Home » Kesehatan » 9 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Kamu Lelah

9 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Kamu Lelah

ketika tubuh lelah, badan cepat lelah dan lemas, badan cepat lelah dan mudah mengantuk, cepat lelah gejala apa, mudah lelah dan pusing

Image via: coach.nine.com.au

Apa yang sering kamu hindari kalau sedang capek?

Kalau dibikinkan survey, salah-satu jawaban yang paling banyak pasti mengendarai kendaraan. Bisa berbahaya. Akibat buruknya tak hanya menimpa diri sendiri, melainkan bisa mencelakakan orang lain juga.

Tetapi ulasan Alyssa Jung via Reader’s Digest menunjukkan ada beberapa hal lain yang sebaiknya tidak dilakukan ketika kelelahan. Beberapa poin mungkin terkesan mengagetkan. Jom!

1. Memperbanyak Minuman Berkafein

Hari-hari yang suram, penat, dan bikin bete memang cocok diberi kopi. Namun seorang ahli bernama Daniel Barone tidak merekomendasikan cara tersebut. Menurutnya, kopi dan minuman berkafein lain justru bisa menyebabkan kelesuan. Dia menawarkan alternatif berupa permen karet peppermint. Permen ini bisa merangsang saraf di otak, sehingga kamu akan tetap terjaga dan waspada.

2. Memenuhi Hasrat Menyantap Junk Food

Otak yang kurang tidur dan lunglai bisa meningkatkan kebutuhan makanan tinggi kalori. Selain itu, junk food memang selalu menarik dan menjadi penggoda yang sulit ditampik.

Kalau menurut Suggs, kondisi capek membuatmu ingin mencari sesuatu untuk melepaskan dopamin. Salah-satu cara favorit yakni dengan melahap junk food. Otakmu bisa jadi senang, namun kesehatanmu jadi terusik. Sebaiknya kamu pilih makanan yang lebih sehat dan seimbang. Sebisa mungkin kamu juga tidak bermain-main di toko makanan atau kelontong ketika sedang kecapekan.

3. Main Media Sosial

dampak buruk media sosial, dampak negatif media sosial bagi pelajar, dampak negatif media sosial menurut para ahli, cara mengatasi dampak negatif media sosial, dampak negatif media sosial dalam pendidikan, dampak negatif sosial media facebook

Image via: hindustantimes.com

Ketika lemas dan jenuh melanda, apa yang lebih menggoda ketimbang dengan nyekrol di medsos? Tetapi hati-hati, jangan sampai terlalu jatuh ke dalam jebakannya. Berbagai postingan bisa jadi justru menambah keruh suasana hati. Energi yang sedang pas-pasan pun bisa terkuras habis. Lagipula, cahaya yang timbul dari smartphone atau laptop bisa membuat kamu terjaga lebih lama.

4. Tidur Siang

Hah? Mayoritas dari kita justru tergoda untuk tidur siang ketika sedang letih.

Well, boleh saja, kalau memang prosedurnya benar. Tetapi kalau tidurnya terlalu lama atau terlalu senja, nanti kamu jadi kesulitan istirahat di malam harinya. Keesokan harinya, kemungkinan besar kamu akan kelelahan lagi. Durasi tidur siang yang bagus hanya 20 sampai 30 menit saja. Itu pun jangan dilakukan terlalu sore.

5. Berselisih dengan Pasangan atau Siapa Pun

Baca :  Kabar Baik untuk Pencinta Kopi Hitam! 9 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kamu juga merasakan sendiri, bagaimana pertikaian ringan bisa berubah serius kalau sedang lesu atau kurang tidur. Bagaimana pun otak sedang tidak dalam keadaan yang prima, sehingga respons kita akan cenderung tak terkendali. Ucapan dan tindakan yang mestinya ditahan pun bisa keluar begitu saja, dan membuat percekcokan jadi semakin genting.

6. Maksain Olahraga (Berat)

olahraga terlalu keras, olahraga terlalu berat, bahaya olah raga setiap hari, olahraga setiap hari tidak baik, bolehkah olahraga setiap hari, mengapa aktivitas fisik yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan

Image via: istockphoto.com

Seorang personal trainer bersertifikat, William Suggs, menyatakan kalau kamu hanya buang-buang waktu jika berolahraga (berat) dalam keadaan capek. Konsentrasimu cenderung rendah. Kamu bisa cedera. Kalau mau, makan dulu sepotong buah. Olahraganya juga cukup pada light cardio seperti naik sepeda atau jalan-jalan saja.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Berdampak Besar Bagi Kesehatan Fisik Seseorang

7. Menangani Misi/ Pekerjaan Berat

Membuat keputusan ketika energi sedang drop memang kurang baik. Untuk itu, ketika ada tawaran proyek, pastikan memberi jawaban dalam keadaan tubuh yang bugar dan pikirannya sadar. Jangan asal comot. Sebab, sekali pun banyak uang, namun nanti harus menanggung sakit parah, apa enaknya?

8. Merusak Jadwal Tidur Normal

Jika terbiasa tidur jam 9 dan bangun jam 3, jangan sampai mengusiknya karena alasan penat tingkat tinggi. Atas nama kelelahan, kamu jadi tidur dari jam 6, dan baru menyambut dunia pada pukul 10 pagi. Siklus rehat yang terganggu biasanya akan memengaruhi kualitas tidurmu juga.

9. Minum Minuman Beralkohol

Sebagian orang menilai kalau segelas wine bisa membantu mendatangkan rasa kantuk. Mereka ingin tidur pulas. Padahal, kebiasaan ini bisa mengganggu rasa nyenyak. Bukan tak mungkin kalau kamu akan terjaga di malam hari atau dini hari.

Selain itu, kita disarankan untuk tidak makan sesaat sebelum tidur. Saluran pencernaan pun memerlukan jatah istirahat. Kalau ada makanan yang datang, dia jadi lembur.  Demikian, 9 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Kamu Kelelahan. #RD