker payudara stadium nol, mengapa penyakit kanker tertentu dapat diturunkan

Image via: ezadar.rtl.hr

Jika memiliki keturunan penderita kanker payudara, kamu bisa jadi masuk ke dalam kelompok beresiko terkena penyakit kanker payudara juga. Apalagi kalau penderitanya termasuk anggota keluarga dari tingkat pertama, atau level yang dekat. Misalnya ibu, anak perempuan, saudara perempuan, dsb. Kalau penderitanya ada 2 orang, risikonya bahkan bisa 5x lipat.

Tetapi manusia diwajibkan untuk tetap ikhtiar dan tidak berkecil hati. Kamu memang tak bisa mengontrol pengaruh keturunan. Namun faktor pemicu lain bisa datang dari lingkungan. Untuk faktor yang satu ini, kamu masih bisa mengendalikannya. Karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini 8 tips yang semoga bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara kalau keturunanmu memang menjadi penderita. Data medisnya sendiri sudah ditinjau dr. Tania Savitri dari Hellosehat. Jom!

1. Perhatikan Berat Badan

Pastikan untuk selalu menjaga berat badan agar ada dalam ukuran normal. Masalahnya bukan soal penampilan belaka, melainkan juga risiko penyakit juga.

Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Obesitas juga erat kaitannya dengan jenis kanker lain seperti paru, prostat, usus, serta ginjal.

2. Perhatikan Konsunsi Daging Olahan dan Alkohol

Sebaiknya kamu mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol sekalian. Kamu juga mesti bijak dalam melahap daging olahan.

Lembaga kanker WHO, International Agency for Research on Cancer, melaporkan kalau mengkonsumsi daging olahan secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker tertentu. Kamu bisa mensiasati pilihan makanan yang mengandung sedikit kaloru dan lemak, misalnya buah dan sayur.

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

Sudah banyak artikel yang mengulas efek positif dari olahraga, setidaknya selama 30 menit sehari. Aktivitas fisik ini bisa menjaga berat badan serta menurunkan risiko kanker. Karena itu, biasakan untuk mengurangi bermalas-malasan seperti tiduran, main game, nonton teve, dsb.

4. Dilarang Merokok

Kamu yang tidak merokok, kamu juga yang akan merasakan faedahnya. Bahkan paparan asap rokok dari orang lain pun bisa mengancam kesehatan. Bagaimana pun, aktivitas ini berhubungan dengan bermacam kanker seperti mulut, tenggorokan, paru, pankreas, laring, leher rahim (serviks), kandung kemih, ginjal, serta payudara.

Baca :  Hati-hati 6 Gejala Osteoporosis yang Tersembunyi

5. Menyusui

Pemberian ASI eksklusif pada bayi ternyata sangat bermanfaat juga bagi sang ibu. Menyusui selama setengah tahunan bisa ikut membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Bayi pun jadi terjamin kesehatannya.

6. Katakan “Tidak!” Pada Pil KB

Perempuan berusia 35 tahun ke atas berisiko kanker payudara jika masih menggunakan pil KB. Risiko ini akan hilang dengan sendirinya ketika penggunaan pil dihentikan. Kalau pun hendak memilih alat kontrasepsi, dan di keluarga ada keturunan kanker payudara, sebaiknya jangan memilih pil KB.

7. Periksakan, Agar Tidak Terus Penasaran

Tak perlu langsung takut dan panik. Segera periksakan diri agar kamu tahu seberapa tinggi risiko yang dihadapi. Biasanya dokter juga akan memerhatikan dan memeriksa riwayat keluarga, serta memahami seberapa besar risikonya.  Kamu akan melalui serangkaian tes. Namun semua itu juga demi kebaikanmu.

8. Memakai Obat Terapi Hormonal

Jika risiko kanker payudara dari keluarga terbilang kuat, penggunaan obat terapi hormonal ini bisa melemahkannya. Beberapa obat yang terbukti manjur diantaranya bernama tamoxifen, aromasin, evista, serta arimidex.

Siapa yang ingin memiliki risiko terkena kanker mematikan ini? Tetapi upaya optimal bisa dilakukan agar mimpi buruk itu tidak jadi kenyataan. Selamat berjuang! 8 Cara Utama Mencegah Risiko Kanker Payudara Jika Ada Keturunan dari Keluarga. #RD