Home » Makanan » 8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Ternyata Jadi Anti Depresi Juga!

8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Ternyata Jadi Anti Depresi Juga!

jantung pisang, manfaat jantung pisang untuk ibu menyusui, manfaat jantung pisang untuk ibu hamil, khasiat jantung pisang, jantung pisang bahasa inggris, jantung pisang sebagai antidepresan

via: tamsugiadinh.vn

Pilih jantung pisang atau buah pisang?

Sebagian besar pasti akan memilih buah pisang, dan membuang jantungnya. Tak ayal banyak jantung pisang yang berserakan dan membusuk begitu saja. Mereka menganggap kalau bagian pohon pisang tersebut kurang familiar untuk dikonsumsi. Harga di pasar pun terbilang rendah.

Namun setelah menelusuri manfaatnya lebih jauh, kamu pasti akan berhenti meremehkan jantung pisang ini. Dilansir dari laman kesehatan Indiatimes, jantung pisang atau banana flowers atau juga banana hearts ini memiliki segudang khasiat.

Ia mengandung serat, potassium, protein, magnessium, zat besi, fosfor, dan vitamin E. Ada yang mengonsuminya langsung, banyak juga yang mengolahnya dulu. Misalnya dengan cara ditumis, dicampurkan pada sup, salad, dll.

Lalu apa saja daftar menfaatnya? Jom!

1. Menjadi Antidepresan Alami

Antidepresan biasa digunakan sebagai obat bagi mereka yang menderita depresi. Namun penggunaan obat ini memicu banyak pro dan kontra. Sementara jantung pisang ini bersifat alami. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kandungan magnesiumnya cukup banyak. Asupan ini pun bisa membuat mood, atau suasana hati seseorang, jadi lebih baikan. Level stress pun akan berkurang secara natural.

2. Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Jantung pisang kaya akan serat, bukan zat-zat yang berat. Jadinya sistem percernaan akan lebih tenang dan lancar. Jantung pisang juga bisa mengurangi rasa sakit karena asam lambung atau perut kembung.

3. Melancarkan Pendarahan Pada Menstruasi

Mengeluarkan darah yang berlebihan ketika haidh memang kurang nyaman. Apalagi kalau tengah terjebak dalam suasana hectic, kamu pasti kerepotan gonta-ganti pembalut. Sementara itu, jantung pisang bisa meningkatkan kadar progesteron. Gejala ini cukup ampuh mencegah pendarahan menstruasi yang eksesif atau berlebihan. Selain itu, ia juga bisa menjadi sahabat bagi kamu yang menderita sindrom ovarium polikistik atau PCOS.

4. Mencegah Anemia

Kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin memang akan membuat kamu sangat letih, kurang fokus, pusing, dll. Kamu pun akan segera mencari solusinya. Salah-satunya yaitu dengan menambah asupan zat besi. Zat ini terdapat juga dalam jantung pisang, dan bisa membantu kadar hemoglobin dalam tubuh.

manfaat jantung pisang, masak jantung pisang, jantung pisang untuk kesehatan, jantung pisang, manfaat jantung pisang untuk ibu menyusui, manfaat jantung pisang untuk ibu hamil, khasiat jantung pisang, jantung pisang bahasa inggris, jantung pisang sebagai antidepresan

via: Indiatimes.com

5. Untuk Ibu Menyusui

Baca :  10 Alasan Kenapa Tidur Tanpa Busana Alias Telanjang itu Bisa Menyehatkan

Busui tentu akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa menyajikan yang terbaik untuk buah hatinya. Menurut Healthmeup.com, jantung pisang bisa membantu memenuhi kebutuhan kolostrum. Ibu pun jadi lebih siap memberikan asupan yang terbaik. Selain itu, pasokan ASI pun bisa melimpah secara alami.

6. Sebagai Antioksidan

Radikal bebas menjadi satu dari sekian musuh kesehatan yang harus dihadapi. Free radicals inilah yang sering menjadi dalang utama di balik kanker, penyakit jantung, penuaan kulit, dll. Namun jantung pisang bisa memberi penawaran terbaik. Ia memang mengandung antioksidan yang bisa dijadikan senjata melawan radikal bebas. Kerusakan tubuh pun jadi bisa diminimalisir.

7. Mencegah Infeksi

Infeksi menyebabkan tubuh ‘dijajah’ oleh berbagai mikroorganisme jahat seperti bakteri, jamur, parasit, dan virus. Mereka bisa menjejakkan kuman atau penyakit. Tetapi jantung pisang memiliki ekstrak etanol, yang dipercaya bisa mengganggu pertumbuhan mikroorganisme patogen tersebut.

8. Untuk Penderita Diabetes

Sebuah studi atau penelitian mengumumkan hasil yang cukup mengejutkan. Mereka mengklaim kalau penderita diabetes yang mengonsumsi jantung pisang bisa membuat level insulin dalam tubuh menurun. Namun kabar baik ini masih harus dibuktikan secara klinis.

Well, masih menjudge jantung pisang karena harganya yang tak seberapa? 8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Ternyata Jadi Anti Depresi Juga! #RD