Home » Kesehatan » 8 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau Bagi Kesehatan

8 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau Bagi Kesehatan

Ada yang suka minum air kelapa setiap hari?

Air kelapa tampaknya menjadi salah-satu minuman yang sedang ngetrend. Kita bisa menemukannya di dalam buah yang masih hijau, yang berusia sekitar 6-7 bulan. Airnya ini sangat berguna untuk memberi asupan makan pada buahnya.

manfaat air kelapa, manfaat minum air kelapa, manfaat minum air kelapa setiap hari, manfaat air kelapa muda, manfaat air kelapa muda hijau, efek samping air kelapa, bolehkah minum air kelapa setiap hari?

Via: Lalpathlabs.com

Begitu kelapanya menua, sebagian air mengeras dan menjadi daging kelapa, ada juga yang tetap cair.

Orang memang sudah mengenalnya sejak lama. Minuman ini dikenal memiliki rasa yang khas, sensasi segar, dan diketahui menyimpan aneka manfaat. Dilansir dari Healthline.com, rupanya air buah ini memang kaya akan nutrisi dan mineral. Kita jabarkan lebih lanjut, ya. Jom!

1. Air Kelapa Jadi Sumber Beragam Nutrisi

Air kelapa itu produk asli buahnya, yang terdiri dari 94% air dan sedikit lemak. Jumlah airnya sendiri berbeda-beda, sekitar setengah sampai 1 cangkir/ gelas.

Jika dalam 1 wadah terdapat 240 gram, maka airnya mengandung 46 kalori dan nutrisi lainnya. Ada 9 gr karbohidrat, 3 gr serat, 2 gr protein, 10% RDI vitamin C, 15% RDI magnesium, 17% RDI mangan, 17% RDI potasium, 11% RDI sodium, dan 6% RDI kalsium. RDI sendiri adalah Recommended Daily Intake/ asupan yang direkomendasikan.

Intinya, air kelapa muda bisa menjadi sumber serat, mineral penting, serta vitamin C yang baik.

2. Air Kelapa Memiliki Sifat Antioksidan

Radikal bebas menjadi istilah bagi molekul labil yang diproduksi selama metabolisme. Semakin stres atau kena cidera, maka jumlahnya semakin meningkat. Kalau sudah terlalu banyak, maka tubuh pun jadi terancam.

Studi menemukan fakta bahwa air kelapa mengandung antioksidan. Ada kemungkinan kalau air kelapa muda membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi sel. Namun penelitian ini baru diterapkan pada hewan, belum pada manusia.

3. Air Kelapa Baik untuk Teman Berolahraga

Ketika olahraga, tubuh kita terus kehilangan elektrolit. Elektrolit sendiri merupakan mineral penting, yang bisa menyeimbangkan cairan tubuh.

Untuk mengembalikan elektrolit dan memulihkan hidrasi, maka air kelapa bisa menjadi pilihan minuman yang pas.

Baca :  5 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit

Suatu penelitian menyebutkan kalau air kelapa tidak membuat perut sakit atau mual. Namun penelitian lain justru mengklaim kalau air kelapa bisa menyebabkan sakit perut dan kembung.

4. Sumber Hidrasi yang Segar dan Enak

Hidrasi menjadi lawan dari dehidrasi, atau gangguan keseimbangan air/ cairan tubuh. Air kelapa bisa membantu memperlancar proses di mana molekul-molekul air mengelilingi ion yang tersusun dalam keadaan tertentu. Sudah enak di lidah, air kelapa juga berkhasiat menyeimbangkan cairan.

Kalau dirasa-rasa, air kelapa memiliki sentuhan manis asin segar. Kita bisa menyimpan air kelapa di kulkas dan minum sewaktu-waktu. Alangkah lebih baik jika meminum air kelapa asli. Sebab, air kelapa kemasan biasanya memiliki campuran tertentu, entah itu semacam zat perasa atau pun pemanis.

air kelapa, minum air kelapa, manfaat minum air kelapa setiap hari, manfaat air kelapa tua, manfaat air kelapa muda hijau, air kelapa untuk kesehatan

Via: Care2.com

5. Air Kelapa Kemungkinan Mampu Mengatasi Diabetes

Beberapa penelitian yang melibatkan tikus sudah membuktikan kalau air kelapa bisa menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan kesehatan. Kandungan karbohidrat dan seratnya yang tidak terlalu banyak memang ramah bagi penderita diabetes. Sebagai sumber magnesium, air kelapa juga bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun penelitian ini perlu dikonfirmasi lebih lanjut, apakah berlaku juga untuk manusia atau tidak.

6. Air Kelapa Kemungkinan Bisa Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi ketika oksalat (asam organik), kalsium, serta senyawa lain menumpuk dan membentuk kristal dalam urin. Salah-satu upaya pencegahannya yaitu dengan memenuhi asupan cairan pada tubuh. Kita pun disarankan untuk memperbanyak minum air mineral.

Tetapi ternyata air kelapa pun memberi efek yang tak kalah dahsyat. Hal ini dibuktikan pada studi kasus yang melibatkan tikus. Produksi radikal bebas dan pembentukan kristal/ batu jadi berkurang. Tetapi lagi-lagi, penelitian ini baru dilakukan pada hewan.

7. Air Kelapa Kemungkinan Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan kalau tikus yang mengonsumsi air kelapa mengalami penurunan lemak hati, kolestrol darah, serta trigliserida/ sejenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Penemuan ini sangat mengesankan, dan mesti ditelusuri lebih lanjut. Kalau disimpulkan, air kelapa bisa menjadi penurun kolestrol yang signifikan.

Baca :  11 Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat Sepele Padahal Tidak Boleh Diabaikan

8. Air Kelapa Kemungkinan Bisa Mengurangi Tekanan Darah

Ada studi kecil yang memberikan air kelapa pada para partisipan mereka, yang memang memiliki tekanan darah tinggi. Hasilnya, 71% dari mereka merasakan tekanan darah yang lebih baik. Kandungan potassium di dalam air kelapa ditengarai bisa menjadi penyebab kuat kenapa tekanan darah tinggi bisa berkurang.

Penelitian air kelapa pada hewan juga menunjukkan kalau air ini memiliki sifat anti-trombotik. Dengan kata lain, air kelapa membantu mencegah pembekuan/ penggumpalan darah. ~

Beberapa penelitian yang mengemukakan sisi positif air kelapa memang perlu digali lebih lanjut. Tapi sampai sekarang, paling tidak semua manfaatnya menjadi kabar baik bagi kita penyuka air kelapa. Demikian,  8 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau Bagi Kesehatan. #RD