Home » Penyakit » Abaikan Pahitnya, Daun Pepaya Bisa Menghalau 6 Penyakit Berbahaya!

Abaikan Pahitnya, Daun Pepaya Bisa Menghalau 6 Penyakit Berbahaya!

Ew, siapa yang suka makan daun pahit?

manfaat daun pepaya, manfaat daun pepaya untuk penyakit, manfaat daun pepaya untuk kanker, manfaat daun pepaya untuk demam berdarah, manfaat daun pepaya bagi wanita, manfaat daun pepaya untuk haidh menstruasi

Via: positiveandhealthymindsd.com

Well, pernahkah kamu penasaran kenapa ada orang-orang yang tetap mengonsumsi daun pepaya, sekali pun rasanya gurih dan pahit?

Situs Doktersehat.com sempat mempublikasikan hasil dari sebuah penelitian. Ternyata dari setiap 100 mg daun pepaya, terdapat 35 mg tocophenol. Daunnya juga mengandung 10% papain, 20% lisozim, dan 45% khimoprotein. Semua kandungan itu rupanya manjur menangkal berbagai penyakit atau pemicunya.

Apa saja? Jom!

daun pepaya, jus daun pepaya, ekstrak daun pepaya, manfaat daun pepaya bagi wanita, khasiat daun pepaya muda, daun pepaya hijau

Via: timefornaturalhealthcare.com

1. Antikanker

Dirilis dari Hellosehat.com, ada penelitian dalam jurnal Ethnopharmacology yang mengklaim kalau daun pepaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit berat dan bisa melawan kanker. Khususnya kanker payudara, serviks, pankreas, paru-paru, dan hati. Daun ini memang mampu menangkal radikal bebas dan membuang racun tubuh, yang mana sangat berperan signifikan terhadap kanker.

Baca :  23 Ciri atau Gejala Umum Kanker Pada Laki-laki dan Perempuan

2. Pencegahan dan Pengobatan terhadap Demam Berdarah

Penyakit yang berasal dari nyamuk aides atau virus dengiue ini memang berbahaya. Akibatnya bisa fatal bahkan mematikan. Beberapa penderita yang diberi ibuprofen dan aspirin yang meredakan sakit namun memiliki efek samping akan merasakan dampak negatifnya. Sementara pemakaian daun pepaya memiliki risiko yang cenderung kecil. Apalagi di dalam ekstrak daun pepaya terdapat enzim papan, yang dipercaya bisa meningkatkan trombosit.

3. Mencegah dan Mengatasi Malaria

Siapa sangka, manfaat daun pepaya yang bisa mengobati malaria bukanlah mitos belaka. Sensasi pahitnya akan sukses mengusir virus malaria. Orang-orang biasa menjadikan daun pepaya sebagai jus, dan meminumkan satu kali sehari. Manfaatnya bisa terasa ketika kamu sudah meminum jus tersebut selama 5 harian.

4. Membasmi Mikroorganisme Berbahaya

Ada sekitar 50 bahan aktif yang terkandung dalam daun pepaya. Salah-satu senyawa yang paling diandalkan yaitu karpain. Senyawa ini ampuh menghambat pertumbuhan berbagai mikroorganisme berbahaya. Entah itu bakteri, jamur, parasit, cacing, serta sel-sel pembentuk kanker. Tanin yang terdapat dalam daun pepaya juga manjur memberangus pergerakan cacing yang terus merusak dinding usus.

Baca :  1 Batang Seledri Bisa Mendatangkan 10 Manfaat Kesehatan Ini

5. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan dalam daun pepaya membuatnya jadi kuat untuk melawan infeksi virus, misalnya radang tenggorokan atau flu. Daun pepaya juga bisa meregenerasi trombosit dan sel-sel darah putih. Semua manfaat keren ini bahkan dirasakan dengan cara yang natural.

6. Meredakan Sakit Ketika Haidh

Sebagian kaum hawa merasa tersiksa ketika sudah datang bulan. Selain menggunakan obat-obatan, ada cara yang lebih alami dan aman untuk dipertimbangkan. Kamu tinggal memilih 3 lembar daun pepaya berwarna hijau tua, rebus dengan 2 cangkir air, beri garam, tambahkan asam jawa, dan didihkan. Air rebusan ini bisa diminum selama periode menstruasi. Kalau tidak, kamu cukup merebus dan menghaluskan daunnya saja.

Rasanya boleh pahit, tetapi khasiatnya ternyata sangat manis. Demikian, Abaikan Pahitnya, Daun Pepaya Bisa Menghalau 6 Penyakit Berbahaya! #RD