Home » Makanan » 8 Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita Asam Lambung

8 Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita Asam Lambung

Kandungan asam pada lambung hadir secara alami, dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut berfungsi untuk memecah atau mengurai makanan, serta mencegah infeksi pada saluran pencernaan. Namun bagaimana jika kadar asam lambungnya naik atau berlebihan?
Kalau ada yang tidak beres, tubuh pun akan merespons. Kita merasa tidak nyaman dan nyeri, sampai-sampai aktivitas pun terganggu. Bahkan kalau diabaikan begitu saja, gejala ini akan merambat pada penyakit-penyakit kronis.

Salah-satu penanganan terbaik, yakni dengan mematuhi larangan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Dilansir dari Alodokter dan Halosehat, sebenarnya pantangan untuk penderita asam lambung itu berbeda-beda. Tetapi ada beberapa sumber yang bisa memicu naiknya asam lambung. Apa saja? Jom!

1. Yang Pedas-pedas

Malang sekali nasibmu jika menyukai pedas, tapi harus menderita asam lambung juga. Namun demi kebaikan diri sendiri, sebaiknya patuh saja untuk tidak melahap sesuatu yang pedas. Bisa kamu rasakan sendiri, betapa sakitnya jika terjadi iritasi pada lambung. Sebagai alternatifnya, kamu bisa memilih merica atau saus tomat. Jangan berlebihan, ya!

2. Yang Mengandung Banyak Lemak atau Minyak

Kandungan lemak bisa memicu bentuk perut jadi buncit, sebab proses pencernaannya jadi lambat. Hal ini bisa membuat perut mulas, sebab tekanannya jadi lebih kuat. Asupan ini juga bisa memicu iritasi pada lambung. Pastikan kamu sudah tak lagi melahap gorengan, sayur yang ditumis, kacang, alpukat, daging iga, donat, jeroan, keju, kue yang mengandung banyak mentega, dll.

asam lambung naik, asam lambung tinggi, pantangan makanan dan minuman penderita asam lambung, makanan yang harus dihindari penderita asam lambung, pantangan asam lambung kronis, makanan penyebab asam lambung, makanan dan minuman penyebab asam lambung naik

via: indianexpress.com

3. Yang Mengandung Alkohol

Kandungan ini bisa melemaskan otot stingfer esofagus, membawa banyak gas, dan melesatkan asam lambung. Hindari bir, koktail, wine, atau makanan hasil fermentasi seperti tape ketan, tape singkong, dan manisan.

4. Yang Asam-asam

Efek dari makanan asam ini pasti langsung terasa, apalagi kalau kamu mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Kondisi acid reflux di dalamnya memang memicu kadar asam lambung. Ada pun makanan yang dimaksud yaitu buah-buah asam seperti jeruk, lemon, kedondong, belimbing, mangga muda, nanas, atau anggur. Ditambah lagi dengan acar, cuka, dan asinan.

Baca :  10 Jenis Pisang Unggulan dan Favorit Orang-orang Indonesia

5. Yang Mengandung Peppermint

Tanaman dari keluarga mint ini difavoritkan, sebab bisa memberikan banyak manfaat. Peppermint bisa memberikan sensasi segar dan mengatasi bau napas. Tetapi sayangnya, produk ini juga bisa membuat asam lambung jadi naik. Pasalnya, peppermint bisa melemaskan otot sfingter juga.

6. Yang Mengandung Kafein atau Soda

Banyak orang yang mengeluhkan rasa perih setelah meminum kopi, soda, dan teh tanpa memerhatikan dosis atau kekuatan lambungnya. Asam lambungnya langsung naik. Padahal kamu yang tahu dan paham akan keadaan lambung sendiri, sehingga kamu bisa memutuskan seberapa banyak minuman berkafein yang bisa ditoleransi. Bagi sebagian orang yang asam lambungnya tidak parah atau kronis, efek nyeri bisa dicegah dengan memerhatikan kadarnya.

7. Yang Mengandung Banyak Gas

Gas bisa menjadi dalang di balik perutmu yang kembung. Kalau sudah melebihi batas, asam lambungnya juga bisa naik. Tahan diri untuk tidak meminum susu, tidak memakan sayuran kol atau sawi, kacang-kacangan, nangka atau juga pisan ambon. Sangat tidak direkomendasikan!

8. Minuman Berenergi atau Minuman Kemasan Botol dan Kaleng

Begitu selesai meneguk dan menikmati sensasi minuman berenergi, asam lambung biasanya akan langsung naik drastis. Minuman kemasan juga biasanya disertai dengan pemanis, pengawet, bahkan pewarna buatan. Semua kandungan tersebut tentu tak bersahabat dengan keadaan penderita asam lambung.

Selain makanan dan minuman yang disebutkan di atas, ada baiknya untuk dicamkan, kalau mengkonsumsi apapun – kalau porsinya berlebihan – bisa memicu naiknya asam lambung. Kamu yang merasakannya, maka kamu juga yang harus mengatur asupan makanannya. 8 Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita Asam Lambung. #RD