Home » Makanan » 9 Manfaat dan Khasiat Mentimun, Bikin Kagum!

9 Manfaat dan Khasiat Mentimun, Bikin Kagum!

manfaat mentimun, manfaat mentimun untuk wajah, manfaat ketimun untuk diet, manfaat jus timun, manfaat timun untuk mata, manfaat mentimun untuk hipertensi

Via: care2.com

Siapa yang suka timun atau mentimun?

Kalau suka, kamu pasti sering menjadikan timun sebagai pelengkap makanan. Entah itu sebagai acar atau pun lalapan. Rasanya memang enak dan segar, ‘kan?

Rupanya timun memiliki kadar air sebesar 95%, sehingga bisa mengurangi risiko dehidrasi juga. Selain itu, timun memiliki kandungan vitamin C. Tak heran kalau manfaatnya bisa dirasakan ke dalam sekaligus ke luar tubuh. Dilansir dari Boldsky dan sumber lain, berikut ini manfaat mentimun yang perlu kita ketahui. Jom!

  1. Mentimun untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Kandungan sulfur dan silika atau silikon pada mentimun memiliki fungsi yang sangat keren. Mentimun bisa menjaga jaringan ikat, membuat pertumbuhan rambut jadi lebih sehat, menjaga peremajaan kulit, dan memperlambat penuaan. Kandungan air pada timun bisa menjaga kelembaban kulit secara alami, membantu meringankan bengkak di area bawah mata, serta mengurangi iritasi kulit karena sengatan matahari.

  1. Mentimun dapat mengontrol kadar gula darah

Fungsi ini bisa dirasakan betul, khususnya oleh para penderita diabetes. Timun mengandung 95% air, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula. Sebaliknya, timun bisa meningkatkan asupan air. Jusnya bisa memicu hormon khusus yang membantu sel-sel organ pankreas ketika memroduksi insulin.

Baca Juga: 8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan
  1. Mentimun dapat melawan Kanker

Ada 3 lignan atau senyawa kimia dalam mentimun; pinoresinol, secoisolariciresinol , dan lariciresinol. Kolaborasi ketiganya ternyata bisa menjadi senjata ampuh. Khususnya jika tubuh diserang kanker. Entah itu kanker ovarium, rahim, payudara, hingga prostat.

  1. Mentimun dapat mengurangi sakit kepala dan mabuk (morning sickness)

Rasa mual atau mabuk disertai sakit kepala memang sangat mengganggu, apalagi kalau dirasakan di pagi hari. Banyak yang mensiasatinya dengan mengunyah irisan mentimun sebelum tidur. Manfaat ini didapat sebab mentimun mengandung gula, elektrolit, serta vitamin B yang bisa menjadi nutrisi tubuh.

manfaat mentimun, manfaat mentimun untuk wajah, manfaat timun untuk wajah berjerawat, manfaat timun untuk wajah berminyak, manfaat mentimun untuk wajah dan cara penggunaannya, manfaat timun untuk wajah kering

Via: simplyrecipes.com

  1. Mentimun menurunkan kolesterol

Selain meningkatkan produksi insulin sekaligus mengendalikan kadar gula darah, timun juga bisa menurunkan kolesterol jahat yang bersarang dalam tubuh. Tak heran kalau ketika makan santapan bersantan atau jeroan, kita disarankan untuk mengonsumsi timun juga. Dengan demikian, mentimun bisa menetralisir kadar kolesterol dalam makanan.

Baca :  Perbandingan Protein Hewani dan Nabati, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
  1. Mentimun mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi mau pun yang terlalu rendah sama-sama buruknya terhadap kesehatan. Karena itu konsumsi mentimun bisa menjadi kebiasaan baik untuk membantu mengontrol tekanan darah. Apalagi mentimun memang kaya akan kalium, antioksidan, magnesium, serta serat.

  1. Mentimun membantu menurunkan berat badan

Bagi sebagian kalangan, diet mentimun memang sudah tak asing lagi. Kandungan air tinggi, sementara kadar kalorinya sangat rendah. Mentimun juga mengandung vitamin tinggi disertai protein, sehingga fungsinya semakin cocok untuk misi penurunan berat badan. Selain dimakan langsung, banyak juga yang mengolahnya menjadi jus.

  1. Mentimun meredakan encok dan nyeri sendi

Sudah disebutkan sebelumnya, kalau mentimun menjadi salah-satu sumber silika, yang dikenal bisa memperkuat jaringan sendiri. Mentimun kaya akan folat, potassium, kalsium, magnesium, serta aneka macam vitamin. Ada vitamin A, B1, B6, C, dan vitamin D. Konsumsi mentimun bisa memberi efek berkurangnya sakit akibat nyeri sendi, encok, serta kadar asam urat yang tinggi.

  1. Mentimun Membantu Membuang Racun

Sebagai zat asing yang membawa pengaruh buruk terhadap tubuh, racun tentu harus segera dibuang. Satu dari sekian senjata yang bisa digunakan yaitu mentimun. Kadar air dan nutrisinya yang tinggi menjadi modal besar bagi mentimun untuk menunaikan tugas ini.

Manfaat atau khasiat yang tak bisa dipandang remeh ini tak perlu ditebus dengan uang banyak, atau proses pencarian yang susah. Mentimun masih gampang ditemukan. Mari syukuri dan manfaatkan! 9 Manfaat dan Khasiat Mentimun, Bikin Kagum! #RD