Home » Pengobatan » Buah Mengkudu untuk Mengobati Radang Usus dan Darah Tinggi

Buah Mengkudu untuk Mengobati Radang Usus dan Darah Tinggi

Mengkudu sudah sejak dulu dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat obat. Zat yang dikandung buahnya memang terbukti berkhasiat untuk menumpas bakteri. Bagaimana cara memanfaatkannya?

Mengkudu, Morinda citrifolia, dari suku kopi-kopian Rubiaceae, sering disebut juga pace (Jawa) dan cengkudu / cangkudu (Sunda). Orang Inggris menyebutnya Noni Fruit, ia digolongkan sebagai tanaman asli Indonesia. Menurut sejarah, nenek moyangnya ada yang kemudian tersebar melalui laut ke India dan kepulauan Pasific. Di Penang, Malaysia, ia dikembangkan sejak 1802 sebagai tanaman pelindung di kebun lada.

Di Indonesia, sudah sejak lama mengkudu dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Pohon yang tingginya hanya sampai 8 meter itu mempunyai daun yang bersilang, berhadapan, bertangkai pendek, dan elips bentuknya. Sisi atas daun berwarna hijau tua mengkilap, sedang sisi bawahnya hijau muda.

Bunganya tumbuh pada “bongkol” mirip tabung atau terompet berwarna putih, dan berambut seperti wol. Aromanya tergolong harum. Buahnya, merupakan buah buni majemuk dengan banyak biji, berair dan berbenjol-benjol tidak teratur. Kalau sudah masak berwarna kuning kotor atau putih kekuning-kuningan. Ia mudah ditanam dengan bijinya, dan sudah berbuah pada umur 3 tahun.

Baca :  8 Cara Mencegah dan Mengobati Mabuk Perjalanan dengan Mudah

Apa yang berkhasiat?

Buah mengkudu mengandung metil-asetil-ester yang terbentuk dari asam kaprilat. Ester ini bersifat penumpas bakteri. Sudah sejak dulu sari buah mengkudu yang mengandung zat itu dimanfaatkan sebagai jamu radang akibat bakteri, antara lain, radang usus. Akibat radang ini, badan jadi demam, selain “sakit perut” dan diiringi tekanan darah yang naik.

Metil-asetil-ester dari asam kaprilat dalam sari buah mengkudu, kalau berhasil menumpas bakteri penyebab radang usus itu, dengan sendirinya akan menurunkan “tekanan darah tinggi” jenis ini.

Cara penggunaannya

khasiat mengkudu untuk darah tinggi, daun mengkudu untuk darah tinggi, jus mengkudu untuk darah tinggi, buah mengkudu penurun darah tinggi, buah mengkudu menurunkan darah tinggi, buah mengkudu obat darah tinggi, manfaat mengkudu bagi darah tinggi, buah mengkudu untuk darah tinggi, mengobati darah tinggi dengan mengkudu, cara mengobati darah tinggi dengan mengkudu, cara menurunkan darah tinggi dengan mengkudu, daun mengkudu ubat darah tinggi, mengkudu radang usus, mengkudu untuk radang usus

Untuk mengobati radang usus, dipakai resep berikut : Dua buah mengkudu matang dicuci bersih lalu digerus sampai hancur. Hasilnya ditampung dalam wadah bersih, lalu diberi madu murni 20 cc dan diaduk rata. Seluruhnya perlu disaring untuk diambil sarinya yang sudah tercampur madu murni itu. Sari bermadu ini kemudian diminum sebanyak setengah cangkir saja, atau segelas kecil, lebih kurang 100 cc. Sebaiknya minum jamu ini 2-3 kali sehari, selama beberapa hari, sampai rasa sakit perutnya hilang.

Untuk mengobati tekanan darah tinggi akibat radang-dalam, duah buah mengkudu matang dikerjakan seperti di atas, tapi kemudian tidak diberi madu murni. Sari buah hasil perasan dan penyaringan diminum, sehari 2 kali, dengan takaran yang sama, sampai dirasakan takanan darahnya sudah tinggi lagi. MENGKUDU MENGOBATI RADANG USUS DAN DARAH TINGGI. #WG