Home » Makanan » 9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dari Mencegah Kanker Sampai Anti-Aging

9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dari Mencegah Kanker Sampai Anti-Aging

9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan, manfaat buah naga untuk kecantikan, khasiat buah naga ungu, manfaat buah naga merah untuk kesehatan, manfaat buah naga putih untuk kecantikan

Image via: etsy.com

Pernah merasa aneh dengan eksistensi buah naga?

Pitaya atau dragon fruit bukan berasal dari Indonesia. Buah dengan wujud dan rasa yang khas ini datang dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko. Namun belakangan negara-negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan berhasil membudidayakannya. Di tanah air sendiri, spot penghasil buah naga terbesar ada di Jember, Jombang, Mojokerto, dan Pasuruan.

Melihat popularitas buah naga masih terjaga, kamu tentu penasaran dengan kandungan dan manfaatnya. Nah berikut ini khasiat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan sebagaimana yang dilansir dari Healwithfood. Jom!

1. Bisa Mencegah Kanker

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan asam askorbat yang cukup tinggi. Dengan demikian, imunitas tubuh jadi meningkat. Bakteri atau parasit lain tidak mudah menyerang. Khusus pada naga kuning, kandungan karoten atau zat anti kankernya juga sangat banyak.

2. Baik untuk Usus

Ada studi yang dilakukan di Thailand dan hasilnya diterbitkan dalam International Food Research Journal. Studi itu menyatakan kalau buah naga memiliki senyawa oligosakarida. Senyawa tersebut menjadi prebiotik, yang bertugas menjaga kesehatan usus sekaligus mencegah adanya kanker pada usus.

3. Membantu Menstabillkan Gula Darah

Buah yang menjadi superfood ini rupanya bisa membantu melawan diabetes melitus. Medicalhealthguide.com bahkan menyatakan kalau buah naga justru bisa menurunkan kadar glukosa darah, khususnya pada pasien diabetes tipe 2.

4. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol LDL

Buah naga pun memiliki kandungan antioksidan. Ada studi yang mengklaim kalau pitaya mengandung zat betasianin, fenol, dan tiol. Zat-zat itu bisa berkontribusi menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Sebaliknya, mereka akan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Ragam senyawa pada buah naga, termasuk zat antioksidan, memiliki efek baik bagi kesehatan jantung. Plak-plak yang mengotori pembuluh darah arteri bisa hilang. Untuk itu, kebiasaa mengonsumsi buah ini bisa meminimalisir risiko penyakin jantung dan stroke.

Baca Juga: 11 Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat Sepele Padahal Tidak Boleh Diabaikan

6. Menjadi Buah Anti-Aging/ Penuaan

Selain memberi faedah pada organ dalam, buah naga juga bisa melindungi kulit dari polusi, paparan sinar UV, asap kendaraan, atau radikal bebas lainnya. Seseorang yang memakan buah ini secara kontinyi bisa jadi memiliki kulit yang terhidrasi dengan baik dan lebih kencang.

Kamu juga bisa memanfaatkan buah naga sebagai masker wajah kalau dicampurkan dengan madu. Sementara buah tanpa campurannya bisa menjadi ramuan anti jerawat. Asam askorbatnya bisa menjadi pahlawan untuk membasmi bakteri yang mengotori kulit.

7. Perawatan Rambut Rusak

Merawat tubuh, termasuk kulit dan rambut, memang gampang-gampang susah. Seringkali kamu terjebak pada produk perawatan rambut, yang justru semakin merusak. Rambut jadi kering, rapuh, berketombe, kusam, dsb. Ketika ingin mencari solusi alami, kamu bisa menggunakan jus buah naga sebagai masker rambut. Kandungan vitamin dan mineral pada buahnya tentu bisa memberi dampak positif pada folikel (akar) sampai kutikula (lapisan luar) rambut.

8. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daya tahan tubuh yang lembek bisa menjadi pangkal kedatangan penyakit. Tubuh jadi lemah dan mudah diserang. Karena itu, kamu perlu membanyak asupan vitamin dari berbagai sumber, termasuk juga buah naga. Ada kandungan berupa asam askorbat, riboflavin, thiamin, fitoalbumin, dan niacin yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bahkan zat-zat beracun juga ikut dikeluarkan.

9. Sahabat Program Diet

Tak hanya menurunkan gula darah, buah naga juga ampuh menggeser timbangan tubuh jadi lebih ringan. Bisa kamu buktikan ketika memakan buah ini. Sensasi kenyang akan terasa. Durasinya juga cukup lama. Selain mengandung serat, buah naga bisa ikut andil untuk membakar lemak jahat.

Kalau kamu, yang langganan memakan buah naga, sudah merasakan manfaatnya juga, ‘kan? Demikian, 9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan. #RD