Home » Makanan » 9 Kota Terbaik untuk Para Vegan dan Vegetarian

9 Kota Terbaik untuk Para Vegan dan Vegetarian

vegetarian adalah, kota vegetarian terbaik, kota vegetarian di dunia, jenis vegetarian, manfaat vegetarian, pola hidup vegetarian, perbedaan vegan dan vegetarian

Image via: richmondooh.org.uk

Lho, apakah vegan dan vegetarian itu sama?

Hubpages menyatakan kalau keduanya berbeda. Seorang vegetarian tidak mengonsumsi daging, sementara vegan lebih keras lagi, sampai enggan memakan produk hewani seperti telur dan susu.

Ada juga turunan lain seperti  ovo-vegetarian yang mentolerir telur, lacto-vegetarian yang mentolerir produk susu, lacto-ovo vegetarian, atau pun semivegetarian. Apa pun tipenya, pola hidup vegetarian dinilai sangat sehat. Sebab, kamu terhindar dari penyakit akibat gangguan pembuluh darah. Entah itu darah tinggi, serangan jantung, atau pun stroke.

Pola hidup vegetarian bahkan sudah populer, sehingga peminatnya terus bertambah. Namun kamu mungkin akan mendapat kesulitan ketika mesti mengunjungi tempat-tempat yang berbeda. Apalagi kalau kamu adalah seorang traveler. Ada kewas-wasan kalau tempat yang disinggahi itu “tidak ramah vegetarian”, dalam arti sulit menemukan tempat makan yang tanpa daging.

Dirilis dari Mother Nature Newtwork (MNN), berikut ini kota-kota di dunia yang bisa menjadi surga bagi para vegetarian atau vegan. Jom!

restoran vegetarian, restoran vegan, restoran vegetarian portland, restoran vegan portland, restoran vegetarian dunia

Photo by Carl D. Walsh/Portland Press Herald via Getty Images

1. Portland, Oregon (Amerika Serikat)

Hasil survey Wallethub memutuskan kalau kota ini menjadi tempat favorit bagi pada vegetarian. PETA juga memiliki pendapat yang sama. Selain menyediakan masakan vegetarian yang terjangkau, kota ini memang terkenal dengan pasar pertaniannya yang maju.

Food cart dan food truck selalu dikerubuti pembeli. Mayoritas menyediakan makanan tanpa daging. Salah-satu tempat makannya, Paradox Cafe, bahkan sudah sangat terkenal – termasuk dengan menu andalannya yang berupa tempe Reuben & toast Prancis khusus.

2. Berlin (Jerman)

Pada 2015, situs Saveur sempat menjuluki Berlin sebagai ibukota vegetarian baru. Restoran khusus vegetarian memang bukan hal sulit yang bisa ditemukan di sana. Terbukti Happy Cow dan PETA pun sepakat dengan Saveur.

Apalagi kota ini juga menyediakan jaringan toko khusus, sampai ke kedai-kedai di pinggir jalannya. Dengan bertambahnya jumlah para vegetarian, tak mustahil kalau tempat makan tanpa daging juga akan terus bertambang. Salah-satu restorannya yang ternama yaitu Kopps, spot yang kreatif memuaskan para pelanggan vegetariannya.

3. Tokyo (Jepang)

Bisa dibilang, kota ini menjadi magnet bagi para pescatarian, alias pemakan ikan (bukan daging). Namun kota ini juga menjadi salah-satu destinasi impian para vegetarian. Masakan Jepang banyak yang tak menggunakan daging. Bahkan ramen pun ada yang versi vegetariannya, sehingga tidak menggunakan kaldu dari daging. Kendalanya mungkin hanya terletak pada bahasa atau komunikasi dengan turis.

restoran vegetarian jepang, restoran vegan tokyo jepang, restoran vegetarian, restoran vegan, restoran vegetarian dunia, kota vegetarian

Image via: everintransit.com

4. New York (Amerika Serikat)

Berdasarkan hasil survey WalletHub, New York menjadi kota vegetarian terbaik di AS. Skor untuk kategori aksesibilitas dan keragamannya cukup tinggi. Banyak restoran yang menawarkan menu tanpa daging. Harganya pun berbeda-beda, sehingga konsumen bisa memilih sesuai kemampuan. Salah-satu spot kesukaan vegetarian ada di Ravi DeRossi, restoran yang sudah membuka selusin lebih cabangnya.

5. Taipei, Taiwan

Taiwan tak hanya menyajikan masakan berbasis daging, namun juga tahu. Bisa dilihat di pasar malamnya, yang menampilkan berbagai pilihan. Bahkan Taipei bisa disebut sebagai kota vegetarian paling beraneka ragam di kawasan Asia.

Namun bagi vegan yang disiplin tentu perlu pengamatan lebih tajam lagi, sebab seringkali bumbunya masih mengandung daging atau produk susu. Kalau mau, kamu bisa memilih bahan mentahnya. Tak perlu khawatir, sebab mereka sangat menghargai kesegaran produk. Varietas hasil buminya juga banyak.

6. Los Angeles, California (Amerika Serikat)

Survey WalletHub juga menampilkan Los Angeles dan San Fransisco dalam list kota yang ramah vegetarian. Antuasiasmenya mirip dengan Berlin atau New York. Para juru masaknya juga terus berupaya menciptakan menu yang  kreativitas dan kualitasnya setara dengan daging.

kota vegetarian dunia, kota ramah vegetarian, restoran vegetarian los angeles california amerika, restoran vegan los angeles california amerika, restoran vegetarian, restoran vegan, restoran vegetarian dunia, kota vegetarian

Image via: timeout.com

7. London (Inggris)

Kota ini memiliki catatan sejarah tersendiri tentang vegetarianisme. Yang pasti, London juga membuka tempat-tempat makan yang ramah vegetarian. Semua tersedia. Mulai dari tempat makan sederhana sampai dengan restoran mahal dan ternama.

8. Ahmedabad, Gujarat (India)

Vegetarianisme bukan hal aneh di India. Pemerintahnya sempat merilis hasil survey, bahwa 3 dari 10 warganya tengah berlatih menjadi vegetarian sejati. Namun satu daerah dengan daerah lainnya berbeda. Di Rajasthan, sekitar 75% warganya vegetarian. Sementara di Gujarat ada sekitar 60%. Untuk mencoba aneka masakan vegetariannya, kamu bisa menggunakan thali, semacam piring bundar nan besar yang bisa menampung banyak menu sekaligus.

9. Singapura

Kabarnya penduduk lokal di sana sangat terobsesi dengan makanan lezat, well, siapa tidak? Tetapi Singapura memang menjadi salah-satu tujuan penikmati kuliner enak. Kamu juga bisa menemukan aneka pilihan menarik – entah yang vegan, organik, bebas gluten, dsb.

Memang, dari segi harganya, makanan Singapura itu tidaklah murah. Namun masih banyak tempat makanan jalanan yang menawarkan harga miring. Siap, duhai para meatless foodies? Demikian, 9 Kota Terbaik untuk Para Vegan dan Vegetarian. #RD