Home » Pengobatan » 8 Manfaat dan Cara Mengolah Daun Kelor

8 Manfaat dan Cara Mengolah Daun Kelor

Familiar dengan daun ini?

daun kelor, poto daun kelor, gambar daun kelor, daun kelor in english, cara mengolah daun kelor, teh daun kelor, khasiat daun kelor untuk asam urat, manfaat daun kelor untuk diabetes, efek samping daun kelor

Via: wellnessnova.com

Di Indonesia, kita biasa menyebutnya sebagai daun kelor atau merunggai. Di beberapa daerah lain dinamakan daun kerol, keloro, ongge, atau moltong. Sementara di luar negeri sana, mereka mengenalnya sebagai moringa leaves, moringa oleifera, horse radish tree, drumstick tree, atau ben tree. Apa pun sebutannya, daun ini sudah diakui sebagai salah-satu superfood atau bahan makanan yang tinggi nutrisi.

Meski ukurannya kecil, namun khasiat daun ini sangat besar. Dilansir dari Mindbodygreen (07/12/2015), negara-negara seperti India, Nepal, dan Pakistan sudah lama memanfaatkan daun ini untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Sebut saja diabetes, anemia, liver, penyakit jantung, atritis, penyakit kulit, gangguan pencernaan, serta gangguan pernafasan.

Lalu apa saja manfaat serta cara pengolahan daun kelornya? Jom!

1. Daun Kelor untuk Mengatasi Diabetes Mellitus

Dilansir dari Healthline, daun ajaib ini kaya akan antioksidan, zink, bisa menurunkan kadar gula dalam darah, serta memerangi inflamasi atau peradangan. Keutamaan ini tentu sangat berpengaruh baik bagi upaya pencegahan dan penyembuhan diabetes. Untuk mengolahnya, kamu bisa menyeduh daun dengan air panas, lalu meminumnya pas sudah hangat.

2. Daun Kelor untuk Mengatasi Rematik dan Arthritis

Zat pterigospermin dalam daun kelor mampu menghangatkan serta memberi sensasi rileks pada otot. Daun ini juga dikenal mampu mengurangi peradangan, khususnya pada penderita arthritis. Jika hendak menggunakannya sebagai obat luar, kamu bisa mengambil segenggam daun kelor, lalu menumbuknya bersama dengan setengah sendok kapur sirih. Hasilnya bisa dioleskan atau digosokkan pada bagian tubuh yang dirasa nyeri.

3. Daun Kelor untuk Mengurangi Rabun Senja

Nyctalopia atau rabun senja merupakan kondisi, di mana fungsi berkurang jika pencahayaannya minim. Bagi yang mengeluhkan penyakit ini, kamu bisa menyeduh daun kelor dengan air panas, lalu meminumnya setiap hari. Agar menambah cita-rasa, kamu juga bisa menambahkan madu di dalamnya.

4. Daun Kelor untuk Menurunkan Demam

Manfaat ini begitu terasa, khususnya pada anak-anak. Kamu bisa memilih pucuk dan buah untuk kemudian diolah, misalnya sebagai sayur. Pastikan anak mengonsumsi dan merasakan faedahnya.

5. Daun Kelor untuk Mengatasi Konstipasti atau Sembelit

Solusi terbaik dari masalah kesehatan ini yakni dengan menambah asupan serat, dengan demikian pencernaan pun akan semakin lancar. Namun jika kamu ingin meminta bantuan daun kelor, kamu bisa mengolah daun ini dengan mentimun serta wortel. Dalam takaran yang sama, parutlah semua bahan, larutkan dalam air hangat, lalu saring sampai keluar ekstraknya. Untuk hasil maksimal, kamu bisa meminumnya setiap hari.

Baca :  5 Obat Batuk Tradisional Paling Ampuh, Beserta Cara penggunaannya

6. Daun Kelor untuk Mengobati Cacingan

Selain menggunakan obat, daun kelor bisa jadi bahan natural untuk mengenyahkan cacingan. Kamu bisa merebus daun kelor bersamaan dengan meniran dan cabai. Tunggu rebusan sampai airnya tinggal setengah. Setelah itu, kamu bisa meminumnya setiap malam.

7. Daun Kelor untuk Perlindungan Hati atau Liver

Kandungan polifenol yang tinggi dalam daun ini bisa menjadi pelindung hati, khususnya dari keracunan, oksidasi, dan kerusakan. Minyak daunnya juga bisa membuat enzim dalam hati hati jadi normal kembali, serta menambah kandungan protein dalam liver. Bagaimana pun, hati menjadi salah-satu organ penting yang cukup rentan. Karena itu, perlindungan liver amat sangat dianjurkan. Kamu bisa menyeduhnya seperti teh yang biasa diminum.

8. Daun Kelor untuk Mengatasi Infeksi

Daun ini memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dna anti-fungal atau anti jamur. Keutamaan ini tentu bisa jadi senjata ampuh untuk melawan infeksi, misalnya pada kulit atau infeksi saluran kencing. Kamu bisa mengonsumsi daun bersamaan dengan smoothie atau menyeduhnya seperti teh.

Sepertinya masih banyak lagi manfaat dan cara pengolahan daun kelor yang bisa terus dieksplor. Namun perlu diingat kalau segala sesuatu akan kehilangan fungsinya, bahkan bersifat toxic, jika dikonsumsi secara berlebihan. Demikian juga dengan daun kelor, yang memiliki sifat laxative atau efek pencahar jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. Demikian, semoga bermanfaat. 8 Manfaat dan Cara Mengolah Daun Kelor. #RD