Home » Makanan » Alasan Kenapa Pisang Jadi Pilihan Lebih Baik Ketimbang Sport Drink

Alasan Kenapa Pisang Jadi Pilihan Lebih Baik Ketimbang Sport Drink

makan pisang olahraga, jenis pisang untuk olahraga, makanan sebelum dan sesudah olahraga, makanan sebelum olahraga, habis olahraga makan pisang, makanan untuk olahragawan, pisang vs sport drink

Image via: dole.com

Sesuai namanya, sport drink adalah minuman khusus yang komposisinya bisa mengganti cairan tubuh dan energi pasca kamu berolahraga. Banyak atlet, orang nge-gym, atau orang fitnes yang memanfaatkan khasiat minuman ini. Namun banyak juga olahragawan yang sudah tahu dan beralih mengonsumsi pisang pasca aktivitas fisiknya selesai.

Dirilis dari MNN, Appalachian State University merilis hasil studi yang menyatakan, kalau pisang bisa menjadi pilihan lebih baik dibanding sport drink.

Penelitiannya dilakukan dengan cara menganalisis darah 20 pesepeda yang mengikuti lomba. Ada yang diberi pisang dan air, hanya air, atau minuman yang mengandung 6% gula – minuman ini mirip dengan sport drink. Semuanya diberikan setiap 15 menit sekali dengan jarak tempuh 75 km.

Hasilnya menunjukkan kalau kandungan karbohidrat dalam pisang justru ampuh mengisi energi dan memulihkan kebugaran, sama seperti yang dirasakan pasca meminum sport drink. Bahkan pisang memiliki keunggulan lain, yakni mengandung anti-inflamasi yang lebih besar. Kinerjanya mirip seperti ibuprofen dalam tubuh, yakni membantu meredakan bengkak dan rasa nyeri.

Dr. David Nieman selaku direktur Appalachian State University’s Human Performance Laboratory, juga mengklaim kalau pisang mengandung nutrisi yang lebih bagus dan mampu mengembalikan performa metabolisme tubuh. Pisang bisa memberikan khasiat vitamin C, vitamin B6, dan serat lebih tinggi – yang bahkan tak terdapat dalam minuman khusus olahraga.

Dia bahkan mengungkapkan kalau buah ini bisa menjadi asupan paling sempurna dan direkomendasikan bagi para penyuka olahraga. Menurutnya, atlet bisa mengonsumsi setengah pisang dulu sebelum beraktivitas atau di tengah aktivitas. Yang setengahnya lagi bisa dimakan setelah selesai. Minumnya cukup air putih biasa, tidak perlu sport drink.

FYI, studi mereka sudah diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Demikian, Alasan Kenapa Pisang Jadi Pilihan Lebih Baik Ketimbang Sport Drink. #RD